Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

chemical.saptoAvatar border
TS
chemical.sapto
Di Gereja Katedral Baru Ruteng, Satu Bangku Hanya untuk Tiga Umat
GUNA pencegahan penularan corona virus disease atau Covid-19, hampir sebagian besar geraja Katolik danProtestan di NTT belum menggelaribadah pada Minggu (7/6/2020).

Walau demikian, pengurus gereja sedang menata dan mempersiapkan gereja menyambut pelaksanaanibadah secara terbuka.

Seperti pengurus Gereja Paroki Katedral Ruteng akan membuka kegiatan aktifitas misa pada 20 Juni 2020. Namun tetap mengikuti protokoler kesehatan untuk pencegahan Covid-19.

• Artis peran Vonny Cornellya: Dicap Pelakor

Koster Gereja Paroki Katedral Ruteng, Lorens Jelinus kepada Pos Kupang, Minggu (7/6) mengatakan, sampai hari minggu ini, belum ada aktifitas misa di gereja.

"Karena kita juga masih mempersiapkan segala ketentuan sesuai persyaratan protokol kesehatan pencegahan Covid-19," ungkap Lorens.

• Update Corona di TTU Bertambah 143, Jumlah PPDP di TTU Tembus Angka 3.892 Orang

Lorens menjelaskan, untuk mencegah pandemi Covid-19, pihak paroki hanya meyediahkan 894 tempat duduk bagi umat di gereja Katerdral Baru Ruteng untuk setiap perayaan misa. Padahal sebelum Covid-19 total daya tampung umat lebih dari 2000 umat.

"Jadi satu bangku hanya bisa ditempati 3 umat setelah sebelumnya bisa tampung 8 umat. Ini untuk menjaga jarak guna memutuskan mata rantai penularan covid-19 ini," jelas Lorens.

Lorens mengatakan, dengan pengaturan jarak maka sebagian umat akan tidak terlayani misa. Agar semua umat bisa terlayani pada misa hari minggu di masa pandemi covid-19, pihaknya menyiapkan empat tempat misa selain Gereja Katedral Baru, juga Gereja Katedral Lama, Aula Paroki Baru dan Aula Paroki Lama. Juga memperbanyak jadwal jam misa setiap minggu. Jadi total 16 kali misa di hari Minggu untuk parokiKatedral Ruteng.

Lorens mengatakan, pihaknya sangat menaati ketentuan prmerintah terkait protokol kesehatan. Umat juga harus wajib pakai masker, diukur suhu tubuh dengan thermo gun, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir sebelum masuk gereja dan duduk wajib jaga jarak sesuai tempat yang sudah disediakan.

"Kita juga rancang untuk umat yang usia 60 tahun ke atas dan Balita dianjurkan tidak boleh datang misa di gereja, diharapkan di rumah saja apalagi yang punya penyakit bawaan karena kita juga tetap siapkan live streaming. Ini kita rancang juga untuk mencegah penularan virus ini," jelas Lorens.

https://kupang.tribunnews.com/2020/0...ntuk-tiga-umat

Demi mencegah korona
sapi.pejantan
nona212
scorpiolama
scorpiolama dan 3 lainnya memberi reputasi
2
678
18
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.