• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Ternyata Ini Alasannya Kenapa Lampu Rem Kendaraan Berwarna Merah

salamsetirkiriAvatar border
TS
salamsetirkiri
Ternyata Ini Alasannya Kenapa Lampu Rem Kendaraan Berwarna Merah

Pernah gak Agan dan Sista kepikiran kenapa lampu rem kendaraan berwarna merah? Dan yang warna merah gak hanya lampu rem GanSis, tapi setiap lampu kendaraan yang posisinya di belakang selalu diberi warna, seperti reflector dan lampu kabut. Kenapa yah warna merah? Apa ngikutin warna trafik light yang kalau warna merah berarti harus berhenti?


Ternyata Agan dan Sista, setiap pabrikan menggunakan warna merah karena mengacu pada kesepakatan Konvensi Jenewa tentang Lalu Lintas pada 19 September 1949. Warna merah cendrung bisa direspon baik oleh mata, karena mata normal mampu menerima spektrum warna dengan panjang gelombang 400 hingga 700 nanometer. Sementara warna merah mempunyai panjang gelombang tertinggi 630 hingga 760 nanometer.

Simpelnya GanSis, walaupun warna merah gampang bias karena frekuensinya tinggi di mata manusia, tapi spektrum warna merah cendrung tidak berubah. Artinya jika warna merah dipantulkan ke material lain, entah itu benda padat ataupun cair, mata manusia tetap bisa mengenali warna tersebut.

World Driver Association dan Jalopnik juga menyatakan bahwa dalam keadaan hujan, kabut atau terdapat perbedaan suhu udara, warna merah tetap terlihat dari kejauhan ketimbang warna lain. Karena karakteristiknya ini, makanya warna merah digunakan. Penggunaan warna merah juga untuk alasan keselamatan pengendara, terutama penanda saat malam hari.

Jadi pemberian warna merah pada lampu rem bukan tanpa alasan GanSis, ada pertimbangannya dulu sebelum digunakan. Oleh karena itu jangan asal ganti warna lampu rem GanSis, takutnya ntar malah ngebahayain orang lain.



lubeearsada
zaqli12
tien212700
tien212700 dan 72 lainnya memberi reputasi
73
7K
170
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.