News
Batal
KATEGORI
link has been copied
147
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ee771118d9b1764da4c430e/mendikbud-jika-orang-tua-masih-khawatir-siswa-diperbolehkan-belajar-dari-rumah
Pertama, sekolah tersebut harus berada di kabupaten/kota yang berada di zona hijau, harus ada izin dari pemda atau kanwil/kantor Kemenag, satuan pendidikan sudah memenuhi semua daftar periksa, serta dibutuhkan persetujuan dari orang tua.
Lapor Hansip
15-06-2020 20:01

Mendikbud: Jika orang tua masih khawatir, siswa diperbolehkan belajar dari rumah

Past Hot Thread

Mendikbud: Jika orang tua masih khawatir, siswa diperbolehkan belajar dari rumah
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah mengizinkan sekolah di zona hijau untuk melangsungkan pembelajaran tatap muka mulai Juli 2019. Meski begitu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menjelaskan ada sejumlah kriteria yang harus dipenuhi sebelum siswa diizinkan mengikuti pembelajaran tatap muka.

Pertama, sekolah tersebut harus berada di kabupaten/kota yang berada di zona hijau, harus ada izin dari pemda atau kanwil/kantor Kemenag, satuan pendidikan sudah memenuhi semua daftar periksa, serta dibutuhkan persetujuan dari orang tua.

Sehingga, bila sekolah tersebut sudah memenuhi 3 kriteria yang ada tetapi tidak mendapatkan persetujuan dari orang tua, siswa yang bersangkutan tidak boleh dipaksa untuk mengikuti pembelajaran tatap muka.

"Jadi murid itu kalau sekolahnya mulai tatap muka, kalau orang tuanya masih tidak merasa nyaman murid itu diperbolehkan masih belajar dari rumah," terang Nadiem dalam konferensi pers Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Pandemi Covid-19, Senin (15/6).

Sementara itu, Nadiem menegaskan tahun ajaran 2020-2021 akan tetap dimulai pada Juli 2020. Namun, hanya zona hijau yang diperbolehkan melakukan pembelajaran tatap muka terlebih dahulu.

Zona hijau tersebut merepresentasikan 6% dari populasi didik yang berada dalam 85 kabupaten/kota. Sementara, ada 94% peserta didik di zona kuning, oranye dan merah atau dalam 429 kabupaten atau kota. Adapun, tahapan pembelajaran tatap muka di zona hijau juga dilakukan secara bertahap. Tahap I akan dimulai dari SMA, SMK, MA, MAK, SMAK, Paket C, SMP, MTs dan Paket B.

Dua bulan setelah tahap I berjalan maka dibuka tahap II yaitu SD, MI, Paket A dan SLB. Dua bulan setelah dilaksanakan tahap II, dimulai tahap III yakni untuk PAUD formal, TK, RA, TKLB dan non formal. Namun, bila kabupaten/kota tersebut kembali ke zona kuning, kegiatan pembelajaran tatap muka dihentikan dan kembali ke belajar dari rumah.


https://nasional.kontan.co.id/news/m...jar-dari-rumah

emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bayutriadmojo dan 25 lainnya memberi reputasi
26
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 6
Mendikbud: Jika orang tua masih khawatir, siswa diperbolehkan belajar dari rumah
16-06-2020 12:31
juli 2019? emoticon-Bingung (S)
0 0
0
Mendikbud: Jika orang tua masih khawatir, siswa diperbolehkan belajar dari rumah
16-06-2020 12:32
Hah gimana??emoticon-Confused
0 0
0
Mendikbud: Jika orang tua masih khawatir, siswa diperbolehkan belajar dari rumah
16-06-2020 12:33
kalo kuliah gaada omongan yak? emoticon-Bingung
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Mendikbud: Jika orang tua masih khawatir, siswa diperbolehkan belajar dari rumah
16-06-2020 12:37
kok abu2 gini ya jadinya? coba kasih keputusan yg jelas kasian orang tua kalo bgini, disatu sisi khawatir, disisi lain takut berpengaruh ke nilai di sekolah
0 0
0
Mendikbud: Jika orang tua masih khawatir, siswa diperbolehkan belajar dari rumah
16-06-2020 12:38
bayar sekolah / kuliah aja di kasih diskon

