• Beranda
  • ...
  • Sista
  • Jangan Asal Cuci Muka, Jika Tak Ingin Skincaremu Sia-Sia

husnamutiaAvatar border
TS
husnamutia
Jangan Asal Cuci Muka, Jika Tak Ingin Skincaremu Sia-Sia
Macam-Macam Sabun Cuci Muka dan Fungsinya




Assalamu'alaikum, Sista.


Udah cuci muka hari ini?
Pakai facial foam, facial wash, atau facial scrub?

Emang apa bedanya?


Nah loh, cewek harus bisa jawab pertanyaan itu, sebab itu penting. Agar kamu bisa memilih produk yang sesuai kebutuhan kulitmu.

Cuci muka adalah perawatan yang paling mudah dan hampir semua orang melakukannya. Namun tidak semua orang mengetahui cara cuci muka yang benar. Asal dibilas pakai air dan sabun mandi seadanya.

Cuci muka pakai sabun mandi? Emang boleh?

Pertanyaan ini hampir sama dengan pertanyaan, bolehkah menyikat baju menggunakan sikat kamar mandi?

Bagaimana, sudah ada bayangan?

Kulit wajah kita berbeda dengan bagian kulit tubuh yang lain, pun dengan perawatannya. Sabun mandi dirancang untuk membersihkan kulit bagian tubuh selain wajah. Sehingga sabun mandi cenderung mengandung surfaktan (senyawa kimia yang terkandung dalam produk) lebih tinggi. Karena kulit wajah lebih sensitif sehingga penggunaan sabun mandi memungkinkan merusak kelembaban alami kulit wajah. Sehingga kulit cenderung menjadi kering jika cuci muka pakai sabun mandi.

Seperti pertanyaan di awal produk sabun cuci muka sangat beragam. Namun sista jangan bingung, kuncinya adalah kata di belakang nama produk tersebut, yaitu foam, wash atau scrub.


Apa Perbedaan Facial Foam, Facial Wash dan Facial Scrub?


Facial Foam


dokpri


Foam sendiri artinya busa, jadi sabun muka ini memiliki lebih banyak busa dibandingkan dengan jenis sabun muka, facial wash. Facial Foam ini diformulasikan untuk jenis kulit berminyak.

Jadi untuk sista yang jenis kulitnya berminyak bisa memilih sabun muka jenis ini agar minyak dan sebum terangkat, kulit menjadi bersih dan segar.

Facial Wash


dokpri


Facial Wash adalah sabun muka yang diformulasikan untuk kulit wajah kering dan sensitif. Biasanya jenis ini tidak banyak mengandung struktur pembentuk busa. Jadi jangan heran jika sabun ini tidak berbusa jika digunakan.

Tujuan dari facial wash ini adalah untuk melembabkan kulit jadi setelah cuci muka sista akan merasakan efek lembab dan lembut pada kulit wajah.

Facial Scrub




Facial Scrub adalah jenis sabun muka yang diformulasikan untuk mengangkat atau membersihkan sel kulit mati. Biasanya sabun muka ini terdapat butiran-butiran kecil.

Pemakaian sabun muka ini tidak disarankan setiap hari. Biasanya disarankan adalah dua hari sekali. Terlalu sering menggunakannya akan mengakibatkan kelembaban alami kulit.

Nah, gimana sista? Sudah paham kan perbedaan facial foam, facial wash dan facial Scrub?


Setelah memilih sabun muka yang cocok dengan kulit, kini saatnya menggunakannya dengan benar.

Langkah-langkah mencuci muka yang benar:

1. Pilihlah sabun muka yang sesuai dengan jenis kulit.

Setelah mengetahui perbedaan macam-macam sabun muka di atas, tentu sista bisa memilih mana yang harus di pakai bukan?

2. Pastikan Tangan dalam Kondisi Bersih

3. Membersihkan make up terlebih dahulu

Sebelum mencuci muka, terlebih dahulu bersihkan make up di wajah menggunakan cleanser atau micellar watter sampai bersih. Setelah itu baru mencuci muka dengan air. Jangan dibalik ya sist!

4. Bersihkan dengan Lembut dan Memutar

Sebelum mengaplikasikan ke wajah, biasakan untuk meletakan sabun muka pada telapak tangan terlebih dahulu. Gosok pelan hingga sabun membusa dan siap digunakan. Pijatkan lembut dengan gerakan memutar.

5. Bilas dan Keringkan dengan Handuk Bersih.

Nah sista, sekarang wajah sudah bersih dan jangan lupa segarkan dengan toner untuk kemudian lanjutkan dengan serum dan pelembabnya.

Cuci muka merupakan proses awal sebelum melakukan aktifitas perawatan lainnya. Sebagus apapun skin care yang digunakan, khasiatnya akan berkurang jika kondisi wajah anda tidak dalam kondisi bersih. Pastikan sista telah membersihkan wajah secara maksimal.

Terima kasih sudah mampir, jangan lupa rate, cendol, komentar dan silahkan share artikel ini sebanyak-banyaknya, tapi jangan copas ya sis. Semoga bermanfaat dan jangan lupa cuci muka karena kecantikanmu terlalu berharga untuk disia-siakan.

Opri
sumber referensi

Diubah oleh husnamutia 09-07-2020 10:39
indrag057
bintangtsurayya
tien212700
tien212700 dan 27 lainnya memberi reputasi
28
3.5K
130
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sista
SistaKASKUS Official
3.9KThread7.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.