Sports
Batal
KATEGORI
link has been copied
113
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ec2fb8c82d4952c68535d52/7-macam-olahraga-bela-diri-asal-indonesia-sudah-ada-sejak-zaman-belanda
Olahraga bela diri merupakan salah satu olahraga yang digunakan untuk bertahan dan melakukan pembelaan diri terhadap ancaman yang datang dari luar atau orang lain. Pengertian bela diri secara umum adalah penggunaan berbagai macam metode yang dilakukan oleh manusia dengan tujuan untuk mempertahankan dirinya dari serangan musuh. Hal ini penting dilakukan jika Anda menghadapi situasi yang berbahaya.
Lapor Hansip
19-05-2020 04:18

7 Macam Olahraga Bela Diri Asal Indonesia, Sudah Ada Sejak Zaman Belanda

Past Hot Thread
7 Macam Olahraga Bela Diri Asal Indonesia, Sudah Ada Sejak Zaman Belanda

Olahraga bela diri merupakan salah satu olahraga yang digunakan untuk bertahan dan melakukan pembelaan diri terhadap ancaman yang datang dari luar atau orang lain. Pengertian bela diri secara umum adalah penggunaan berbagai macam metode yang dilakukan oleh manusia dengan tujuan untuk mempertahankan dirinya dari serangan musuh. Hal ini penting dilakukan jika Anda menghadapi situasi yang berbahaya, seperti misalnya perampokan, jambret, bullying atau hal negatif lain yang mengancam keselamatan Anda.

Olahraga bela diri merupakan olahraga yang cukup populer di dunia. Ada banyak jenis olahraga bela diri yang berasal dari berbagai negara. Namun tahukan Anda bahwa Indonesia juga memiliki olahraga bela diri? Tidak hanya pencak silat, namun masih ada banyak olahraga bela diri yang menjadi ciri khas di berbagai daerah di Indonesia. Berikut ulasan mengenai olahraga bela diri yang berasal dari Indonesia yang dilansir dari berbagai sumber:

1. Pencak Silat

7 Macam Olahraga Bela Diri Asal Indonesia, Sudah Ada Sejak Zaman Belanda

Pencak Silat adalah jenis olahraga bela diri asal Indonesia yang paling populer. Bela diri ini berasal dari budaya suku melayu dan berdiri sejak tahun 1550. Pencak Silat sangat dikenal dengan serangan dengan menggunakan teknik kekuatan dan kelincahan serta daya kecerdasan tubuh.

Pencak Silat merupakan ilmu bela diri yang juga digunakan dalam latihan bela negara. Bela diri ini ditakuti oleh negara lain karena terkenal dengan kekuatan batinnya yang sering dipertunjukkan dalam atraksi kekebalan tubuh. Oleh karena itu, pencak silat juga sering digunakan pada sistem pendidikan kepolisian dan kopassus atau TNI.

Tidak hanya di tanah air, namun Pencak Silat sudah ada di negara lain, lho. Organisasi resmi Persekutuan Pencak Silat Antar bangsa (PERSILAT) mencatat sudah ada 33 organisasi pencak silat yang tersebar di berbagai penjuru dunia. Pencak silat juga menjadi cabang olahraga resmi yang dipertandingkan dalam SEA Games. Kini, PERSILAT sedang mempromosikan pencak silat ke beberapa negara di lima benua dengan harapan ingin membuat pencak silat menjadi salah satu cabang olahraga dalam Olimpiade.

2. Silek Minangkabau

7 Macam Olahraga Bela Diri Asal Indonesia, Sudah Ada Sejak Zaman Belanda

Olahraga bela diri ini berasal dari Minangkabau. Masyarakat Minangkabau, Sumatera Barat, dikenal dengan kebiasaan merantau sejak ratusan tahun lalu. Untuk itu, mereka pun harus memiliki kemampuan dalam membela diri apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama merantau. Dari situlah Silek Minangkabau lahir.

Kata silek merupakan gerakan seni pertempuran yang dipergunakan untuk mempertahankan diri dari serangan musuh, sehingga gerakan-gerakan diupayakan sesedikit mungkin, cepat, tepat, dengan maksud melumpuhkan lawan.