belajar dirumah ajaemoticon-Leh Uga
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
1 0
1
Mendikbud: Jika orang tua masih khawatir, siswa diperbolehkan belajar dari rumah
16-06-2020 12:38
gw juga udah rencana anak gw masuk januari 2021 aja
tp pusing gw anak dirumah aja gk ada sosialisasi
maen hape ama ntn tv molo
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan kaiharis memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Mendikbud: Jika orang tua masih khawatir, siswa diperbolehkan belajar dari rumah
16-06-2020 12:41
sy g kawatir itu nya pak mentri...sy kawatir spp nya koq msh aja full
emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Mendikbud: Jika orang tua masih khawatir, siswa diperbolehkan belajar dari rumah
16-06-2020 12:41
Sebaiknya belajar dari rmh dulu sampai kondisi grafik covid mulai turun agar lbh aman.
0 0
0
Mendikbud: Jika orang tua masih khawatir, siswa diperbolehkan belajar dari rumah
16-06-2020 12:44
setelah ane membaca artikel diatass memang benar dan sangat setuju dengan apa yang dikatakan menteri pendidikan.dengan situasi dan kondisi yang masih blm stabil sepertii ini hendaknya lebih berhati hati lagii bahkan meliburkan siswa dulu kesekolahan dalam mengikuti pembelajaran tatap muka secara langsung namun digantii pembelajaran daring yang dimana siswa melakukan home scholling..yaitu melalui pembelajaran secara online sampai batas waktu yang ditentukan sampai kondisi benar benar aman,nyamann dan tentram kembali sepertii semula..
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Mendikbud: Jika orang tua masih khawatir, siswa diperbolehkan belajar dari rumah
16-06-2020 12:45
setelah ane membaca artikel diatass memang benar dan sangat setuju dengan apa yang dikatakan menteri pendidikan.dengan situasi dan kondisi yang masih blm stabil sepertii ini hendaknya lebih berhati hati lagii bahkan meliburkan siswa dulu kesekolahan dalam mengikuti pembelajaran tatap muka secara langsung namun digantii pembelajaran daring yang dimana siswa melakukan home scholling..yaitu melalui pembelajaran secara online sampai batas waktu yang ditentukan sampai kondisi benar benar aman,nyamann dan tentram kembali sepertii semula..
0 0
0
Mendikbud: Jika orang tua masih khawatir, siswa diperbolehkan belajar dari rumah
16-06-2020 12:47
semoga segera menghilang covid ini.. huhu amburadul yaa. semoga penataan inii segera mulai ditata dalam pendidikan anak anak
0 0
0
Mendikbud: Jika orang tua masih khawatir, siswa diperbolehkan belajar dari rumah
16-06-2020 12:48
Wkwkwk si mentri dilema. Buat kebijakan tuh yang jelas oi. emoticon-Ngakak
0 0
0
Mendikbud: Jika orang tua masih khawatir, siswa diperbolehkan belajar dari rumah
16-06-2020 12:50
semoga ane dapat pacar gadis SMAemoticon-Malu
0 0
0
Mendikbud: Jika orang tua masih khawatir, siswa diperbolehkan belajar dari rumah
16-06-2020 12:54
mending mundur 1 th study, nunggu dulu aja yg masuk sekolah sekrng bnyak yg terpapar dan rentan kena covid apa gak... tertinggal study bisa d kejar, tapi kalo nyawa anak gak bisa d beli di toko kelontong.. prinsip gue itu sih
profile-picture
profile-picture
robotdwi dan kaiharis memberi reputasi
2 0
2
Mendikbud: Jika orang tua masih khawatir, siswa diperbolehkan belajar dari rumah
16-06-2020 12:57
emang sih anak sekolah paling kuat imun nya. yg meninggal mungkin ga ada ya, balita sepertinya.
tapi ntar pulang skul takutnya jangkitin ortu nya yg ditakutin sih..

Anak skul masih muda imun kuat dikit penyakit bawaan. Korban meninggal corona kan
70 % umur 65 ke atas
20% umur 45 -65
10% umur anak muda kuliahan dan pekerja
Diubah oleh ikardus
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
1 0
1
Mendikbud: Jika orang tua masih khawatir, siswa diperbolehkan belajar dari rumah
16-06-2020 12:58
ortu khawatir karna uang sekolah jalan terus walaupun belajar dari rumah
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan kaiharis memberi reputasi
2 0
2
Mendikbud: Jika orang tua masih khawatir, siswa diperbolehkan belajar dari rumah
16-06-2020 12:59
di rumah kebanyakkan maen mobile legend malahan emoticon-Wow
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan danielpurnama memberi reputasi
2 0
2
Mendikbud: Jika orang tua masih khawatir, siswa diperbolehkan belajar dari rumah
16-06-2020 13:01
gimana ya pada kedepannya kl disuruh belajar di rumah terus..
profile-picture
danielpurnama memberi reputasi
1 0
1
Mendikbud: Jika orang tua masih khawatir, siswa diperbolehkan belajar dari rumah
16-06-2020 13:10
Ide yang bagus pak menteri, semoga juga uang sekolah utk metode online dikurangi....
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
1 0
1
Mendikbud: Jika orang tua masih khawatir, siswa diperbolehkan belajar dari rumah
16-06-2020 13:11
Mentri nya udah punya anak blum? anak nya sekolah di zona merah atau kuning atau hijau di langit yang biru?

Kalo mau ambil keputusan itu, coba dilibatkan anak atau keluarga tersayang nya. Contoh : mau ambil keputusan "nggak sengaja" siram air keras, kalo anak nya disiram air keras, rela nggak pelaku nya dihukum 1 thn?
0 0
0
Halaman 2 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia