Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Mengkhawatirkan! Perkataan Ahli Australia Tentang Corona Indonesia Hari Ini Terbukti

widokoAvatar border
TS
widoko
Mengkhawatirkan! Perkataan Ahli Australia Tentang Corona Indonesia Hari Ini Terbukti
Pada masa awal-awal penyebaran Virus Corona, saat negara lain di Asia Tenggara sudah heboh memerangi, Indonesia masih tampak belum seperti itu. Demikian juga ketika pada waktu kasus di Indonesia belum sebanyak saat ini.

Mengkhawatirkan! Perkataan Ahli Australia Tentang Corona Indonesia Hari Ini Terbukti
Morgenbesser (Sumber: cambodiadaily.com)


Tetapi meski pada waktu itu Indonesia masih relatif sedikit di banding beberapa negara lain di Asean, seorang ahli dari Australia pernah mengatakan bahwa kondisi Covid-19 di Indonesia paling mengkhawatirkan di Asia Tenggara.

Mengkhawatirkan! Perkataan Ahli Australia Tentang Corona Indonesia Hari Ini Terbukti
Statistik Covid-19 RI per 17 Juni (Sumber: kompas.com)


Dilansir Kumparan.com, 23 Maret 2020, penilaian itu diungkapkan oleh Dosen Ahli Politik Asia Tenggara dari Griffith University Australia, Lee Morgenbesser pada bulan Maret. Ketika itu total kasus di Indonesia masih pada angka 514 kasus. Di bawah Malaysia dan Thailand yang berturut turut pada posisi pertama dan kedua dengan jumlah total kasus mencapai 1.036 dan 596 kasus Covid-19.

Mengkhawatirkan! Perkataan Ahli Australia Tentang Corona Indonesia Hari Ini Terbukti
Penambahan Kasus Baru RI sampai 16 Juni (Sumber: worldometers.info)


Pernyataan Morgenbesser tersebut menyikapi fenomena angka prosentase kematian Covid-19 Indonesia yang lebih tinggi dari rata-rata internasional. Morgenbesser mengaku paling mengkhawatirkan Indonesia karena populasi Indonesia sangat besar dan birokrasi yang dinilai tidak efesien.

Dan perkataan Morgenbesser tersebut hari ini, 17 Juni 2020, benar-benar terjadi. Karena per hari ini Indonesia menjadi negara di Asia Tenggara dengan total kasus Covid-19 tertinggi. 

Menurut catatan Worldometers.info, diakses 17 Juni 2020, pada tanggal itu terjadi penambahan kasus sebanyak 1.031. Dengan demikian total kasus di Indonesia mencapai 41,431.

Dengan angka itu berarti Indonesia menyalip Singapura yang saat ini berada pada posisi kedua dengan total kasus mencapai 41.216. Sehari sebelumnya Singapura masih pada posisi total kasus tertinggi di Asia Tenggara.

Yang juga mengkhawatirkan adalah total kematian akibat Covid-19 Indonesia tertinggi di Asia Tenggara. Tiga besar total kematian Corona tertinggi di Asia Tenggara saat ini berturut - turut ditempati oleh Indonesia, Filiphina dan Malaysia. Total kematian tiga negara tersebut masing - masing sejumlah 2.276, 1.108, dan 121 jiwa.

Yang juga menambah mengkhawatirkan adalah penambahan kasus baru per hari di Indonesia adalah yang tertinggi. Hari ini misalnya, ketika di Indonesia ada penambahan 1.031 kasus, Thailand, Myanmar, Laos, Kamboja dan Brunai Darussalam tidak ada penambahan kssus baru. Sedang di Malaysia dan Vietnam, masing-masing hanya ada penambahan  sebesar 10 dan 1 kasus baru. Yang agak besar adalah Filiphina dan Singapura dengan kasus baru sebanyak 457, dan 247 kasus baru.

Sebuah kondisi yang harus diwaspadai. Semoga Covid-19 ini segera terkendali...I]



Referensi:

1. https://kumparan.com/kumparansains/i...53JZBEvmf/full

2. Worldometers.info diakses 17 Juni 2020.
marzuki147
pein666
kyukyunana
kyukyunana dan 2 lainnya memberi reputasi
3
2.2K
33
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.