Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

XinHua.NewsAvatar border
TS
XinHua.News
Pemerintah Akan Libatkan China-Jepang di Proyek Kereta Cepat
Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berencana mengawinkan investasi Jepang dan China dalam proyek Kereta Cepat Bandung-Surabaya. Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan bahwa kerja sama tersebut bisa terealisasi lantaran sudah terjadi di beberapa negara, salah satunya Filipina.

"Di beberapa negara itu terjadi Jepang kerja sama dengan China untuk bikin keretanya, misalnya di Filipina," ucapnya via teleconference, Selasa (2/6).

Filipina memang memutuskan untuk menciptakan keseimbangan antara investasi China dan Jepang dalam proyek MindaRail, kereta api terpanjang di negara tersebut. Proyek di jalur utara atau Northrail diberikan kepada Jepang.


Sementara jalur Southrail diberikan untuk China.  Persis seperti yang akan dilakukan Filipina, rencananya rel Kereta Cepat Bandung-Surabaya akan dibangun via jalur selatan.


Proyek akan mengutamakan jalur selatan agar lebih menguntungkan secara investasi. "Ini yang sedang kami hitung-hitung, bagaimana supaya efisien. Supaya efisien jalurnya gemuk juga. Ya kan bisa nyambung tuh Jakarta-Bandung, Bandung- Surabaya kami carilah yang gemuk-gemuk supaya bisa ngangkut (banyak penumpang) sekalian," terangnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan dalam jangka panjang, jalur kereta cepat Jakarta-Bandung akan diteruskan sampai Surabaya lewat jalur selatan.

Budi mengatakan nantinya penyambungan itu bakal mengakomodasi kebutuhan transportasi penduduk di Jawa bagian selatan seperti Garut, Tasikmalaya, Purwokerto, Yogyakarta, hingga Solo.

"Kalau proyek kereta cepat Jakarta-Bandung ini sukses, maka sesuai rencana awal akan bisa berlanjut sampai Surabaya melalui jalur selatan Pulau Jawa," katanya saat meninjau kemajuan pembangunan proyek kereta api cepat Jakarta-Bandung di Rancaekek, Jawa Barat, Minggu (23/2) dikutip dari Antara
[url]https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20200602140211-92-508999/pemerintah-akan-libatkan-china-jepang-di-proyek-kereta-cepat [/url]

dilibatkan gan
Diubah oleh XinHua.News 02-06-2020 08:07
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1
802
5
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.