hantupuskomAvatar border
TS
hantupuskom
Akhirnya Ngaku Salah, PLN Beberkan Penyebab Tagihan Listrik Membengkak
WE Online, Jakarta - PT PLN mengungkapkan penyebab utama melonjaknya tagihan listrik pelanggan pada April 2020. Itu karena adanya pengalihan atau carry over tagihan tarif yang tidak tercatat dengan benar saat menggunakan pencatatan rata-rata tiga bulan terakhir.

Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN, I Made Suprateka mengatakan, perhitungan tagihan tarif listrik yang menggunakan pencatatan rata-rata selama tiga bulan karena mewabahnya virus corona ( Covid-19 ) pada pertengahan Maret 2020.

"Penerapan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) pada Maret itu kira-kira dua minggu diambil langkah oleh PLN dengan pencatatan mengumpulkan tiga bulan sebelumnya, jadi rata-rata di Desember, Januari dan Februari," kata dia saat telekonferensi, Rabu (6/5/2020).

Dia memberikan contoh sederhana, ketika selama tiga bulan sebelum mewabahnya Covid-19 di Indonesia, yakni Desember, Januari, maupun Februari jumlah penggunaan listrik pelanggan sebesar 50 kwh, maka pada Maret 2020 yang ditagihkan juga tetap 50 kwh.

Namun, dia mengingatkan, PLN memiliki catatan riil pemakaian pelanggan pada Maret 2020, di luar perhitungan menggunakan mekanisme rata-rata tiga bulan terakhir. Dia mencontohkan adalah 70 kwh sepanjang Maret karena penggunaan listrik masyarakat mulai meningkat karena adanya kebijakan Work From Home (WFH).

"Mereka mulai 70 kwh, namun karena protokol Covid-19 kita di sana gunakan rata-rata tiga bulan terakhir yang catatannya tiga bulan kwh, sehingga riil konsumsi 70 kwh, tapi kita billing 50 kwh," tuturnya.

Karena ada sisa tagihan 20 kwh pada bulan itu, maka Made melanjutkan, PLN mengalihkan atau carry over tagihan tersebut ke bulan berikutnya. Karenanya, ketika pemakaian listrik pelanggan pada April 2020 melonjak kembali dengan contoh mencapai 90 kwh dan ditambah tagihan carry over Maret 20 kwh, maka total tagihan April menjadi 110 kwh.

"Ternyata saat tagihan di Mei atas penggunaan april yang tertagih 110 kwh dibanding kebiasaan mereka bayar 50 kwh ini seolah-olah kenaikan 200 persen lebih. Ini jadi polemik memang kami sadari butuh komunikasi dan pendekatan lebih baik," ungkap dia.

Karena itu, dia menegaskan, kenaikan yang terjadi itu bukan karena PLN menaikkan tarif dasar listrik semena-mena di tengah pandemi. Akan tetapi, dia mengaku salah bahwa PLN tidak menginformasikan dengan baik kepada pelanggan mengenai adanya tagihan carry over dari pencatatan menggunakan perhitungan tiga bulan rata-rata.

"Paling tidak kami punya dokumentasi jelas bahwa kenaikan tagihan ini bukan karena kenaikan tarif listrik. Enggak semata-mata PLN naikkan tarif listrik semena-mena setiap saat apalagi di tengah kondisi begini sangat tidak populis," ujar dia.

Sumur:
https://amp.wartaekonomi.co.id/berit...rik-membengkak


Akhirnya ngaku jg mereka
emoticon-Busa
yoseful
catros
dahlender
dahlender dan 81 lainnya memberi reputasi
80
10.9K
170
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.