Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jonisantuyAvatar border
TS
jonisantuy
Siapa sih sebenarnya sosok lucifer yang selalu muncul dalam film exorsisme?
Hai..agan-agan..pasti pernah nonton film constantine. Film ini dirilis pada 17 Februari 2005 di Amerika Serikat. Film inilah yang membuat tokoh lucifer menjadi terkenal. Lucifer yang jahat, sangat kuat dan tak terkalahkan. Bahkan Gabriel pun tak sanggup untuk mengalahakannya. Siapa sih sebenarnya Lucifer ini...?? Darimana tokoh Lucifer ini muncul..??






Kalau kita pakai ilmu bahasa, Lucifer berasal dari Bahasa Latin, yaitu lux yang artinya sinar atau cahaya, dan ferre yang artinya membawa. Istilah ini muncul dari Alkitab Perjanjian Lama (Yes 14:12). Akan tetapi kata Lucifer baru muncul dalam terjemahan Alkitab berbahasa Latin yang dikenal dengan nama Vulgata. Terjemahan Vulgata dikerjakan oleh St. Jerome pada abad 4 Masehi. Kata Lucifer tidak muncul dalam Alkitab naskah Ibrani. Kata Ibrani yang digunakan untuk Lucifer adalah  Heylel Ben Shakar  yang artinya bright  son of the morning/dawn. Sedangkan dalam Alkitab bebahasa Yunani (yang sering disebut Septuaginta) digunakan kata eosphorusyang merujuk kepada Venus sebagai bintang sang fajar. Jadi istilah Lucifer baru muncul dalam Vulgata (terjemahan Alkitab berbahasa latin) pada abad 4 Masehi. Dalam periode modern kata Lucifer digunakan dalam Alkitab berbahasa Inggris dan diidentikkan dengan iblis. Mengutip dari UK Dictionary, Lucifer adalah, " Old English, from Latin, ‘light-bringing, morning star’, from lux, luc- ‘light’ + -fer ‘bearing’. Lucifer (sense 1) is by association with the ‘son of the morning’ (Isa. 14:12), believed by Christian interpreters to be a reference to Satan.



Mengapa Lucifer selalu punya arti iblis..?? Apakah memang Lucifer adalah iblis...?? Dalam Alkitab berbahasa Ibrani Heylel Ben Shakar  (untuk menyebut Lucifer) bukanlah iblis. Istilah ini untuk menyebut tentang raja Babilonia yang jatuh. Raja itu sangat kejam dan selama hidupnya menyiksa bangsa Israel. Tidak ada penyebutan raja iblis atau setan. Sedangan kata eosphorus (dalam Alkitab berbahasa Yunani) merujuk kepada bintang pagi yang kita kenal dengan Venus. Istilah Yunani juga tidak merujuk kepada iblis atau setan.
Dalam kisah yang selalu diingat orang dari abad ke abad, yang berdasarkan kisah dari Book of Enock, Lucifer pada awalnya adalah malaikat Tuhan sama seperti Gabriel. Lucifer yang adalah pembawa cahaya ilahi ingin menjadi Cahaya/Sang Cahaya, padahal dia adalah hanya pembawa. Lucifer akhirnya memberontak melawan Tuhan. Karena pemberontakannya melawan Tuhan, Lucifer dicampakkan dari surga. Lucifer akhirnya jatuh menjadi iblis. Lucifer memiliki dendam untuk melawan Tuhan akan tetapi dia tidak sanggup. Maka dia akan menghancurkan semua ciptaan Tuhan termasuk makhluk yang paling mulia yaitu manusia.   Mengapa Lucifer begitu benci dengan manusia? Lucifer iri terhadap manusia yang adalah makhluk mulia. Meskipun manusia berulang kali jatuh dalam dosa tetapi Tuhan selalu mengampuni. Sedangkan terhadap Lucifer, Tuhan tidak pernah memberikan pengampunan.
Kisah Lucifer bukanlah kisah horor yang harus ditakuti namun bisa menjadi sebuah pembelajaran untuk kita manusia. Tuhan adalah yang mahakuasa dan hanya kepada Tuhan sajalah kita harus menyembah. Jangan menyembah kekuatan-kekuatan lain yang mungkin tampaknya menarik. Tuhan juga begitu mencintai manusia. Tuhan ingin agar manusia hidup damai dan sejahtera, saling mengasihi dan mengampuni. Mari kita melawan segala bentuk godaan iblis dan usahanya untuk menghancurkan manusia, dengan hidup menyembah Tuhan yang Esa, dengan saling mengasihi sesama manusia, saling mengampuni dan mencintai.

sumber tulisan:


2. Oxford English Dictionary (OED)

3. The Devil: Origin, Bible, Lucifer - HISTORY (https://www.history.com/topics/folklore/history-of-the-devil )

4. What Does the Bible Say About Lucifer? (https://www.openbible.info/topics/lucifer )




rioza
mr.johnnyoutlaw
jurumudi75
jurumudi75 dan 56 lainnya memberi reputasi
51
17.6K
173
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & XenologyKASKUS Official
6.5KThread10.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.