ertedoangAvatar border
TS
ertedoang
Ayam Cemani, Ayam dengan Aura Mistis Berharga Puluhan Juta


Gan sis, pernah dengar tentang  ayam cemani gak? Itu loh, ayam berwarna hitam legam dengan harga fantastis dan tidak masuk akal.

Ayam cemani adalah ayam langka dengan warna spesifik yang hitam kelam. Seluruh bulu di tubuhnya berwarna hitam, tak ada variasi warna-warni lainnya. Selain bulu, kulit dan daging ayam cemani juga hitam legam seperti bulunya.

Bahkan, dalam kasus yang lebih langka, lidah dan darah ayam ini konon juga berwarna hitam kelam.

Nah, dalam thread kali ini TS ingin membahas tentang fakta-fakta menarik tentang ayam cemani. Langsung aja cus:

Berbalut Mistis

Karena warnanya yang hitam di seluruh tubuhnya, ayam ini sering kali dikaitkan dengan hal-hal yang berbau mistis. Konon ayam ini sering digunakan sebagai persembahan dalam ritual-ritual kepercayaan tertentu.

Di beberapa wilayah, terutama yang masih sangat mempercayai takhayul, ayam cemani dianggap memiliki kekuatan supranatural. Tidak heran kadang ayamn ini dipelihara karena dianggap membawa keberuntungan bagi para pemiliknya. Karena itu, ayam ini diperlakukan istimewa dibanding ayam-ayam lainnya.

Bahkan, dalam kepercayaan Jawa Kuno, ayam cemani juga dianggap bisa menyembuhkan penyakit. Cerita ini berasal dari legenda Majapahit. Dalam legenda ini sendiri, nama ayam cemani berasal dari bahasa sankskerta yang berarti hitam legam.

Menurut legenda Jawa, ada tiga jenis ayam cemani. Ketiga jenis itu adalah widitra, warastratama, dan kaikayi. Setiap jenis ini memiliki ciri khas yang berbeda, baik dari bentuk sapuan bulu maupun tingkat kehitaman ayam itu sendiri. Masing-masing jenis cemani ini juga diyakini memiliki aura magis yang berbeda.

Harga yang luar biasa fantastis

Ayam cemani memiliki harga yang sangat mahal. Satu ekor ayam cemani bisa berharga jutaan bahkan puluhan juta. 



Sebagai contoh, ayam dewasa bisa dihargai 25 hingga 40 juta, seharga motor sport keluaran terbaru. Sementara anakan bisa berharga jutaan dan telurnya saja bisa dihargai puluhan ribu hingga ratusan ribu per butir.

Mengapa harga ayam cemani bisa sefantastis ini?

Konon karena jumlah ayam jenis ini sangat langka di dunia. Menurut sebuah penelitian, ayam cemani hanya berjumlah 3500 ekor di seluruh dunia. Jadi ya wajar harganya melonjak karena jumlah jenis ayam ini yang sangat terbatas.

Mutasi Gen

Kalau di atas kita sudah membahas soal mistisnya, rasanya tak adil kalau kita tak mebahas ayam ini dari sudut pandang ilmiah. 



Nah, menurut sains, ayam ini menjadi hitam seluruhnya adalah karena mutasi gen. Ayam cemani memiliki jumlah gen endhotelian-3 sepuluh kali lipat dibanding ayam biasa pada umumnya. Gen ini memproduksi lapisan epidermis di seluruh tubuh ayam cemani. Lapisan ini kemudian menghasilkan pigmen hitam dominan pada tubuh ayam ini.

Jadi, menurut sains, bulu dan tubuh yang hitam legam pada ayam cemani tak ada kaitannya sama sekali dengan ilmu hitam atau sejenisnya. Ini murni karena 'kelainan' gen yang terjadi pada ayam ini.

Nah, menurut gan sis sendiri bagaimana? TS sih lebih percaya sains daripada takhayul tentang ayam ini. Wkwkw.

Tapi kayaknya budidaya ayam ini menarik juga ya? Satu laku langsung bisa beli motor sport. Hehehe.

Ditunggu sundulannya ya gan. 

Ref: 1, 2
Foto: 1, 2, 3
rony25
caerbannogrbbt
nona212
nona212 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
2.4K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.