Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Bisnis
  • 5 Hal yang Nggak Boleh Dilakukan Ketika Membuka Bisnis Minuman Franchise

mountcookAvatar border
TS
mountcook
5 Hal yang Nggak Boleh Dilakukan Ketika Membuka Bisnis Minuman Franchise
5 Hal yang Nggak Boleh Dilakukan Ketika Membuka Bisnis Minuman Franchise
Usaha minuman franchise akhir-akhir ini memang banyak diminati. Sebelumnya aku udah bahas tentang bisnis makanan franchise dan kali ini aku akan bahas tentang bisnis minuman franchise. Lho, emang perbedaannya apa?
Sama seperti usaha franchise di bidang makanan, usaha minuman franchise ini memiliki sistem pembelian bisnis secara lengkap dari mulai peralatan sampai merek dan strategi manajemennya. Bedanya adalah jenis produk yang dijual. Franchise makanan menjual produk makanan, sedangkan franchise minuman menjual produk minuman. Salah satu franchise minuman yang terkenal di Indonesia adalah Teh Tong Tji. Buat kamu yang sering ke mall pasti pernah menemui kedai Tong Tji yang tersebar di seluruh Indonesia.
Seperti halnya franchise makanan, saat membeli franchise minuman, pembeli akan mendapatkan peralatan untuk berjualan, lisensi menggunakan merek, produk, sampai standar manajemennya. Namun ternyata ada yang membedakan antara franchise makanan dengan franchise minuman yaitu pasar dari produk tersebut.
Beberapa tahun yang lalu, di Indonesia muncul beberapa jenis minuman kekinian yang hits di kalangan anak muda. Kamu pasti tahu kan es kepal milo. Saat itu kamu bisa jadi anak paling hits jika sudah jajan es kepal milo. Apalagi jika kamu mengunggahnya di media sosial. Lalu bagaimana kabar bisnis itu saat ini? Apakah masih sehits dulu?
Untuk itu, sebelum memutsukan untuk membeli usaha minuman franchise, kamu harus perhatikan 5 hal ini terlebih dahulu:
Perhatikan Hal Ini Sebelum Membuka Usaha Minuman Franchise
5 Hal yang Nggak Boleh Dilakukan Ketika Membuka Bisnis Minuman Franchise
1. Sulitnya Berinovasi Karena Adanya Aturan yang Mengikat
Salah satu kelebihan dari franchise adalah kamu tidak perlu direpotkan dengan membuat produk sendiri, kamu cukup mengikuti pemilik franchise. Namun kelebihan itu ternyata juga bisa jadi kekurangan, terlebih buat kamu yang memiliki ide-ide cemerlang dalam hal berinovasi. Usaha franchise akan membuatmu kesulitan berinovasi karena kamu harus mengikuti semua manajemen yang dimiliki merek yang kamu jual.
2. Kendala Bahan Baku Dapat Terjadi
Tidak hanya mendapatkan merek dan strategi manajemen, franchise juga mendapatkan bahan baku dari pemilik franchise. Ini bisa menjadi kelebihan karena kamu nggak perlu repor mencari bahan baku kesana-kemari, namun ketika sedang terjadi kendala pengiriman, bisa mengancam penjualanmu sehari-hari.
Kamu harus menunggu bahan baku sampai atau jika memang sedang kehabisan di pusat, kamu harus menunggu sampai stok tersedia. Kamu tidak bisa membeli bahan baku dari pihak lainnya karena adanya peraturan yang melarang pembeli franchise membeli bahan baku dari pihak lain.
3. Pemotongan Pendapatan Setiap Bulan untuk Pusat
Membuka franchise itu artinya kamu bekerja sama dengan pemilik franchise. Kamu dapat menggunakan merek mereka, produk mereka dan juga strategi manajemen mereka. Namun sebagai timbal balik kamu harus membayar royalti atas pemakaian mereka mereka. Pembayaran royalti ini bisa dilakukan setiap tahun atau setiap bulan, tergantung kesepakatan saat pembelian franchise.
4. Bersifat Musiman dan Tidak Tahan Lama
Selain minuman es kepal milo, beberapa tahun yang lalu juga muncul minuman hits Thai tea. Sama seperti es kepal milo, kamu bakal jadi anak hits jika sudah mencoba minuman satu ini dan mengunggahnya di media sosial. Lalu, apakah minuman ini masih hits sampai sekarang?
Thai tea sampai saat ini masih sering ditemui di pinggir jalan atau di depan minimarket, namun nggak sehits dulu. Jika dulu minuman ini dijual dengan harga di atas 15 ribu rupiah, sekarang dimana-mana minuman ini dijual dengan harga 5 ribu rupiah. Bahkan dengan harga 5 ribu, ada yang dengan tambahan boba.
