Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

SenaP99Avatar border
TS
SenaP99
Rumah Kosong Tapi Tagihan Listrik Bengkak? Ini Kata PLN



Jakarta, CNBC Indonesia - Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PT PLN (Persero) Bob Saril angkat bicara terkait dengan rumah kosong yang tak dihuni namun tetap ada tagihan listrik.

"Kalau kurang catat, tagihannya tidak hilang ke mana-mana. Misal Juni rumah kosong, kalau ada kelebihan di berita acara akan dikembalikan, atau untuk (pembayaran) bulan-bulan selanjutnya, ini adalah contoh," ujarnya saat webinar dengan tema "Di masa Pandemi Tagihan Listrik Melonjak: Konsumen Sengsara, Bagaimana Nasib Konsumen" di Jakarta, Senin (15/6/2020).

Sebelumnya dia juga menyebut, untuk rumah kosong, dikenakan biaya minimum alias abodemen. Biaya minimum tersebut akan tercatat terus menerus.


"Kalau tidak mau bayar biaya minimum, bisa ganti saja dengan pra bayar," tegasnya.

Beberapa waktu terakhir, PLN menerima banyak aduan terkait dengan lonjakan tagihan listrik. Ada beberapa alasan mengapa hal ini bisa terjadi, salah satunya karena adanya carry over atau tagihan yang harus dibayarkan atas kelebihan pemakaian bulan sebelumnya.

"Kita sesuai dengan standar internasional, menggunakan hitungan rata-rata 3 bulan yaitu Desember, Januari dan Februari yang ini dalam kondisi normal," katanya lagi.

Setelahnya, pandemi Covid-19 datang tanpa bisa diduga yang berakibat ada perubahan pemakaian listrik yang tak sebanding dengan hitungan rata-rata per tiga bulan yang dilakukan.



Lonjakan tagihan listrik tersebut juga karena rumah-rumah kini dihuni oleh orang-orang yang harus tetap di rumah selama pandemi.

"Alasan selanjutnya, bulan Ramadan ada kenaikan pemakaian listrik di rumah tangga sebagaimana yang terjadi tahun sebelumnya. Kenapa? karena lebih banyak kegiatan ditambah PSBB," pungkasnya.


Source Source https://www.cnbcindonesia.com/news/2...k-ini-kata-pln
Diubah oleh SenaP99 15-06-2020 13:46
alisson.13
vaklentine
nona212
nona212 dan 2 lainnya memberi reputasi
1
2.3K
42
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.