Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

zamankuAvatar border
TS
zamanku
Apa jadinya jika Indonesia tidak memiliki lautan?
Apa jadinya jika Indonesia tidak memiliki lautan?image:Thalassa.com


Pernah kah agan agan berpikir, bagaimana seandainya jika Indonesia negara kita ini tidak memiliki lautan. Atau daratan semua, tanpa ada laut yang memisahkan antar pulau?

Oke, sebelum kita ber andai andai lebih jauh lagi, faktanya Indonesia adalah salah satu negara kepulauan terbesar di dunia. Artinya indonesia memiliki kekayaan laut yang luar biasa, wisata pantai dan bawah laut yang sangat mengagumkan, bahkan sudah di akui keindahan nya di dunia. Dan itu harus kita syukuri bersama.

Menurut wikipedia, luas keseluruhan wilayah Indonesia (dengan lautnya) adalah sekitar 1,9 juta km2. Sedangkan menurut WWF Indonesia, perbandingan luas wilayah daratan dan lautan Indonesia adalah 70% luas lautan dan 30% luas daratan. Atau sekitar 2/3 wilayah Indonesia adalah lautan. Dari sini bisa kita ambil kesimpulan bahwa lautan menjadi hal yang sangat penting bagi Indonesia, paling tidak, lautan sangat mempengaruhi cara hidup kita. Tidak salah rasanya jika ada ungkapan "nenek moyang kita seorang pelaut".

Namun terkadang, pikiran liar sering membayangkan bagaimana jadinya jika sesuatu yang telah ada sekarang tidak pernah terjadi, dan yang terjadi malah sebaliknya.

Jika Indonesia tidak memiliki lautan, Negara mungkin tidak akan membutuhkan menteri perikanan karena memang tidak ada laut, jadi tidak ada ikan yang harus di kelola. Kalaupun jika indonesia berbatasan dengan laut maka mungkin urusan kelautan dan perikanan akan di tangani oleh menteri pertanian. Bagaimana dengan kebutuhan ikan untuk konsumsi rakyat? Kebutuhan ikan kebanyakan akan di sokong oleh impor ikan laut. Dan sepertinya swadaya ikan air tawar akan di dukung penuh oleh pemerintah.

Musim hujan akan sedikit, dan akan lebih banyak musim kemarau. Bahkan hujan mungkin tidak akan merata mengguyur seluruh wilayah. Karena seperti yang kita tahu, hujan ada karena hasil dari penguapan air laut, jadi jika indonesia tidak memiliki laut, maka kemungkinan hujan akan mengguyur indonesia semakin kecil. Jika pun indonesia berbatasan dengan laut maka hujan akan terjadi hanya di daerah yang dekat dengan laut saja. Daerah yang berada di tengah akan sedikit terkena curah hujan, alias musim kemarau terjadi di daerah tengah indonesia, atau daerah yang tidak berbatasan dengan laut. Dan yang ane sayangkan, Indonesia bukan lagi jadi pemasok oksigen terbesar dunia setelah Amazon, Brazil.
Namun sisi baiknya, Jakarta akan aman dari banjir.

Ini yang ane suka. Keliling Indonesia jadi tidak perlu repot repot nyebrang pakai kapal fery lewat pelabuhan. Keliling Indonesia jadi bisa pakai motor atau mobil saja, jadi gampang dan tidak memakan waktu lama, dari lombok ane bisa ngebut sekitar dua jam ke bali.

Oleh karena luas indonesia jadi menyusut karena tidak ada lautan mungkin sebaran penduduk akan jadi lebih merata dari sabang sampai merauke. Kepadatan penduduk tidak akan bertumpuk di jawa. Ekonomi merata, pendidikan merata, kesejahteraan juga akan merata, tidak akan ada kesenjangan yang sangat jauh seperti yang ada sekarang.

Itulah menurut ane yang akan terjadi jika Indonesia tidak memiliki lautan. Kalau agan agan punya tambahan, silahkan tambahkan di kolom komentar.

Yah, pada akhirnya apapun bentuk dan keadaan nya Indonesia saat ini, patut kita tetap merasa bangga karena keunikan dan keberagaman yang kita miliki. emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)


Diubah oleh zamanku 07-06-2020 00:43
nona212
VolkswagenPutih
VolkswagenPutih dan nona212 memberi reputasi
2
1.2K
44
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.