Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sniper2777Avatar border
TS
sniper2777
Kasus Novel Baswedan, Poster Sepasang Mata Langsung Sindir Negara



POJOKSATU.id, JAKARTA – Mantan Juru Bicara KPK Febri Diansyah menyatakan kegeramannya setelah mendengar tuntutan jaksa terhadap dua pelaku penyerangan air keras terhadap Novel Baswedan yang dihukum hanya 1 tahun penjara.

Sembari mengunggah poster bergambar dua pasang mata ia menulis satire atas penegakkan hukum di tanah air. Sindiran ini bahkan ditujukan pada pemerintah secara luas atas sikap-sikapnya yang sudah buta.

“Tak mampu (tak mau) melihat keadilan, hukum, korban yg dibutakan, orang2 yang sengsara atau bahkan deretan angka pasien yang terus bertambah hari ini,” ujarnya lewat akun Twitternya, Jumat (12/6/2020).

Poster bertuliskan You have eyes my dear, but you cannot see itu memang menandakan hukum sudah buta terhadap keadilan.

“Poster ini smg bs jd pengingat diri sendiri dan orang2 yg punya mata tapi tak mampu melihat.” ungkap Kepala Biro Humas KPK itu.

Jaksa Penuntut Umum menuntut dua penyerang penyidik KPK Novel Baswedan dengan hukuman pidana 1 tahun penjara.

Sontak saja tuntutan itu menuai reaksi keras dari Novel sendiri dan banyak kalangan.

Dalam surat tuntutannya, Jaksa mengungkapkan terdakwa tidak sengaja menyiramkan air keras sehingga terkena ke bagian wajah Novel.

Sidang yang digelar di PN Jakarta Utara, Kamis (11/6/2020), itu juga mengungkapkan fakta persidangan bahwa terdakwa tidak pernah menginginkan untuk melakukan penganiayaan berat.

“Terdakwa hanya akan memberikan pelajaran kepada saksi Novel Baswedan dengan melakukan penyiraman cairan air keras ke Novel Baswedan ke badan. Namun mengenai kepala korban,” ujar Jaksa.

Oleh karena dakwaan primer tidak terbukti, ungkap Jaksa, terdakwa harus dibebaskan dari dakwaan primer.

“Kemudian kami akan membuktikan dakwaan subsider. Dakwaan subsider melanggar Pasal 353 ayat 2 KUHP juncto Pasal 55 ayat 1 KUHP,” tambah jaksa.

Novel bereaksi keras atas tuntutan yang diambil Jaksa. Ia bahkan sejak lama proses hukum ini mengalami rekayasa dan penuh sandiwara.

“Melihat kebusukan semua yg mrk lakukan rasanya ingin katakan TERSERAH.. Tp yg mrk lakukan ini akan jadi beban diri mrk sendiri, krn semua akan dipertanggungjawabkan. Termasuk pak Jokowi yang membiarkan aparatnya berbuat seperti ini.. prestasi?” respon Novel melalui akun Twitternya.


Berita ini sampai kepada Tokoh Muslim di AS Imam Shamsi Ali yang dengan sindiriannya untuk tidak mendiamkan kejahatan.

Dari New York ia menyerukan publik untuk melakukan sesuatu agar keadilan bisa terus diperjuangkan secara nyata.

“Kejahatan itu terjadi ketika orang-orang baik tidak melakukan apa-apa atau diam.” Silence in front of the oppression is a crime (diam di hadapan kezholiman adalah kejahatan. Setuju?” katanya.

Bukan hanya itu, pengamat perkotaan Marco Kusumawijaya juga menyampaikan kritik yang sama agar publik segera bergerak melakukan tindakan nyata atas ketidakadilan yang diterima Novel Baswedan.

“Apakah hanya puas dengan berita2 dan berbagi di media sosial saja? Di mana aktivismenya?” ujarnya.

“Saya tak paham. Negara sebebas ini, dg masyarakat sipil paling hebat di Asia Tenggara, bisa membiarkan sandiwara ini terjadi? Kemana saya hrs menaruh harapan untuk masa depan anak cucu saya?” katanya lagi.

(sta/pojoksatu)

https://pojoksatu.id/news/berita-nas...t-tapi-buta/1/




Jangan cuma berakhir di medsos, harus ada aksi nyata, rakyat tau ini adalah kedzaliman, negara sudah habis di rusak oleh rezim ini emoticon-Blue Guy Bata (L)






klo di US ada gerakan keadilan yg di picu untuk George floyd, di negeri ini harusnya ketidakadilan kasus novel bisa menjadi pemicu gerakan gelombang protes terhadap pemerintah dzolim ini emoticon-fuck


Mahasiswa pada kemana???? lagi pada liburan lo!? emoticon-Leh Uga
ariebetadine
tiopratico
pein666
pein666 dan 33 lainnya memberi reputasi
32
5.9K
134
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.