herberthusAvatar border
TS
herberthus
Proyeksi Terbaru, Sri Mulyani Sebut Ekonomi RI -3,8% di Q2


Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, mengatakan kondisi perekonomian Indonesia di kuartal II-2020 paling tertekan akibat pandemi Covid-19. Perekonomian akan anjlok lebih dalam dari kuartal I-2020 yang tercatat 2,97%.

Dari hasil kajian terbaru, Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan memproyeksi, pertumbuhan ekonomi kuartal II-2020 akan kontraksi tajam minus 3,8%. Angka ini lebih turun dibandingkan proyeksi sebelumnya di kisaran minus 3,1%.

"Kuartal II kita alami tekanan kemungkinan dalam kondisi negatif, BKF bilang minus 3,8%," ujar Sri Mulyani, dalam acara Townhall meeting Kementerian Keuangan, Jumat (19/6/2020).

Menurutnya, perekonomian anjlok pada kuartal II-2020 karena pembatasan sosial yang mulai diterapkan sejak Maret lalu. Dengan pembatasan ini terutama di kota besar seperti DKI Jakarta, maka perputaran perekonomian terhenti.

Ia pun berharap di kuartal III dan IV atau semester II tahun ini akan mulai ada perbaikan dan tidak terjadi gelombang kedua. Terutama karena sudah mulai dilonggarkan pembatasan sosial yang sudah dilakukan 3 bulan terakhir ini.

Untuk mendorong perbaikan perekonomian di kuartal selanjutnya, pemerintah sudah mengeluarkan anggaran yang cukup besar hampir Rp 700 triliun melalui program pemulihan ekonomi nasional (PEN) akibat pandemi ini.

"Tidak hanya perubahan anggaran, tapi juga ada PEN untuk bagaimana risikonya dimitigasi dan mulai pikirkan pemulihannya. Jadi kita kejar-kejaran dengan masalah dan memikirkan pemulihannya, itu yang sedang dan terus dilakukan," jelasnya.

kolam

gagal meroket bong
agam69
Kepala.Jenggot
katronguik
katronguik dan 3 lainnya memberi reputasi
2
1.8K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.