GENKBOLAvatar border
TS
GENKBOL
PSBB Transisi: Ojol Kembali Bisa Bawa Penumpang

Mulai minggu ini pemerintah Jakarta dan pemerintah daerah penyanggah ibukota mulai menerapkan PSBB transisi. Dengan diterapkannya aturan ini, maka aktivitas di Jakarta dan sekitarnya mulai bergeliat kembali, perkantoran, toko – toko, dan rumah ibadah udah mulai dibuka. Pelonggaaran dari aturan sebelumnya (PSBB) ini harus dibarengi protokol kesehatan yang udah ditetapkan pemerintah.

Nah, terkait dengan PSBB transisi ini, kabar gembira diterima oleh para driver ojol. Karena mulai tanggal 8 Juni 2020, perusahaan ojol udah mulai menyediakan layanan anter penumpang. Jadi, layanan GoRide dan GrabBike yang udah dua bulan lamanya hilang, kini muncul lagi dan bisa digunakan kembali.


Yap, dari April lalu driver ojol hanya diperbolehkan untuk nganterin barang dan tidak diperbolehkan untuk ngenterin penumpang. Kebijakan ini diambil sehubungan dengan pemberlakukan aturan PSBB di ibukota dan sekitarnya.

Beroperasinya ojol pun dituangkan dalam Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Nomor 105 Tahun 2020 tentang Pengendalian Sektor Transportasi untuk Pencegahan COVID-19 di Masa Transisi Menuju Masyarakat Sehat, Aman, dan Produktif. SK tertanggal 5 Juni 2020 itu ditandatangani langsung oleh Kadishub DKI Syafrin Liputo. Jadi ini udah sesuai aturan GanSis, bukan akal – akalan dari perusahaan ojol dalam memanfaatkan momen PSBB transisi.

Kalau dari pihak GoRide, terkait aspek keamanan mitra dan penumpang, Gojek mengaku selama ini udah memiliki prosedur yang mengedepankan aspek kesehatan dan kebersihan. Perusahaan mewajibkan driver untuk menggunakan masker dan sarung tangan ketika beroperasi. Penumpang juga diminta untuk menggunakan masker dan membawa helm SNI sendiri. Gojek juga membuat beberapa posko dimana para driver bisa melakukan pengecekan suhu tubuh dan penyemprotan disinfektan motor yang digunakan mitra.

Hmmm...mudah – mudahan aja drivernya tetap mengedepankan kepentingan kesehatan dengan selalu memakai masker, sering cuci tangan dan lain sebagainya. Kalau menurut Ane jika Agan dan Sista menemukan driver yang gak pake masker, mungkin gak ada salahnya untuk diingatkan.


O iya, beberapa waktu lalu sempat rame usulan dari Garda Indonesia untuk penggunaan sekat plastik ketika ojol membawa penumpang. Sekat ini bertujuan untuk menghindari adanya penularan lewat droplet. Kira – kira dengan mulai diperbolehkannya ojol ngangkut penumpang, usulan ini bakalan diterima perusahaan ojol gak ya?




minhakim20
farinamany
tien212700
tien212700 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.2K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.