Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mrdfssAvatar border
TS
mrdfss
Arwana Super Red Yang Kadang Menghibur Tapi Kadang Bikin Emosi Juga

Di rumah ane ada satu hewan peliharaan yang sebenernya cukup menghibur ane dikala jenuh dengan pekerjaan namun kadang bisa bikin emosi juga. Hewan itu adalah Arwana Super Red. Arwana ini mungkin udah hampir 8 tahun kita pelihara. Dulu ukurannya belom segede ini, jadi akuariumnya juga belum segede sekarang. Namun karena makin lama ane dan bokap ane ngerasa bahwa akuarium yang dulu terlalu kecil buat dia, makanya kita bikinin akuarium yang baru. Oiya, walaupun tergolong super red, tapi warna merahnya yang nampak cuma sedikit, mungkin karena keseringan dikasih makan jangkrik.


source: doc. pribadi

Enaknya memelihara arwana adalah ketika dia melenggak lenggok di depan kita. Pantulan cahaya dari lampu akuarium ke sisiknya membuat seolah-olah sisiknya tampak berkilau. Selain itu bentuknya yang pipih memang lebih asik dipandang dari samping, ketika dipandang dari atas body arwana kelihatan aneh ane rasa, karena malah terlihat cembung. Hal menarik lainnya yang ane rasakan saat memelihara arwana adalah saat pemberian makanan. 


source: doc. pribadi

Ane ngerasa ngasih makan arwana itu adalah hal yang paling menyenangkan. Terutama bila kita kasih makan ikan kecil-kecil. Karena kita akan melihat bagaimana arwana berburu mangsanya dan bagaimana cara dia melaju dengan cepat karena bentuknya yang ramping. 


source: doc. pribadi

Nah yang bikin emosi adalah ketika kita kasih makan lain seperti jangkrik. Ada kalanya arwana yang ane pelihara ini enggak mau makan, jadi begitu udah dimasukkin jangkrik, sama dia cuma dilihatin doang. Kadang cuma dijadiin mainan, jadi dimakan terus dilepeh. Kalo udah gini, biasanya jangkrik akan membusuk dan membuat air akuarium jadi bau. Efeknya arwana jadi gak mau makan sama sekali. Jadi mau gak mau harus nguras akuarium. Jujur nguras akuarium segede gini itu butuh niat yang tinggi. Biasanya ane bisa habisin hingga 4 jam cuma buat nguras akuariumnya aja, itupun kadang dibantu sama adek-adek ane, karena keteteran banget kalo nguras sendirian.


source: doc. pribadi

Untuk perawatan, sehari sekali dikasih makan, porsinya berbeda, kalo jangkrik sekitar 10-15 ekor perhari, udang kecil 10 ekor dan ikan 8 ekor. Tapi akhir-akhir ini lebih sering pake jangkrik karena udah susah yang jual ikan dan udang murah. Untuk nguras akuarium juga tergantung dari arwananya sendiri, kalo selama sebulan makan teratur ya dikurasnya sebulan sekali. Kalo makannya gak teratur ya dikurasnya bisa sebulan 2-3 kali. Yang penting saringan air harus diganti setiap bersihin akuarium.


source: doc. pribadi

Nah yang menarik dari ikan arwana adalah dia bisa gak makan sampe seminggu. Itu kata temen bokap ane yang pelihara juga. Kalo arwana yang ane pelihara ini paling lama gak makan ya dua hari paling. Ya kayak yang ane bilang tadi, kalo ngasih makan arwana itu cukup menghibur, jadi setiap pagi pasti ane kasih makan. 

Sebenernya ane mau kasih video pas lagi ngasih makan, cuman karena beberapakali ane rekam hasilnya gak jelas terus, jadi ya gak jadi ane masukkin hehe.

Source: Dokumentasi Pribadi 

Mumpung #dirumahaja
Diubah oleh mrdfss 13-04-2020 04:47
jiwaprana
jiwaprana memberi reputasi
1
1.1K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hewan Peliharaan
Hewan PeliharaanKASKUS Official
6.9KThread2.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.