Hanya sekedar share kejadian yg di alami oleh konsumen ane.
sebelum nya bantu rate yah , agan n sista yg tampan n cantik biar ke blow up
Seperti yang di share di beranda Facebook konsumen ane
Quote:
berhubung tidak ada tanggapan yang serius
saya terpaksa membeberkan ini semua...
udah mau habis bulan oktober.
alhamdulilah saya tidak dirugikan sepersenpun, tapi saya merasa ini harus dibuka dan diselesaikan agar tidak tertimpa nasabah lainnya..
udah daku laporkan surat ini ke CIMB niaga pusat
dan dalam bahasa Eng. kirim ke Global Head CIMB NIAGA di malaysia.
semuanya ahanya menjawab sedang diproses. semua di dalam tahap investigasi..
Kronologi Modus Operandi Penipuan di Bank CIMB Niaga
Latar Belakang
Saya memiliki 3 nomer rekening di Bank CIMB Niaga dengan nomer rekening:
• 917 – 01 – 30510-11-7 a/n: Adjie Maulana - Rp. 68.084.849
• 917 – 01 – 31372-11-4 a/n: Adjie Maulana – Rp. 17.897.677
• 917 – 01 – 31344-11-1 a/n: Adjie Maulana – Rp. 30.214.448
Rp. 116.196.974
Juga rekening atas nama adik saya:
• 917 – 01 – 15691-18-2 a/n: Crystal Aswati Tjandra – Rp. 279.789.918
• 917 – 01 – 15690-18-6 a/n: Crystal Aswati Tjandra – Rp. 218.477.251
Rp. 498.267.169
Rekening diatas ini adalah rekening pasif, dalam arti tidak banyak terjadi
transaksi keluar masuk.
Hanya bersifat tabungan dengan pemasukan dana rutin.
Telah terjadi modus operandi percobaan penipuan dengan menggunakan fasilitas internal Bank CIMB Niaga – Call Center 1418 dengan pemalsuan aktifasi fasilitas Mobile Banking.
Catatan Khusus
Saya telah meminta surat bukti laporan tertulis tentang komplain kejadian yang menimpa saya kepada ibu Olin, tetapi tidak pernah ditanggapi dan malah saya dianggap mendapatkan masalah yang biasa jadi tidak perlu ada laporan.
Tidak pernah ada tindakan eskalasi khusus walaupun berdasarkan jumlah dana yang ada di 3 rekening saya, cukup signifikan.
Sabtu, tgl 3 Oktober 2015
Pk 19.02
Saya menerima sms dari 1418. Notifikasi 1418, “Anda dihubungi oleh 0816 855 149”
Pk 19.08
Saya menerima telepon dan saya angkat. Tanpa menyebutkan penelepon darimana, penelepon memberitahukan “Anda mendapatkan hadiah 10 juta Rupiah dari kami, dan sebentar lagi akan dikirim sms berupa 4 digit nomer pin”.
Pk 19.10
Menerima sms dari 1418. Notifikasi 1418. “pin anda 2323. Ini pin rahasia jangan diberitahukan kepada siapa saja”.
Pk 19.11
Penelpon kembali menghubungi, “Apakah bapak menerima sms dari kami. Bisa sebutkan pin yang ada di sms?” Saya menyebutkan pinnya 2323, lalu dia menjawab “Baik saya akan kirim sms yang kedua”
Pk 19.15
Notifikasi 1418. “Pin anda 2341. Ini pin rahasia. Jangan diberitahukan kepada siapa saja”.
Pk 19.22
Saya ditelepon kembali. Tapi saya menolak untuk memberitahukan ada sms yang kedua. Dengan bernada tinggi untuk benar-benar saya mengaku menerima sms kedua. Dia menanyakan saldo pulsa saya. Saya bilang Rp. 148,- Sebenarnya ada Rp. 148.599. Lalu dia mengirim pulsa sebesar Rp. 5500 dengan fasilitas XL Berbagi. Dari nomer telepon 0817 620 761
Pk 19.55
Penelepon tetap mencoba menelepon saya dan terus saya tolak untuk memberitahukan saya mendapatkan sms kedua. Penelepon terus memaksa saya untuk memberitahu pin atm saya. Selanjutnya, telepon tidak saya angkat.
