Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Apa Itu 4WD, RWD, FWD dan AWD? Kenali Beragam Sistem Penggerak pada Mobil

otomotifcomAvatar border
TS
otomotifcom
Apa Itu 4WD, RWD, FWD dan AWD? Kenali Beragam Sistem Penggerak pada Mobil

Untuk meneruskan daya dari mesin ke roda mobil dibutuhkan sebuah sistem penggerak. Dalam kamus otomotif, sistem penggerak yang lazim digunakan saat ini adalah Rear Wheel Drive (RWD), Front Wheel Drive (FWD), All Wheel Drive (AWD), dan Four Wheel Drive (4WD). Lalu seperti apa perbedaannya?

Dijelaskan Service Manager Auto2000 Cilandak, Suparna, RWD merupakan sistem penggerak roda belakang yang terpisah dengan sistem kemudi di roda depan. Sistem penggerak mobil roda belakang biasanya memiliki komponen gardan yang menjadi penghubung roda belakang dengan sistem transmisi.
 
Beban roda depan pada mobil RWD tidak seberat pada mobil FWD. Roda depan untuk mengarahkan kemudi/arah kendaraan, serta roda belakang untuk menggerakkan kendaraan ke depan/ke belakang. 

FWD sendiri merupakan sistem penggerak mobil menggunakan roda depan. Sistem ini menggabungkan sistem penggerak serta sistem kemudinya. Secara desain, mesin FWD melintang ke sisi kanan dan kiri kendaraan dan mengarah ke roda depan. Mesin dan transmisi/transaxle dihubungkan langsung ke roda dengan menggunakan 'drive shaft'
 
Karena sistem transmisi dan penggeraknya terhubung langsung dengan mesin, mobil penggerak roda depan tidak membutuhkan gardan, sehingga mobil jenis ini punya kabin lebih nyaman sebab tidak memiliki gundukan gardan yang terbentang di bawah lantai.
 
Kemudian untuk sistem 4WD, merupakan sistem penggerak yang akrab di lingkungan off-road. Sistem 4WD bisa menggerakkan seluruh roda depan dan roda belakang, serta bisa diatur sesuai kebutuhan ketika ingin menggunakan penggerak roda depan saja, roda belakang saja, atau keduanya.
 
Sistem 4WD beroperasi dengan rasio gear tinggi dan rendah, yang berguna untuk berkendara di medan ekstrem. Beberapa penggerak 4WD juga memiliki diferensial, yang memungkinkan roda kiri dan kanan, serta axle depan dan belakang berputar pada kecepatan yang berbeda.


nona212
emineminna
tien212700
tien212700 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
3.3K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread15.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.