• Beranda
  • ...
  • Jambi
  • [COC Reg. Jambi] Tari Rentak Kudo, Atraksi Budaya yang Memiliki Aura Mistis!

istijabahAvatar border
TS
istijabah
[COC Reg. Jambi] Tari Rentak Kudo, Atraksi Budaya yang Memiliki Aura Mistis!
Tari Tradisional Jambi


Assalamualaikum para kaskuser ....
Senang rasanya ada event regional seperti ini. Aku bisa tahu banyak hal dari berbagai daerah, seperti salah satu tarian dari Jambi yang akan sedikit aku ulas berikut.

Akan tetapi untuk kaskuser atau siapapun yang membaca ini, bila ada kesalahan dari ulasan yang aku tulis ini mohon bantuan koreksinya.

Langsung aja, ya ....

Kerinciadalah salah satu kabupaten yang ada di provinsi Jambi, tepatnya berada di ujung barat provinsi Jambi. Daerah ini terletak di dataran tinggi gunung Andalas atau Bukit Barisan.


 Nama Kerinci berasal dari bahasa Tamil yaitu Kurinji, yang merupakan nama bunga yang tumbuh di daerah pegunungan India Selatan. Wikipedia


Daerah Kerinci menyimpan banyak kekayaan alam juga kekayaan budaya dan tradisi, salah satunya adalah seni budaya. Seni yang paling dikenal adalah seni tari yang berasal dari daerah Hamparan Rawang , yakni seni tari Rentak Kudo.

Spoiler for Tari Rentak:



Hamparan Rawang adalah salah satu kecamatan yang ada di kota Sungai Penuh, Jambi. Namun, kecamatan ini lebih di kenal dengan nama Hamparan Besar Tanah Rawang. 

Indonesia merupakan daerah yang sangat kental dengan kebudayaan dan tradisi. Seperti kebudayaan seni tari yang ada di daerah Hamparan Rawang, Kerinci ini.

Quote:



Namun, kapan dan apapun tarian ini dipentaskan tentu bertujuan baik dan melestarikan keberadaan tarian Rentak Kudo ini. Harapannya, semoga kedepannya tarian ini semakin banyak diminati baik pelaku atau penikmatnya.


Bagi aku sendiri tujuan dari pementasan tari Rentak Kudo ini tidak hanya sebagai ungkapan rasa syukur, tapi juga mengajak untuk berbahagia bersama. Karena jika dilihat dari setiap pementasan (acara adat atau nikahan) tidak hanya para pemain saja yang melakukan tarian itu, tapi mereka juga mengajak para penonton untuk mengikuti gerakan mereka dan turut merasakan euforia dari setiap gerakan-gerakannya.


Meskipun tarian Rentak Kudo atau Ntak Awo ini dinilai mistis karena adanya ritual pembakaran kemenyan saat tarian dipentaskan dan kadang juga ada penari yang kesurupan serta bertingkah aneh. Akan tetapi masyarakat tetap meyakini dan melestarikan apa yang telah diwariskan oleh para leluhur mereka.


Dari ini kita bisa belajar bahwa segala sesuatu, apapun yang kita dapat, apapun yang kita alami itu semua tidak lepas dari kuasa Tuhan yang Maha Esa. Kita sebagai manusia harus selalu mendekatkan diri pada-Nya dan selalu bersyukur atas segala kebahagiaan yang kita rasakan. Walaupun dengan cara yang berbeda, tapi intinya tetaplah sama yakni sebagai ungkapan rasa syukur.


Setuju tidak Agan dan Sista dengan pemikiranku?
Sekali lagi Mohon koreksinya, ya bila ada yang salah dari tulisan ini.
Terima kasih.

Referensi: di sini
Diubah oleh istijabah 12-06-2020 20:06
betiatina
lurika
riwidy
riwidy dan 33 lainnya memberi reputasi
34
2.6K
86
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Jambi
JambiKASKUS Official
844Thread224Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.