Dan segera saya melaporkan ke 818 XL Center untuk menanyakan status keamanan no hp saya dan menanyakan notifikasi 1418 itu datang dari mana? XL Center menjawab bahwa 1418 itu call center CIMB Niaga – Mobile Banking.
Langsung saya menelpon ibu Olin, untuk melaporkan apa yang terjadi. Saya minta perhatian khusus atas perlindungan keamanan rekening saya.
Pk. 20.14
Saya mendapat sms dari +62 0816 855 149. Bahwa uang saya sudah diambil.
Pk. 20.16
Saya langsung cek ke ATM dan melakukan penggantian pin sebanyak 2 kali di 3 rekening saya di Bank CIMB Niaga. Setelah pengecekan, dana saya di ATM masih utuh.
Pk. 20.20
Saya menelpon kembali ibu Olin untuk meminta klarifikasi bahwa saya sudah cek di ATM dan aman. Ibu Olin berjanji untuk bertemu dengan saya di hari Senin.
Minggu, tgl 4 Oktober 2015
Pk. 09.05
Saya mendapat telepon dari 0816 855 149 yang sebelumnya didahului dengan notifikasi info dari 14.18
Pk. 09.10
Kembali saya mendapat telepon dari 0816 855 149 yang sebelumnya didahului dengan notifikasi info dari 14.18
Senin, tgl 5 Oktober 2015
Kondisi sama seperti hari minggu, tetapi saya tidak sempat bertemu dengan ibu Olin
Selasa, tgl 6 Oktober 2015
Pk. 09:30
Saya ke Bank CIMB Niaga Fatmawati. Tidak berhasil bertemu dengan Ibu Olin, tetapi bertemu dengan Pak Adam bagian Marketing dan beberapa staff Bank Niaga. Inti dari jawaban mereka, “Dana bapak masih aman pak dan abaikan saja bila ada yang telepon ataupun sms”.
Rabu, tgl 7 Oktober 2015
Kondisi sama seperti hari minggu dan senin, dimana notifikasi 14.18 dan telepon tetap masuk. Tetapi saya tetap merespon telepon maupun sms, seperti petunjuk dari bank CIMB Niaga.
Kamis, tgl 8 Oktober 2015
Pk. 16:02
Saya menerima sms notifikasi 14.18 “Adjie Maulana 0817882223”
Pk. 16.15
Saya langsung menuju ke Bank CIMB Niaga Fatmawati untuk melaporkan. Saya berhasil untuk bertemu dengan Ibu Olin. Barulah ada proses. Karena saya minta cek “apakah saya terdaftar di Mobile Banking CIMB Niaga”dan ternyata hasilnya benar. Rekening saya telah terdaftar dalam fasilitas Mobile Banking tanpa sepengetahuan dan persetujuan saya. Saya minta fasilitas itu untuk langsung dicabut.
Pk. 16.22
Saya mendapatkan sms dari notifikasi 14.18, bahwa rekening saya sudah di non aktifkan dari fasilitas Mobile Banking.
Pk. 16.31
Saya memutuskan untuk melakukan penarikan sejumlah dana di 3 rekening saya dan 2 rekening milik adik saya Crystal untuk disiapkan pada hari Jumat, tgl 9 Oktober 2015. Ibu Olin meminta saya untuk tidak menarik dana saya di Bank CIMB Niaga.
Jumat, tgl 9 Oktober 2015
Pk. 08.00
Saya menelepon Ibu Olin untuk menyiapkan dana yang akan saya cairkan. Ibu Olin dengan berbagai alasan meminta dan mempersulit proses itu.
Pk. 09.15
Dengan ditemani oleh beberapa petugas aparat keamanan, saya mendatangi bank CIMB Niaga untuk mencairkan semua dana saya dan adik saya di 5 rekening. Proses berjalan dengan lancar dan saya berhasil mendapatkan dana saya
Kronologis diatas dibuat dengan sadar dan sebenar-benarnya oleh:
Nama
Tempat Tgl lahir No KTP
: Adjie Maulana
: Jakarta, 24 Januari 1982
: 3674062401820002
Jakarta, Jumat 9 Oktober 2015
Tertanda
Adjie Maulana
semoga bermanfaat buat semua pihak dan lebih waspada
Hari ini konsumen ane sudah didatangi 3 perwakilan dari bank niaga gajah mada dan dari cabang fatmwati
Semoga cepat selesai dan mendapatpan kejelasan yg pasti biar tidak ada lagi nasabah yg terkena penipuan seperti ini
BTW ane bukan marketing bank
yg di maksud konsumen ane itu buyer pelanggan lapak ane, yg suka beli brick buat di yayasan nya
Kejadian ini pun bukan hanya 1 atau 2 kali. bisa buka di mbah google tentang tipudaya modus nya, terutama di bagian kartu kredit,
seperti salah 1 berita yg di bawah ini Uang Nasabah Raib, CIMB Niaga Digugat Rp10 Miliar
pelajaran yg di petik bilamana ada sesuatu yang mencurigakan, segera ambil dan kosongkan dana anda, daripada menyesal di kemudian hari
semoga bermanfaat buat semua pihak dan lebih waspada
update
Kata Agan dan Sista tentang ini yg bingung, ngeri dan bertanya2 ko bisa no resmi dipakai buat nipu ?
