• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Jangan Lakukan Hal ini Agar Mobil Matik Terhindar dari Kerusakan!

GENKBOLAvatar border
TS
GENKBOL
Jangan Lakukan Hal ini Agar Mobil Matik Terhindar dari Kerusakan!

Praktis dan mudah menjadi dua hal yang ditawarkan mobil matik. Dua hal ini juga menjadi alasan kenapa sekarang orang banyak beralih ke mobil matik. Tapi walaupun praktis dan mudah, jika mengendarai mobil matik, ada hal – hal tertentu yang menjadi pantangan. Jika pantangan ini dilanggar, maka siap – siap aja mobil masuk bengkel GanSis...

emoticon-Bingung emoticon-Bingung


Saat mobil belum berhenti, jangan pindahkan gigi pada posisi “P”

Saat memarkir mobil, pastikan mobil udah berhenti sepenuhnya, baru pindahkan gigi pada posisi “P”. Jika pemindahan gigi dilakukan ketika mobil belum berhenti sempurna, maka ini akan merusak dan memperpendek umur transmisi. FYI, tuas P itu untuk parkir bukan untuk pengereman.

Di jalan menurun, jangan pindahkan gigi ke posisi netral

Mungkin banyak dari pemilik mobil matik, yang berpikiran jika melintasi turunan tanpa memasukkan gigi akan lebih hemat bahan bakar. Padahal cara ini salah, dan jika tuas transmisi sering diposisikan netral, maka bisa menyebabkan sistem transmisi jebol.

Ketika lampu merah, jangan masukkan gigi dan injak rem

Apabila Agan dan Sista masih memasukkan gigi dan menginjak rem pada saat mobil matik berhenti dalam waktu lama, seperti saat macet atau lampu merah, maka kebiasaan itu harus dihilangkan. Sebaiknya pindahkan tuas transmisi dari D (drive) ke posisi netral. Kebiasaan menginjak rem dalam kondisi tuas gigi masih berada di posisi D, akan membuat umur transmisi lebih pendek daripada seharusnya. Sebab ketika itu dilakukan, mesin masih terus bekerja, sementara roda tidak berputar.

Jangan pindahkan tuas ke gigi mundur ketika mobil belum berhenti sempurna

Pastikan mobil dalam posisi diam ketika ingin mengganti posisi gigi dari “D (Drive)” ke posisi gigi R (reverse) atau sebaliknya. Dengan begini berarti mobil berhenti bukan karena perubahan transmisi.


farinamany
decodeca
tien212700
tien212700 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.9K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.