mrdreofzhongwen
TS
mrdreofzhongwen
3: Nomor yang "Hilang" 11 Tahun Lalu
Paolo Maldini: Sang Pemilik dengan Satu Klub Sepanjang Hidupnya, Rossoneri for life!

 
Pekan lalu pada 11 tahun yang lalu, tepatnya pada 31 Mei 2009, dunia sepakbola harus “kehilangan” salah satu sosok terbesarnya yang memutuskan pensiun. Dia adalah pemain legenda Italia, Il Capitano tim Merah-Hitam Italia, AC Milan dan salah satu pemain langka yang hanya memperkuat satu klub di sepajang hidupnya.
 
Paolo Maldini adalah generasi kedua dinasti Maldini di AC Milan. Memulai debutnya di tim senior pada 20 Januari 1985, Maldini baru menjadi salah satu pilihan utama di musim berikutnya. Posisi awal yang diberikan oleh pelatih Nils Liedholm adalah bek kanan, namun kekuatan kedua kakinya yang sama hebat membuatnya digeser ke posisi ikoniknya yaitu bek kiri dan dberikan nomor 3 yang sebelumnya menjadi milik ayahnya, Cesare Maldini.


Maldini Dynasty
Sumber: Google 

Sepanjang 25 tahun karirnya, Maldini telah memenangkan segalanya bersama AC Milan, cuss agan lihat koleksi gelar Paolo:
-         7 gelar Serie A (yang pada masa Maldini bermain diakui sebagai liga terbaik di dunia)
-         1 Copa Italia
-         5 Supercopa Italia
-         5 Liga/Piala Champions
-         4 UEFA Super Cup
-         2 Intercontinenal Cup (zaman dulu belum ada Piala Dunia Antar Klub, cuma ada Interncontinental Cup yang mempertemukan juara Champions Cup/League Eropa dan juara Copa Libertadores Amerika Selatan)
-         1 Piala Dunia Antar Klub
 
Maldini juga menjadi sosok tak tergantikan di lini belakang Gli Azzuri, Italia. Sayangnya, Maldini gagal memenangkan trofi bersama dengan pasukan Azzuri. Timnas Itaia yang diperkuat Maldini hanya berhasil menjadi runner-up Piala Dunia 1994 (kalah dari Brazil) dan posisi ketiga Piala Dunia 1990, serta runner-up Piala Eropa 2000. Maldini pensiun dari timnas Italia di tahun 2002 setelah kekalahan menyakitkan dari tuan rumah, Korea Selatan berkat gol Oppa Ahn Jung Hwan di masa perpanjangan waktu. Timnas Italia sendiri baru berhasil menjadi juara dunia di edisi 2006.


Gli Azzurri 2002
Sumber: Google
 
Terlepas dari itu semua, Paolo Maldini adalah sosok yang disenangi kawan dan disegani lawan, gan! Walaupun tidak pernah didapuk sebagai Pemain Terbaik Dunia, Maldini adalah runner-up di beberapa edisi, dan duetnya di lini pertahanan Milan bersama Alessandro Nesta di lini pertahanan Milan pada era 2000-an membawa Milan menjadi tim dengan jumlah koleksi Juara Liga Champions terbanyak kedua setelah Real Madrid. Setelah Maldini pensiun, nomor punggung 3 yang selalu dipakai oleh dinasti Maldini pun kini “dipensiunkan dengan syarat”, yang artinya pada saat ini nomor punggung 3 “hilang” dari tim AC Milan.


Maldini-Nesta, Duet Bek Terbaik Italia
Sumber: Google
 
Satu-satunya cara bagi nomor 3 untuk kembali menghiasi line-up Milan adalah apabila ada Maldini berikutnya yang berhasil menembus tim utama AC Milan dan menginginkan nomor tersebut. Saat ini, Paolo Maldini memiliki dua anak yang aktif bermain sepak bola, dan salah satunya, Daniel Maldini, juga sudah berhasil beberapa kali mengisi bangku cadangan Rossoneri. Namun apakah Daniel mau memakai nomor 3? Inilah yang menjadi pertanyaan besar, karena dengan posisinya di gelandang menyerang, nomor punggung 3 yang identik dengan posisi defender pun menjadi pilihan yang aneh (saat ini nomor Daniel adalah 98 gan)... Mari kita lihat pilihan Daniel ke depannya...


Daniel Maldini - Anak Paolo dan Cucu Cesare
Sumber: Google

Di pertandingan terakhirnya di Serie A, Maldini dan Milan harus berhadapan dengan Fiorentina di Artemio Franchi. Paolo Maldini mengenakan jersey tim yang dicintainya sepenuh hati dan bermain sejak peluit pertama dibunyikan. Pada injury time babak ke-2, Don Carletto Ancelotti menarik Maldini keluar, dan standing ovation pun bergemuruh, mengiringi kepergian sang legenda, sang kapten, dan nomor 3 yang hilang...
 
And today, let us all give a long standing ovation for the glorious career of Il Capitano, Paolo Cesare Maldini. Salah satu bek legendaris terbaik sepanjang sejarah sepak bola!
 
Grazie Capitan!



 
Sumber:
Bola.net; wikipedia


onggrehHernandezJoetien212700
tien212700 dan 38 lainnya memberi reputasi
35
8.6K
101
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Soccer & Futsal Room
Soccer & Futsal Room
icon
5.5KThread8.4KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.