deaprillaAvatar border
TS
deaprilla
Calon Programmer? Berikut Tips cepat paham Pemrograman
   Sebelumnya pasti pernah dengar dong kata pemrograman? Pemrograman dijalankan oleh seorang programmer dengan bahasa program tertentu seperti bahasa C, java, phyton dll. Belajar pemrograman sangat erat kaitannya dengan ‘Coding’. Dimana biasanya dengan coding kita bisa membuat sebuah website maupun aplikasi-aplikasi untuk memudahkan pekerjaan manusia. Keren kan? Jadi, tidak sedikit di era revolusi industri 4.0 sekarang banyak sekali orang-orang yang berminat untuk berkecimpung didunia informatika/ sistem informasi komputer karena bisa dibilang ilmu yang satu ini sangat mendukung di era teknologi sekarang.

Untuk itu berikut adalah beberapa Tips agar bisa cepat paham dalam belajar pemrograman.
Tips 1: Belajar dengan praktik
Kamu harus belajar langsung praktik dalam menuliskan kode saat belajar. Jangan hanya membaca buku, mendengarkan dosen atau menonton video saja. Kamu juga harus segera mempraktikannya. Dengan praktik ini, kamu akan lebih cepat memahaminya bahkan akan lebih bagus jika kamu bisa membuat proyek pribadi. Misalnya, kamu baru belajar membuat web, maka buatlah web pribadi yang isinya untuk menyelesaikan masalah untukmu sendiri ataupun orang lain.

Tips 2: Pastikan kamu faham dasar pemrograman
Jangan melewati materi dasar atau fundamental ini jika kamu belum paham, ini akan bermasalah kedepannya. Jika kamu sudah faham fundamentalnya akan sangat memudahkanmu untuk kedepannya apalagi jika kamu ingin mempelajari bahasa baru akan jauh lebih mudah karena fundamental pemrograman itu sendiri sudah kamu fahami.

Tips 3: Menulis kode dengan tangan
Menulis kode dengan tangan dapat dilakukan di kertas, papan tulis atau apapun selain komputer. Sama seperti alasan membuat catatan lebih baik dikertas daripada di komputer, menulis kode dikertas akan membuat kamu lebih berhati-hati dan lebih focus. Menulis dengan tangan juga akan lebih baik jika kamu ingin menulis Pseudecode, tips ini juga akan memudahkan kamu saat interview kerja. Beberapa perusahaan akan meminta kamu untuk menulis kode dikertas saat menguji kamu.

Tips 4: Minta bantuan saat dibutuhkan
Saat kamu menulis kode, pasti akan sering menemukan error, carilah mentor yang sudah jago untuk membantu kamu. Kamu juga bisa meminta bantuan temanmu yang sudah bisa, belajar dengan berdiskusi dengan teman juga akan mempercepat pemahamanmu. Kamu juga bisa meminta bantuan forum online salah satunya seperti Stackoverflow.

Tips 5: Cari konten online untuk memperdalam pemahamanmu
Jika kamu sedang bingung disatu topik atau konsep, cari konten tsb secara online. Ada banyak konten online yang dapat membantu kamu. Mulai pelajari kembali sampai paham, jika belum paham lebih baik cobalah cari lagi pada sumber lain. Jika kamu baru belajar pemrograman sebaiknya ikutilah kuliah atau kursus pemrograman. Kamu butuh alur belajar yang benar sehingga kamu bisa paham pemrograman dengan baik.

Tips 6: Jangan cuma copas
Ketika kamu ingin mencari solusi kode, kamu bisa dapatkan contoh kodenya di internet, namun perlu diperhatikan jangan hanya melakukan copas saja, pastikan kamu juga harus memahami apa yang tertulis.


Sumber referensi: ekrut.com ; kreativv.com
ghahaha
dandlion32
tien212700
tien212700 dan 35 lainnya memberi reputasi
36
6.5K
154
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Computer Stuff
Computer StuffKASKUS Official
50.4KThread8.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.