Jenis olahraga bela diri ini sudah diwariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi. Silek Minangkabau ini bagi orang Minang merupakan jati diri yang melekat dalam keseharian mereka. Karena sifatnya untuk membela diri, maka ada aturan dalam silek untuk tidak menyerang bagian berbahaya dari tubuh lawan. Olahraga bela diri ini juga mengandung makna, bahwa mereka yang menguasai silek dengan baik pasti memiliki kesabaran yang tinggi karena untuk mempelajari bela diri ini sangat tidak mudah.

3. Bakti Negara

7 Macam Olahraga Bela Diri Asal Indonesia, Sudah Ada Sejak Zaman Belanda

Di Bali ada sebuah aliran perguruan pencak silat yang disebut dengan Bakti Negara. Bakti Negara merupakan olahraga bela diri yang berpedoman pada ajaran Hindu Dharma masyarakat Bali, yakni Tri Hita Karana. Olahraga bela diri ini lahir pada 31 Januari 1955 karena datangnya penjajah Belanda saat itu yang ingin berkuasa. Bakti Negara ini didirikan di Banjar Kaliungu Kaja, Denpasar, Bali.

Digagas dan didirikan oleh empat mantan pejuang kemerdekaan Indonesia, yaitu Anak Agung Rai Tokir, I Bagus Made Rai Keplag, Anak Agung Meranggi, Sri Empu Dwi Tantra, dan Ida Bagus Oka Dewangkara. Sebelum bernama Bakti Negara, seni bela diri ini memiliki berbagai nama di Indonesia sebelum tahun 1948.

Di Bali misalnya, tetua Bali menyebut Tengklung. Sedangkan di Jawa Tengah bernama Pencak, di Jawa Barat disebut Mainpo, dan di daerah Sumatera disebut Silek. Pada masa-masa penjajahan, bela diri diajarkan sebagai sebuah kamuflase dalam bentuk kesenian, karena Belanda mewaspadai pencak silat dapat menumbuhkan rasa nasionalisme yang dapat menentang dan mengancam keberadaan Belanda.


4. Tarung Derajat

7 Macam Olahraga Bela Diri Asal Indonesia, Sudah Ada Sejak Zaman Belanda

Sama seperti pencak silat, Tarung Derajat juga menjadi olahraga bela diri asal Indonesia yang secara resmi dipertandingkan dalam ajang SEA Games sejak tahun 2013 lalu. Tarung derajat merupakan olahraga bela diri yang menggunakan kontak seluruh badan dan pengembangan tekniknya dilakukan melalui pengalaman pendirinya, Achmad Derajat, dari pertarungan di jalanan Bandung pada tahun 1960-an.

Tarung Drajat pertama kali diciptakan oleh Achmad Drajad pada tahun 1960an di Bandung. Teknik olahraga bela diri ini ia kembangkan dari pengalamannya bertarung di jalanan. Teknik bela dirinya menggunakan full body contact alias menggunakan anggota tubuh secara penuh.

Tahun 1998, Tarung Derajat resmi menjadi olahraga nasional dan digunakan untuk pelatihan dasar TNI Angkatan Darat. Olahraga bela diri ini menekankan pada serangan agresif dalam memukul dan menendang, serta berbagai teknik bantingan, kuncian dan sapuan kaki. Bela diri ini kini juga telah menjadi cabang olahraga di Sea Games 2013.

5. Merpati Putih

7 Macam Olahraga Bela Diri Asal Indonesia, Sudah Ada Sejak Zaman Belanda

Merpati Putih merupakan salah satu perguruan silat di Indonesia yang mengajarkan anggotanya seni bela diri tangan kosong. Merpati Putih konon telah berkembang sejak sekitar tahun 1550-an dan disebut sebagai salah satu ilmu bela diri yang termasuk kategori budaya tanah air Indonesia.