Jauh sebelum es kepal milo dan Thai tea, dulu bermunculan es cappucino cincau yang hits banget. Di sepanjang jalan menemukan penjual es cappucino cincau bukan hal yang sulit, namun sekarang sudah jarang ditemukan penjual es ini lagi.
Untuk itu, kamu yang ingin membeli franchise minuman ini harus mempertimbangkannya secara matang. Mungkin saat minuman ini sedang hits kamu bakal mendapatkan omzet yang besar, tetapi saat minuman ini kehilangan popularitas, omzet yang besar bisa turun drastis. Padahal bisnis kan bukan sesuatu yang dilakukan saat sedang musim. Kalau bisa bertahan selamanya.
5. Omzet Mengikuti Reputasi Brand
Omzet produk minuman franchise mengikuti reputasi brand. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, saat brand minuman ini sedang popular, omzet yang didapatkan setiap bulan sangat besar. Namun ketika popularitas produk ini menurun, omzetnya juga akan ikut menurun. Kesalahan yang dilakukan pemilik franchise juga bisa berimbas ke kamu yang menjualnya di tempat berbeda.
Brand Minuman Franchise di Indonesia
1. Kopi Janji Jiwa
5 Hal yang Nggak Boleh Dilakukan Ketika Membuka Bisnis Minuman Franchise
Kopi Janji Jiwa merupakan salah satu brand minuman franchise yang saat ini cukup terkenal di Indonesia. Bahkan ada yang sampai membuat slogan dari merek satu ini yaitu kopine diombe, janjine diblenjani, jiwane ambyar yang jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia memiliki arti kopinya diminum, janjinya dikhianati, jiwanya ambyar.
Kopi Janji Jiwa berdiri sejak 2018 dan kini telah ada sebanyak 500 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain memiliki slogan di atas, kopi satu ini juga memiliki jargon ‘Kopi dari Hati’. Memiliki fasilitas layanan pesan antar, menjadikan kopi ini menjadi favorit anak muda. Dengan harga 20 ribu-an, Kopi Janji Jiwa terbilang murah dibandingkan brand kopi lainnya yang dijual di mall.
2. Chatime
5 Hal yang Nggak Boleh Dilakukan Ketika Membuka Bisnis Minuman Franchise
Chatime didirikan pada tahun 2018 dan masih popular sampai sekarang. Saat ini Chatime telah memiliki lebih dari 200 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia. Siapa sih anak muda di Indonesia khususnya yang tinggal di kota yang nggak tahu Chatime? Terlebih lokasinya yang ada di mall membuat Chatime pilihan nongkrong anak muda.
3. Es Teler 77
5 Hal yang Nggak Boleh Dilakukan Ketika Membuka Bisnis Minuman Franchise
Es Teler 77 merupakan franchise yang cukup melegenda di Indonesia. Didirikan pada tahun 1987, franchise satu ini masih tetap eksis sampai sekarang. Bahkan Es Teler 77 telah melebarkan sayapnya sampai ke luar negeri. Salah satu kelebihan dari produk ini adalah perpaduan antara cita rusa khas Indonesia dengan tampilan yang modern. Buat kamu yang tertarik dengan bisnis franchise satu ini, kamu bisa memulainya dengan modal 85 juta.
4. Teh Poci
5 Hal yang Nggak Boleh Dilakukan Ketika Membuka Bisnis Minuman Franchise
Siapa yang tidak kenal dengan brand franchise satu ini? Teh Poci banyak dijual di mall-mall dalam bentuk stand atau jika ada bazar biasanya brand satu ini selalu ada. Meski hanya menjual produk minuman es teh, namun teh poci tetap eksis sampai sekarang. Meski sederhana, namun minuman ini banyak diminati karena menyegarkan. Untuk memulai bisnis franchise ini kamu cukup mengeluarkan modal 6,7 juta rupiah. Untuk mendaftar franchise Teh Poci bisa klik di sini.
5. Nyoklat Kress
5 Hal yang Nggak Boleh Dilakukan Ketika Membuka Bisnis Minuman Franchise
Nyoklat Kress merupakan salah satu brand franchise dengan bahan dasar cokelat. Minuman ini memiliki keunikan tersendiri karena ada rasa krispi yang menyatu dengan minuman. Selain itu juga banyak pilihan rasa seperti cokelat hazlenut, tiramizu, cokelat oreo, choco banana, dan juga lainnya. Untuk memulai bisnis franchise ini diperlukan modal sebesar 3,5 juta rupiah. Dari modal itu sudha termasuk booth untuk jualan.


Untuk lebih lanjut kamu bisa membacanya di sini.
nona212
tien212700
tien212700 dan nona212 memberi reputasi
2
2K
1
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Bisnis
BisnisKASKUS Official
70KThread11.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.