Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Ichaghozali879Avatar border
TS
Ichaghozali879
Menjalin Persahabatan Sejati


Ilustrasi dari GIF android.

Sebagai mahluk sosial pasti deh agan aganwati sekalian punya sahabat yakni seseorang terdekat tempat berbagi cerita sedih maupun bahagia, orang yang mau mengerti kita , Orang yang kita percaya dan mempercayai kita. Hubungan timbal balik yang saling menyenangkan melindungi dan membantu( ini definisi penulis yaa..) Kalo si wiki pedia bilang sih sahabat itu definisinya gini emoticon-Big Kiss

Sahabat adalah orang yang memperlihatkan perilaku yang berbalasan dan reflektif. Namun bagi banyak orang, persahabatan seringkali tidak lebih daripada kepercayaan bahwa seseorang atau sesuatu tidak akan merugikan atau menyakiti mereka.

https://id.m.wikipedia.org › wiki › P...

Selama menjalin persahabatan pasti ada saatnya hubungan persahabatan kalian pasang surut, atau malah persahabatan bisa berakhir padahal gan rugi banget loh kalo gak punya sahabat. Yang saya rasain banget sih ketika kita lagi "jatuh" tertimpa tangga, kesandung batu, digigit monyet ( wueh..apes amat contohnya ) Maksudnya waktu kita banyak masalah atau tertimpa musibah kita punya temen yang support atau dukung kita biar cepat bangkit. Terkadang kalo kita lagi "belok" ( melakukan hal yang salah ) sahabat juga ngasih tahu tapi gak doktrin kaya ortu. Pas ultah ada yg kasih selamat ( bukan sosmed yg inget ultah kita tapi sahabat) Kan asik tuh apalagi sahabat suka kasih kado, saling traktir ( gantian yaa jangan maunya ditraktir doank) trus suka bercanda n ngobrol lama sama kita. Plong dan bahagia deh hati kita kalo punya sahabat. Gak salah kan kalo saya bilang rugi banget kalo kita gak bisa menjalin persahabatan awet tak lekang oleh waktu. Nah biar kalian gak kehilangan sahabat ini nih yang sebaiknya dilakukan sehingga persahabatan agan aganwati sekalian menjadi kekal. Cekidot dimari ,gan :
emoticon-Ngacir2

💐menjaga komunikasi
Sempatkan untuk menjalin komunikasi dengan sahabat. Sesibuk apapun kalian. Karena jalinan sahabat terkadang terputus bukan karena permusuhan atau kehendak berpisah baik baik macam kek suami istri cerai. No bukan itu tapi biasanya karena komunikasi terputus. Sekarang mah gak ribet gan cm buka android aja sahabat mu ada dibelahan bumi manapun kamu tau statusnya.

💐Saling jujur
Kejujuran itu penting gan jangan sampai terjadi salah paham hanya gara gara kebohongan kecil. Atau gak, yang umum misalnya jadi rebutan pacar gara gara gak jujur. Kan sayang gan kek gini jadi alasan bubar sama sahabat. Mending jujur dalam segala hal gan

💐Minta maaf
Ini berlaku untuk semua hubungan gan. Jangan sungkan minta maaf kalo ada salah sama sahabat. Buang ego mu sebagai yang benar. Apalagi gengsi minta maaf. Jangan kek gitu gan. Salah itu nodanya manusia maaf itu penghapusnya.

💐Ucapkan Terima kasih
Sepele sih kedengerannya tapi khasiatnya buat memupuk persahabatan ampuh banget. Terima kasih bukan hanya untuk benda atau barang yang ia beri loo tapi juga untuk waktunya perhatiannya ketulusannya.

💐Saling jaga kepercayaan
Jadilah orang terpercaya yang gak ember sebar privasi sahabatmu seenaknya. Sepinternya bibir bergosip pasti akan ketahuan juga gan. Kalo agan aganwati sekalian dah klik sama sahabat jangan bongkar rahasia nya yaa... biasanya kaum aganwati nih yang bisa kehilangan sahabat karena ember.

💐Menjadi pendengar yang baik
Kadang kita gak butuh nasihat àtau solusi cukup disisiku dan dengarkan curhatku itu lebih dari cukup. Karena semua manusia sendiri sebenarnya dikasih kemampuan alami buat memecahkan masalah. Tapi untuk menetralisir kesal sedih muak dan rasa pengen teriak dengan cerita. Jadi bicaralah sahabat biar aku dengarkan...

💐Saling bantu dengan tulus.
Bantulah temanmu dengan ikhlas tanpa pamrih jauh dari harapan minta ganti. Ini beneran saya alami loo dan ketulusan itu bakal abadi tertulis dihati. Indah banget gan. Dan saya bertekad kelak suatu saat pasti saya akan balas kebaikan sahabat saya. Ketika agan menolong sahabat agan yang kesusahan dengan tulus yang balas kebaikan agan nanti Allah jadi jangan ragu bantu sahabat sebisa agan yaa. ( klise yaa tapi ini lah sebenarnya sahabat )

💐Jangan egois
Hubungan persahabatan yang sehat itu jauh dari egois. Jangan maunya di dengerin tapi gakmau dengerin jangan maunya ditolongin tapi gak mau nolong. Jangan kek gitu gan. Kalian harus saling memaafkan saling bantu, saling menguatkan dll. ikatan saling itu akan membuat persahabatan jadi indah banget. Cobain deh..

💐Jangan cemburu
Gan, kalo sahabat agan punya sahabat lain. Jangan cemburu gan. Inget sahabat agan juga punya privasi yang harus dihargai. Sahabat agan bukan milik agan aganwati sekalian. Seseorang boleh aja dan bisa aja punya 5 sahabat. Its oke kok malah seru kalo kita bisa ikut kenal dan akrab dengan sahabatnya yang lain.

💐komitmen
Seperti hubungan yang lain sahabat juga bisa hancur kalau kita tidak ada kemauan keras untuk terus menjaga persahabatan tersebut terus berjalan. Sampaikan keinginanmu supaya dapat terus bersama menjalin persahabatan. Persahabatan yang hangat menyenangkan pastinya gak ada yang mau kehilangan . Jangan sungkan bilang kalo agan pengen jadi sahabatnya selamanya.


Gimana gan udah siap buat memupuk persahabatan yang kekal? Sukses ya menjalani hidup disisi sahabat sahabat agan!

Tulisan ini disarikan dari Fimela.com, Liputan6.com, Dosenpsikologi.com serta pengalaman pribadi penulis.

Aku dedikasikan buat sahabatku di Amerika. Thanks jadi bagian terindah dihidupku
anon009
putrateratai.7
kudanil.la
kudanil.la dan 4 lainnya memberi reputasi
5
841
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lifestyle
LifestyleKASKUS Official
10.5KThread11.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.