Quote:
Original Posted By agung.ano►Wiih ngeri ya gan...modusnya bisa pake call center sgala..
Quote:
Original Posted By antokoplak►Adakah permainan dalam.dr cimb niaga sendiri?
Apalagi tdk daftar mobile.banking eh termyata terdaftar tanpa sepengetahuan...
Untung dananya diambil... Jadi ga ada kerugian...
Btw bukannya dana nasabah di bank di bawah naungan OJK dijamin kalo dibawah 2 milyar?
Quote:
Original Posted By boy.poison►Wah, itu kerjaan orang dalam. Ane yakin ibu olin 100% pasti terlibat.
Quote:
Original Posted By agung.ano►Wiih ngeri ya gan...modusnya bisa pake call center sgala..
Quote:
Original Posted By antokoplak►Adakah permainan dalam.dr cimb niaga sendiri?
Apalagi tdk daftar mobile.banking eh termyata terdaftar tanpa sepengetahuan...
Untung dananya diambil... Jadi ga ada kerugian...
Btw bukannya dana nasabah di bank di bawah naungan OJK dijamin kalo dibawah 2 milyar?
Quote:
Original Posted By boy.poison►Wah, itu kerjaan orang dalam. Ane yakin ibu olin 100% pasti terlibat.
Quote:
Original Posted By biawak.blink2►bisa ngirim pesan palsu pake sms center bank brarti orang it banknya terlibat dong...
Quote:
Original Posted By yadigembil►Ditelpon dari nomor resmi niaga?
Hebat itu kalo bisa buat nipu.. kalo make nomor walaupun bukan nomor resmi, tapi itu nomor bisa tau biodata rekening, udah parah namanya,. Ini sampe nomor resmi yang bisa dipake
Kosongin aja gan, ga aman itu
Quote:
Original Posted By agung.ano►Wiih ngeri ya gan...modusnya bisa pake call center sgala..
Quote:
Original Posted By antokoplak►Adakah permainan dalam.dr cimb niaga sendiri?
Apalagi tdk daftar mobile.banking eh termyata terdaftar tanpa sepengetahuan...
Untung dananya diambil... Jadi ga ada kerugian...
Btw bukannya dana nasabah di bank di bawah naungan OJK dijamin kalo dibawah 2 milyar?
Quote:
Original Posted By boy.poison►Wah, itu kerjaan orang dalam. Ane yakin ibu olin 100% pasti terlibat.
Quote:
Original Posted By biawak.blink2►bisa ngirim pesan palsu pake sms center bank brarti orang it banknya terlibat dong...
Quote:
Original Posted By yadigembil►Ditelpon dari nomor resmi niaga?
Hebat itu kalo bisa buat nipu.. kalo make nomor walaupun bukan nomor resmi, tapi itu nomor bisa tau biodata rekening, udah parah namanya,. Ini sampe nomor resmi yang bisa dipake
Kosongin aja gan, ga aman itu
Quote:
Original Posted By guanteng99►yang ane bingung kok bisa kirim dari no resmi yah
canggih amat tuh maling nya
apa dari internalnya dah bocor yah?
Quote:
Original Posted By ranchan►koq bisa yah penipuan dari nomor resmi bank
ya itulah hebat nya mangkanya di uber untuk mendapatkan penjelasan yg tidak ber belit2 karna beberapa orang yg dateng dari pihak bank hanya ngasih jawaban yg belum terjawabkan ( alias muter sana sini )
Diubah oleh prasetya80id2 28-01-2016 16:29
0
49.1K
Kutip
157
Balasan
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!