dionlanangAvatar border
TS
dionlanang
Kuncilah Stang Motor Agan ke Kanan Bukan ke Kiri, Ini Alasan nya

Maling Motor Ilustrasi (kompas.com)

Di jaman serba modern seperti sekarang manusia membutuhkan sebuah alat untuk berpindah tempat, jika jaman dahulu manusia menggunakan hewan seperti kuda, gajah, hingga onta sebagai alat transportasi. Maka hal lain terjadi hari ini, dimana alat transportasi telah di dominasi dengan alat-alat mesin. Jika ingin berpidah dari satu pulau ke pulau yang lain manusia bisa menggunakan kapal laut yang melewati air atau memakai pesawat terbang yang melintasi udara. Jika ingin berpindah dari suatu tempat ke tempat yang lain melalui darat, kita bisa memakai bus, kereta api, mobil hingga memakai sepeda motor.


Dan ngomong-ngomong soal motor, motor menjadi alat transportasi yang banyak sekali di miliki oleh masyarakat Indonesia, mungkin karena harga motor yang relatif terjangkau sehingga menjadi alat transportasi yang paling banyak di miliki oleh masyarakat, termasuk ane tentunya. Kendaraan roda dua ini biasa dipakai masyarakat untuk menemani aktifitas sehari-hari mereka, entah untuk bekerja, ke sekolah, dan lain sebaginya.

BACA JUGA: Ngaku Anggota Polisi, Tukang Kayu Berhasil Setubuhi Bu Bidan Hingga Hamil
Spoiler for spoiler:

Namun aksi kriminalitas yang menimpa para pengguna motor juga kerap ditemui, seperti pembegalan hingga pencurian motor yang sedang parkir. Salah satu modus operandi para penjahat dalam mencuri motor adalah menggunakan alat yang biasa disebut kunci leter T. Dengan alat ini mereka dapat dengan mudah membawa kabur motor milik korbannya.

Spoiler for spoiler:

BACA JUGA: Prof. Sutiman: Kopi dan Telur Bisa Cegah Virus Corona
Namun ternyata ada hal yang cukup menarik, menurut seorang Kapolres berdasarkan hasil pengakuan pelaku curanmor yang berhasil tertangkap yng menyebutkan jika motor yang di kunci stang ke kanan cenderung lebih susah dicuri.

Lihat videonya berikut ini:



sumber: Youtube Dewa Black

Video diatas adalah video dari Bapak M. Arsal yang saat video itu dibuat beliau masih menjabat sebagai Kapolres Lumajang - Jawa Timur. Dalam keterangannya, pelaku curanmor yang sempat diwawancarai menyebut jika motor yang dikunci stang ke kanan cenderung lebih susah untuk dibobol dengan kunci T. Mungkin hal ini juga bisa terlihat dalam video dibawah ini, dimana motor yang di stang ke kanan lolos dari aksi pencurian.

BACA JUGA: Sejarah Propaganda dan Kekejaman PKI Versi NU [Part 4]

Tonton Videonya:



Sumber: Youtube Dake's Chanel

Seperti dikutip dari kmpas.com (6/6/2020), Posisi mengunci stang ke kanan sebenarnya lebih memperlambat para pelaku curanmor untuk menjalankan aksi nya, dalam artian mengunci stang ke kanan membuat para pelaku curanmor menghabiskan waktu lebih lama dalam membobol kunci. Hal ini berbeda saat motor di kunci stang ke kiri, dimana lubang kunci tidak tertutup oleh kunci stang secara sempurna sehingga pelaku curanmor akan lebih cepat membobolnya.


(SUMBER: kompas.com, 6/6/2020)

Ane gak tau tips ini bisa di praktekan ke semua motor atau tidak, yang jelas mungkin hal ini bisa kita jadikan referensi untuk menjaga barang berharga kita yakni motor. Jangan lupa untuk selalu menjaga motor kita saat bepergian dengan cara tidak parkir di sembarang tempat. Kalau hendak memasuki sebuah tempat hendaknya terlebih dulu kita pastikan motor kita berada di tempat parkir yang aman atau masih terjangkau dengan pengelihatan kita.  Ingat Mencegah lebih baik dari pada Mengobati. 

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan


Diubah oleh dionlanang 10-12-2022 21:57
minhakim20
farinamany
rizza2344
rizza2344 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
5.3K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.