sakti_makoAvatar border
TS
sakti_mako
Ditengah Pandemi Covid - 19, Ayo Pilih Mana Berdagang atau Korupsi?
Dalam situasi pandemi Covid - 19 ini , kita semua punya cara masing-masing untuk tetap bertahan secara finansial. Ya, banyak dari kita yang mencari tambahan finansial dengan cara berdagang atau menjual jasa kepada orang lain yang membutuhkan.

Tulisan ini saya sampaikan untuk berbagi pengalaman, bertukar pikiran untuk meredakan pemikiran kita yang mungkin sedang rumit bagaimana mencari jalan keluar untuk tetap bertahan secara finansial di tengah pandemi Covid - 19. Semoga kita bisa tercerahkan atas solusi dari hasil diskusi kita ini.

Coba kamu sejenak kontemplasi ke dalam diri, apa yang bisa kita lakukan untuk diri sendiri dan berdampak bagi orang lain juga secara finansial. Mungkin, kita bisa menjual jasa kita seperti jasa cuci mobil, katering, cuci pakaian, make-up, bimbingan belajar, influencer sosial media, kurir online, jasa curhat, gamers e-sport, dropshiper, penjahit masket kain atau lainnya yang penting tidak melanggar norma dan hukum di negara ini.

Kamu bisa saling berkolaborasi membangun usaha melaui sosial media dan marketplace. Dan pastikan kamu tidak mengawali usaha dengan berhutang. Tak apa jika memulai dengan apa yang ada.

Sekedar info, saya pernah berdagang gorengan di kantor hanya karena office boy di kantor curhat kepada saya karena dia ingin dapat penghasilan tambahan. Saya iyakan keinginannya dengan cara membeli lontong dan pastel yang dijual oleh tetangga saya. Saya bawa kue-kue itu ke kantor dan saya titipkan ke office boy itu. Tak disangka dagangan saya laris manis sampai berkembang jualan nasi hainan, mie goreng, gorengan. Itulah salah satu gambaran kita berkolaborasi berusaha untuk keluar dari kesulitan ekonomi.

Saya yakin semua ada jalan keluarnya. Ya selain berusaha kita juga mohon pada Tuhan semoga kita diberi kemudahan dalam mencari rejeki. Saya percaya bahwa kalau kita melakukan hal baik pasti akan diberi rejeki yang berlimpah , juga hati kita akan bersyukur terus.

Jangan sekali-kali mencoba untuk mencari jalan pintas dengan cara-cara yang zalim dalam mencari rejeki, jangan sekali-kali mencoba untuk korupsi dan melakukan hal-hal yang tidak baik saat kita mencari rejeki. Sebab, kita memiliki Tuhan yang menciptakan kita. Dialah sumber kekuatan kita dan pemberi rejeki kita.

Tetap Kuat, dan Sehat ya Masbro dan Mbasis..Kita sama-sama menghadapi Pandemi ini. 


 
0
217
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Heart to Heart
Heart to HeartKASKUS Official
21.6KThread27.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.