Nama Merpati Putih ini sebenarnya merupakan sebuah singkatan dalam bahasa Jawa yaitu Mersudi Patitising Tindak Pusakane Titising Hening yang artinya mencari sampai mendapat kebenaran dengan ketenangan. Dari namanya diharapkan anggota Merpati Putih bisa menyelaraskan hati serta pikirannya dalam setiap tindakan. Bila beberapa ilmu bela diri mengedepankan kelincahan penggunaan senjata, Merpati Putih lebih mengasah kemampuan tenaga dalam manusia dengan teknik olah pernafasan.

Selain menjadi anggota PERSILAT, Merpati Putih juga tergabung dalam Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) dan Martial ArtsFederation for World Peace (MAFWP).

6. Cimande

7 Macam Olahraga Bela Diri Asal Indonesia, Sudah Ada Sejak Zaman Belanda

Cimande adalah jenis olahraga bela diri yang pertama kali diciptakan oleh seorang Kyai bernama Mbah Kahir. Olahraga bela diri ini sudah dikenal di Indonesia sejak tahun 1760-an.
Cimande ini dekenal dengan beberapa jurus yang mematikan dalam memperkenalkan aktraksi dan dalam pertarungan sengit di beberapa daerah karena dianggap sebagai pencak silat yang mematikan.

Bela diri Cimande ini juga merupakan jenis pencak silat yang paling disegani dari perguruan pencak silat yang lainnya.

7. Perisai Diri

7 Macam Olahraga Bela Diri Asal Indonesia, Sudah Ada Sejak Zaman Belanda

Perisai Diri adalah salah satu organisasi olahraga bela diri yang menjadi anggota dari beberapa induk organisasi resmi pencak silat. Olahraga bela diri ini mendapatkan predikat sebagai bela diri yang banyak diminati oleh kalangan anak-anak dan orang dewasa.

Perisai Diri menjadi salah satu dari sepuluh perguruan silat yang mendapat predikat Perguruan Historis karena memiliki peran besar dalam sejarah terbentuknya Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI). Perisai Diri didirikan pada 2 Juli 1955 di Surabaya oleh RM Soebandiman Dirdjoatmodjo, putra bangsawan Keraton Paku Alam. Teknik silat yang ada pada Perisai Diri mengandung 156 aliran silat dari berbagai daerah di Indonesia serta aliran Shaolin dari Tiongkok. Para pesilat akan diajarkan teknik bela diri yang efektif dengan tangan kosong maupun senjata.

Dari 7 Seni Bela Diri Di Atas Yang Manakah Pernah Kalian pelajari...?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 69 lainnya memberi reputasi
64
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 5
7 Macam Olahraga Bela Diri Asal Indonesia, Sudah Ada Sejak Zaman Belanda
19-05-2020 04:22
hampir semuanya silat...
sayang tidak ada yg juara ufc dari beladiri asli indo...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dexvils dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
7 Macam Olahraga Bela Diri Asal Indonesia, Sudah Ada Sejak Zaman Belanda
19-05-2020 04:40
Ini sih cocoknya judulnya Jenis Silat yang ada di Nusantara..Beksi juga ada

Kalo di DPR juga jago Silat...Silat Lidah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jenggalasunyi dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
7 Macam Olahraga Bela Diri Asal Indonesia, Sudah Ada Sejak Zaman Belanda
19-05-2020 06:14
No.3 (1955), No.4 (1960) sm No.7 (1955). Judulnya :
--,....... Sudah Ada Sejak Zaman Belanda---

emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
enter.the.void dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
7 Macam Olahraga Bela Diri Asal Indonesia, Sudah Ada Sejak Zaman Belanda
19-05-2020 07:03
Waaah... Ada Perisai Diri...
emoticon-Matabelo
7 Macam Olahraga Bela Diri Asal Indonesia, Sudah Ada Sejak Zaman Belanda
0 0
0
7 Macam Olahraga Bela Diri Asal Indonesia, Sudah Ada Sejak Zaman Belanda
19-05-2020 07:59
Pantes untuk rebut kemerdekaan butuh waktu lama, wong cuma ngandelin silat buat lawan penjajah, jelas lebih efektif pistol milik kompeni dibanding jurus dengkul silat-silat itu. emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
a.dirnt dan 4 lainnya memberi reputasi
2 3
-1
7 Macam Olahraga Bela Diri Asal Indonesia, Sudah Ada Sejak Zaman Belanda
19-05-2020 10:35
waaah banyak ya ternyata, ane taunya cuma pencak silat sama merpati putih
0 0
0
7 Macam Olahraga Bela Diri Asal Indonesia, Sudah Ada Sejak Zaman Belanda
19-05-2020 10:55
7 Macam Olahraga Bela Diri Asal Indonesia, Sudah Ada Sejak Zaman Belanda
0 0
0
7 Macam Olahraga Bela Diri Asal Indonesia, Sudah Ada Sejak Zaman Belanda
19-05-2020 11:01
Kayaknya gak jauh-jauh dari ilmu gaib, smoga ane salah emoticon-Big Grin
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
7 Macam Olahraga Bela Diri Asal Indonesia, Sudah Ada Sejak Zaman Belanda
19-05-2020 11:14
Tarung derajat emoticon-Wow
0 0
0
7 Macam Olahraga Bela Diri Asal Indonesia, Sudah Ada Sejak Zaman Belanda
19-05-2020 12:10
Dari jaman kakek ane dulu ikut silat, gak lepas dari ilmu kanuragan atau ilmu kekebalan lainnya, kalo skrng ane ga tau masih dipake atau engga.
0 0
0
7 Macam Olahraga Bela Diri Asal Indonesia, Sudah Ada Sejak Zaman Belanda
19-05-2020 12:16
Favorit ane Tarung drajat, sayang kemarin gak serius latihan. emoticon-Hammer (S)
profile-picture
profile-picture
jangan.lupa dan introvertpsycho memberi reputasi
2 0
2
7 Macam Olahraga Bela Diri Asal Indonesia, Sudah Ada Sejak Zaman Belanda
19-05-2020 12:46
belajar silat itu bagus, lestarikan budaya, tapi jangan dipakai untuk jadi preman ya.
0 0
0
7 Macam Olahraga Bela Diri Asal Indonesia, Sudah Ada Sejak Zaman Belanda
19-05-2020 13:00
Waduh... banyak macam yah...
Jujur sih gw gak pernah satu pun ikut bela diri,
Gak hobi brantem sumpah... Cinta damai emoticon-Shakehand2
Kebetulan mertua gw salah satu grandmaster Pencak Silat..
Emang kadang nama nya "bela diri" tp kadang beberapa orang memanfaatkan & kadang jd arogan emoticon-Turut Berduka

emoticon-Cape d...
0 0
0
7 Macam Olahraga Bela Diri Asal Indonesia, Sudah Ada Sejak Zaman Belanda
19-05-2020 13:35
Pencak silat
0 0
0
7 Macam Olahraga Bela Diri Asal Indonesia, Sudah Ada Sejak Zaman Belanda
19-05-2020 13:43
ini makanya iket sarungnya yg bener, kedodoran deh

7 Macam Olahraga Bela Diri Asal Indonesia, Sudah Ada Sejak Zaman Belanda
profile-picture
profile-picture
fachri15 dan Tonozz memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
7 Macam Olahraga Bela Diri Asal Indonesia, Sudah Ada Sejak Zaman Belanda
20-05-2020 09:00
nais trit gan
0 0
0
7 Macam Olahraga Bela Diri Asal Indonesia, Sudah Ada Sejak Zaman Belanda
20-05-2020 09:01
mantap gan treatnya
0 0
0
7 Macam Olahraga Bela Diri Asal Indonesia, Sudah Ada Sejak Zaman Belanda
20-05-2020 09:01
7 Macam Olahraga Bela Diri Asal Indonesia, Sudah Ada Sejak Zaman Belanda

Ini asli indo ga? emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jenggalasunyi dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
7 Macam Olahraga Bela Diri Asal Indonesia, Sudah Ada Sejak Zaman Belanda
20-05-2020 09:01
yg utama berdoa,harus berpikir tenang intinya...
0 0
0
7 Macam Olahraga Bela Diri Asal Indonesia, Sudah Ada Sejak Zaman Belanda
20-05-2020 09:02
Ane cuma pernah dengar pencak silat dan tarung derajat aja selama ini...๐Ÿ™„๐Ÿ™„
0 0
0
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia