singawallahAvatar border
TS
singawallah
Lagi, Ulama Malaysia Sebut Lagu Lathi Berisi Lirik Panggil Arwah & Haramkan


Setelah penceramah Malaysia Wan Dazrin meminta maaf karena menyinggung orang Jawa terkait ujarannya soal lagu Lathi. Kini muncul ucapan serupa dari Mufti Wilayah Persekutuan Dr Luqman Abdullah soal lagu karya kolaborasi trio Weird Genius dengan penyanyi Sara Fajira tersebut.

Luqman yang memimpin semacam MUI versi Malaysia itu mengatakan, lagu Lathi diambil dari bahasa Jawa kuno yang berarti lidah. Ia juga menyoroti di dalam video klip Lathi terdapat elemen tarian yang berunsur ritual mistik. "Malah, di dalam lirik turut mempunyai bait-bait yang dikatakan mengandungi pemujaan roh dan menyeru makhluk halus," ujarnya seperti dimuat dalam laman resmi Pejabat Mufti Wilayah Persekutuan Malaysia.

Luqman juga mengharamkan Lathi Challenge. "Tarian yang mempunyai unsur pemujaan dan ritual yang menyalahi akidah Islam, serta pemakaian tata rias yang menyerupai setan atau hantu seperti Lathi Challenge ini termasuk dalam tasyabbuh yang dilarang. Oleh itu, hukum seseorang melakukan Lathi Challenge adalah haram dan berdosa."

Ini merupakan kali kedua #Lathichallenge mendapat kecaman dari pemuka agama Islam di Malaysia. Sebelumnya, penceramah agama, Wan Dazrin, telah memicu kontroversi lantaran mengaitkan Lathi dengan ritual memanggil setan.

Beliau menuliskan di akun Twitternya, "Hentikan ‘#LathiChallenge‘ sekarang juga. Sesungguhnya tarian2 yg kalian lakukan itu sgt merbahaya utk dijadikan hiburan. Ketahuilah kalian tarian itu wujud dari sesetengah budaya Jawa yg syirik & khurafat. Seperti memanggil Kuntilanak serta Roh Kuda Kepang. Tolong hentikannya!"

Seperti diketahui, Lathi challenge adalah tantangan di mana warganet menunjukkan penampilan menawan sambil mengenakan busana tradisional, namun berujung menjadi seram. Banyak orang yang melakukannya sangat serius, mengkolaborasikan make-up ciamik dan video editing yang tidak main-main.

Tweet tersebut mendapat tanggapan dari Reza Arap selaku salah satu personil Weird Genius. Ia meminta agar Wan Dazrin dapat membuktikan tudingannya bahwa lagu Lathi memiliki unsur magis.



"Buktikan pada saya bahwa memang lagu tersebut dapat memanggil hantu. Saya akan menghapus lagu dan video klip dari seluruh platform (jika benar). Namun jika salah, maka anda harus membuat video permintaan maaf karena telah menyebarkan kebohongan tentang lagu kami serta lakukan make up challenge dan post (di twitter)."

Tak lama setelah mendapat respon dari Reza, Wan Dazrin menghapus pernyataan untuk menghentikan #LathiChallenge. Kemudian ia membuat utas permintaan maaf yang dikhususkan terhadap orang-orang Jawa karena telah menyinggung budaya mereka.

https://today.line.me/id/article/Lag...allenge-GmQEw5

Dikatain haram gara2 nda bisa diaku2 milik malingsiaemoticon-Betty

Mui sini,mana swaramu,koq nda bela lagu karya anak muslim indonesia saat dihujat "mui" malingsiaemoticon-Request
Diubah oleh singawallah 19-06-2020 06:32
Richy211
Proloque
rizaradri
rizaradri dan 10 lainnya memberi reputasi
11
4.8K
51
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.4KThread40.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.