Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
419
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ed319b709b5ca312a0f9737/hancurnya-mimpi-habibie-pesawat-indonesia-disuntik-mati
Sebuah mimpi dari pemuda Indonesia untuk membuat pesawat memang dapat diwujudkan oleh Bapak BJ Habibie, dengan bangga mempersembahkan N-250 Gatot Kaca yang menari di udara.
Lapor Hansip
31-05-2020 09:43

Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati

Past Hot Thread
icon-verified-thread


Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati

Langit biru membentang dari sabang hingga merauke, terlihat burung besi banyak berkeliaran tapi tak satupun yang made in Indonesia. Kenapa?

Sebuah mimpi dari pemuda Indonesia untuk membuat pesawat memang dapat diwujudkan oleh Bapak BJ Habibie, dengan bangga mempersembahkan N-250 Gatot Kaca yang menari di udara.

Terkenang saat itu ketika Indonesia bangga dengan penerbangan perdana N-250 Gatotkaca di Lapangan Udara Husein Sastranegara. Suharto sebagai sosok dibelakang layar demi terciptanya industri besar di tanah air gembira dengan hasil yang dicapai Menteri Riset dan Teknologi sekaligus juga Direktur Utama Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) dialah sosok yang disukai banyak pemuda masa kini Bacharuddin Jusuf Habibie.

Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati

Masyarakat bangga, sorak sorai gembira pun terjadi ketika Indonesia ternyata mampu membuat pesawat terbang penumpang, dan ini adalah tulang punggung bagi industri pesawat kita dimasa depan.

Walau bahan baku komponen N-250 masih berasal dari luar negeri seperti dimana 39,73% berasal dari Amerika. Lalu dari Indonesia hanya sebesar 38,6%, sisanya berasal dari Prancis, Inggris, dan Jerman. Tapi kita tetap merasa bangga karena perakitan dari 0 hingga finishing dilakukan di Indonesia.

Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati

Hingga Indonesia terkena imbas krisis 1998, ekonomi hancur dengan imbasnya kerusuhan yang terjadi di Indonesia. Presiden Soeharto akhirnya meminjam uang dari International Monetary Fund (IMF). Dan syaratnya harus menghentikan proyek pesawat komersial N-250 yang dilakukan Indonesia.

Semua sudah tahu akhirnya IPTN seperti dibunuh oleh kepentingan hutang, ada yang tidak mau Indonesia mengembangkan pesawat komersial menengah dan kecil yang sangat diperlukan bagi negara dengan jenis kepulauan. Ada permainan yang dilakukan IMF, bahkan beliau memgatakan IPTN dibunuh IMF seperti yang dikatakan beliau sendiri,

Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati

Quote:

Habibie menganalogikan bahwa dimatikannya industri strategis Indonesia sama dengan membunuh anak sendiri. Apabila sang anak sakit, seharusnya disembuhkan hingga bangkit kembali,” tulis Weda S. Atma.



Nampaknya ada rekayasa besar ketika saat itu IPTN sedang mengembangkan pesawat N-2130. Bila ini dapat diwujudkan Indonesia tidak lagi ketergantungan untuk impor dari Airbus dan Boeing.

Ditengah badai corona ada hal yang menarik ketika Pemerintah kembali berhutang, lalu hal yang membuat orang bertanya-tanya ketika pengembangan pesawat menengah N-245 dan program industri pesawat R80 yang sebelumnya masuk dalam program proyek strategis nasional dihentikan.

Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati

Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati

Pemerintah fokus kepada pengembangan drone, yang dinilai lebih efisien dibandingkan pesawat komersial? Apa yang terjadi dibalik layar? Apakah elite global hanya mitos atau memang nyata?

Yang jelas saat ini mimpi Habibie telah disuntik mati oleh kepentingan pihak tertentu, masih adakah pemimpin yang dapat berjuang melawan orang-orang dibalik layar? Masih menunggu satrio piningit, atau sebenarnya melawan arus itu adalah hal yang sia-sia. Jadi nikmati saja hidup yang sekarang ini dengan lapang dada. Salam, saya c4punk see u next thread.

Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati




emoticon-I Love Indonesia

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2020
referensi : klik, klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati
Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati
Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati

GIF




Diubah oleh c4punk1950...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rotten7070 dan 115 lainnya memberi reputasi
112
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 10
Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati
01-06-2020 09:29
Perasaan kemarin ada dengar kampanye pendanaan R80
Merchadisenya dijual di salah satu e-commeece kalau gak salah emoticon-Bingung (S)
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati
01-06-2020 09:29
Ga penting lah pesawat mah,apa itu pesawat made in indonesia?ga bs indo bikin pesawat ga akan mampu..lbh penting ibu kota baru,beli boeing atau airbus,beli itu lbh gampang, ga pake mikir,ga paket riset mahal, ga makan banyak waktu,,aset bangsa ini triliunan ko masih bs buat gade utang dan buat belanja..gmn sih ts ini..
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati
01-06-2020 09:32
Orang cerdas Indonesia itu hanya sedikit. Di antaranya Eyang BJ Habibie yang kini sudah berpulang menghadap-Nya. emoticon-Turut Berduka
Diubah oleh dianasharma
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati
01-06-2020 09:32
Turut berduka atas hal ini, jadi ingat scene di filmnya yg diperanin Reza Rahadian yg nangis di hanggar tempat pesawatnya disimpan doang itu.

