Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

ยฉ 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

putrateratai.7Avatar border
TS
putrateratai.7
SUPREMASI MUTIARA HITAM DI TANAH PAPUA
INDONESIA MERDEKA, PAPUA JAYA
๐ŸŒ€ุจุณู… ุงู„ู„ู‘ู‡ ุงู„ุฑู‘ุญู…ู† ุงู„ุฑู‘ุญูŠู…๐ŸŒ€
๐ŸŒ€ุงุณู‘ู„ุงู… ุนู„ูŠฺฉู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‘ู‡ ูˆุจุฑฺฉุงุชู‡๐ŸŒ€


SUPREMASI MUTIARA HITAM DI TANAH PAPUA
Hai Gan Sist, ketemu lagi dengan treadh ane. Semoga tidak bosan ya?
emoticon-Ultah
Kali ini ane mau bahas Tentang Tanah Papua Gan Sist. Gan Sist penasaran? Langsung Chek it out saja!

Bicara Papua, maka di benak ane langsung ada Tambang Emas Freeport. Sungguh kaya betul Papua.

Betullah bila orang sana mendapatkan julukan "Mutiara Hitam", sebab orang pribumi Papua berkulit hitam. Ternyata bukan hanya itu saja Gan Sist.

Menurut ane istilah mutiara itu sungguh berkelas, bagaimana cara mendapatkannya pun sulit, harus mencari kerang mutiaranya di kedalaman samudra. Barulah mutiara dalam kerang diolah hingga menjadi rupa butiran mutiara. Bagaimana dengan Mutiara Hitam?

Quote:


Ane pribadi masih meyakini, bahwa tanah Papua masih banyak menyimpan kekayaan lainnya, baik budaya peradaban ataupun kekayaan alam lainnya. Maka, alangkah baiknya kita harus menjaga tanah Papua bersama-sama dari gangguan orang asing Gan Sist.

Bahkan yang paling mencengangkan, ane benar-benar baru tau, kalau di tanah papua pecahan mata uang Rp 2.000 itu tidak laku. Terkenal dengan barang bahan baku yang mahal juga, adanya jumlah nominal uang yang tidak laku di beberapa daerah di Papua.
SUPREMASI MUTIARA HITAM DI TANAH PAPUA

Gan Sist bisa bayangin, disana orang Papua ternyata lebih memilih Mie Instan dibanding uang. Harga Mie Instan disana mahal Gan Sist. Walaupun hanya Rp 5.000/bungkus, tapi belum tentu kita bisa langsung mendapatkannya di warung atau toko terdekat Gan Sist.

Sebut saja distrik itu bernama Okbab. Posisinya yang berada di tengah pulau Papua, yang juga dikelilingi oleh pegunungan tinggi juga menjadi alasan mendasar. Sehingga proses pembawaan uang ke beberapa daerah di Papua tidak semudah yang dibayangkan ya Gan/Sist. Sebab ada beberapa daerah pedalaman di Papua, yang jalurnya tidak semua bisa dilalui oleh kendaraan roda empat ataupun roda dua, seperti distrik Okbab tersebut Gan Sist.

Kini beberapa daerah di Papua pada umumnya sudah menjadi maju. Meski masih ada beberapa daerah yang tertinggal Gan Sist, dan itu juga yang masih menjadi pr bagi pemerintah. Papua sudah maju, tapi yang terpenting kekayaan alam di sana tetap terjaga Gan Sist. Pasti Gan Sist tau Raja Ampat kan? Yup, itulah salah satu kekayaan alam di tanah Papua.

Budaya di sana masih kental juga Gan Sist. Contohnya, tentang tarian Papua yang terkenal itu Gan Sist. Orang Papua yang sudah dewasa hingga lanjut usia, tidak ada yang tidak bisa menari, semua bisa menari Gan Sist. Anak kecil pun ada yang sudah bisa menari Gan Sist.

SUPREMASI MUTIARA HITAM DI TANAH PAPUA

Ada satu tarian yang dilakukan beramai-ramai selama satu hari satu malam, Gan Sist. Wah...! Tentunya, tarian tersebut sangat khusus ya Gan Sist. Dari sumber yang ane dapatkan, kemungkinan tarian tersebut bernama Tari Orok, dan orang yang melakukan tarian itu disebut Worok. Ditegaskan juga, bahwa Tari Orok adalah tarian yang nilainya tinggi dari tari tradisional lainnya Gan Sist.

Cukup sekian treadh dari ane kali ini. Ane akhiri dengan lafal
๐ŸŒ€ุงู„ุญู…ุฏู„ู„ู‘ู‡๐ŸŒ€
emoticon-2 Jempol

Semoga bisa menginspirasi dan memotivasi diri, bahwa kita ini kaya, dan berusaha sebaik mungkin memanfaatkan dan menjaga SDA sebagaimana mestinya ya Gan Sist.


Terimakasih sudah mampir di thread ane. Sampai jumpa di thread ane selanjutnya. Mohon maaf bila ada khilaf kata, baik yang disengaja atau tidak.
๐ŸŒ€ูˆุณู‘ู„ุงู… ุนู„ูŠฺฉู… ูˆุฑุญู…ุฉุงู„ู„ู‘ู‡ ูˆุจุฑฺฉุงุชู‡๐ŸŒ€
emoticon-Nyepi
30 Mei 2020


Sumber :
-bombastis
-bombastis
-johnherf.wordpress.com
-kebudayaan.kemdikbud.go.id
-Distrik Okbab
-Opini pribadi
Diubah oleh putrateratai.7 30-05-2020 02:14
InaSendry
dalledalminto
nona212
nona212 dan 12 lainnya memberi reputasi
13
1.5K
29
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThreadโ€ข84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
ยฉ 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.