Hutang, hutang, hmm... kapan kelarnya biar bisa lihat kreativitas negeri sendiri terwujud.
profile-picture
profile-picture
black_robo dan c4punk1950... memberi reputasi
2 0
2
Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati
01-06-2020 09:32
R80 Lancar kan gan???udah ada yg booking

Semoga PT.DI dapat terus berinovasi dan dapat membanggakan indonesia emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati
01-06-2020 09:35
Gan, mo nanya. Kok pesawat rancangan pak habibie pake baling2 terbuka semua gitu ya ?? Kenapa gak pake model turbin aja ?? Ane gak paham soal pesawat. Cuman model kaya gitu bukannya agak jadul ya ?? emoticon-Bingung (S) emoticon-Bingung (S)
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati
01-06-2020 09:43
semoga terlaksana emoticon-Cendol (S)
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati
01-06-2020 09:46
Pilotnya ja pada banting stir jd ojol, aplg yg jualan pesawat..
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati
01-06-2020 09:51
mungkin masalah utamanya bisa bikin pesawat tapi susah jualnya 🤔
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati
01-06-2020 09:52
Pak Habibie ini ilmuwan. Jalan pikirnya engga kaya politisi. Pure berjuang buat Indonesia. Keren bgt menurut ane
profile-picture
profile-picture
profile-picture
black_robo dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati
01-06-2020 09:52
you know what,
this country is gotham city
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati
01-06-2020 09:55
Banyak mafianya, kalau kita bisa bikin sendiri... Para mafia kehilangan uang...
Padahal bangsa kita tak kalah cerdas, dan menurut ane pesawat Bj. Habibie ini keren loh
profile-picture
profile-picture
black_robo dan c4punk1950... memberi reputasi
2 0
2
Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati
01-06-2020 09:55
skrang anaknya ada tuh perintis bkin pesawat tpi kyaknya modalnya kurang dan cari investor sdangkan oemerintah fokus pada pt di
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati
01-06-2020 10:03
TS cari sensasi atau gimana ini? Kalo pernah nonton Mata Najwa ketika mengundang BJ Habibie, minimal ingat pernyataan beliau saat itu. "Kita mengalah, untuk MENANG". Dan itu yang dilakukan beliau ketika jadi presiden dahulu.

Udah tau kondisi lagi kayak gini sampe semua Pemda disuruh realokasi APBD mereka. Dan lagi, PT RAI itu swasta. Dapet modalnya lebih fleksibel ketimbang BUMN. Lanjutkan aja itu crowdfunding ampe dapet modal yang dibutuhkan.

Lama-lama ane bisa gak simpatik lagi nih sama TS kalo masih nulis kayak gini. Berharap cuan dengan bawa-bawa nama tokoh.
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati
01-06-2020 10:04
dari tulisan itu kesimpulannya adalah, BANYAK YANG GAK SUKA INDONESIA MAJU

TERMASUK ORANG INDONESIA SENDIRI

gak ada niat berdiri sendiri, mental kacung. ngikut sana sini.

wis lah, yg penting semoga kita lancar semua rejeki nya.
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus oleh KS06
Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati
01-06-2020 10:08
cintailah ploduk ploduk indonesia emoticon-Shutup
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati
01-06-2020 10:09
..miris...
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati
01-06-2020 10:10
Anr penasaran kalau ni pesawat bisa mendunia
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Hancurnya Mimpi Habibie Pesawat Indonesia Disuntik Mati
01-06-2020 10:10
korupsi sekarang makin canggih
mngkin di periode jokowi gak ketauan
tapi nanti di periode setelah jokowi, baru tuh ketauan sapa aja pejabat2 jokowi yg korupsi, karena udah beda presiden, jadi di sikat sikatin tuh yg dulu
ngelunasin hutang segede gaban gitu butuh kekompakan, betul itu, kompak menderita maksudnya, masalahnya banyak yg gak mau, kalo yg enak enak, boleh lah ajak2 gw, kalo yg gak enak, buat lu aja, gitu mental bangsa kita, trmasuk ane emoticon-Wakaka
sebenarnya hutang itu emang udah di kondisikan sejak awal seperti itu, bahwa kita harus tetap pnya hutang
asing pengen SDA kita, agar kita bisa di dikte, sengaja di kasi hutang gede, jadi asing bisa tetap leluasa keruk SDA kita (mendikte ini itu)
trus bangsa kita emang dasarnya pemalas, ogah mandiri, maunya consume aja terus, cocok lah
dunia pertanian dan perikanan kita gak maju maju, makanya mahasiswa males ambil jurusan kedua bidang itu, gak menguntungkan, toh semuanya import kok, jadi untuk apa capek2 belajar kalo akhirnya import juga? coba kalo pemerintah gak import hasil pertanian dan perikanan, dijamin kedua jurusan itu bakal laris manis di minati mahasiswa. yg bikin minat males itu karena kebijakan import pemerintah kita sendiri penyebabnya.
kenapa import walau kita sebenarnya bisa produksi sendiri? karena itu bagian dari syarat hutang juga. kita minjem sekian ribu trilyun sama asing, syaratnya industri pesawat habibie harus di suntik mati, syaratnya kita kudu import bahan ini dan itu, dll dll, asing juga gak bodo, mereka tau indo gak bakal bisa ngelunasin, makanya asing berusaha balik modal dgn cara lain, dgn cara memaksa indonesia utk import dari mereka, makanya indonesia udah skak mat sendiri karena berhutang. tidak ada makan siang gratis klo ngomongin ngutang.
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
Halaman 5 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia