Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Ada yang Pernah Membuat Pesawat Kertas Ini? Fix, Masa Kecil Kalian Bahagia Gan-Sist

DeYudi69Avatar border
TS
DeYudi69
Ada yang Pernah Membuat Pesawat Kertas Ini? Fix, Masa Kecil Kalian Bahagia Gan-Sist

Kaskus DeYudi69 -Kenangan masa kecil yang indah itu nggak melulu harus dihubungkan dengan berbagai macam mainan mewah yang dibeli dengan harga mahal.

Nggak harus bepergian ke taman bermain dengan menaiki roller coaster, atau pun ke pasar malam lalu menaiki wahana biang lala.

Setelah dewasa ane sangat merindukan masa masa-masa kecil ane Gan-Sis, masa dimana nggak banyak beban pikiran dan tanggung jawab yang harus dipikul, setiap hari cuma bermain dan belajar.

Padahal dulu waktu kecil ane ngebet banget biar cepet dewasa, supaya nggak dimarahin melulu sama Emak kalau bangun kesiangan atau karena malamnya malah asyik nonton TV sampai lupa ngerjain PR. Setelah dewasa ternyata kenyataannya nggak sesuai ekpektasi ane. Dunia kerja dan lingkungan sosial itu terkadang lebih pedas dari pada sambel tomat buatan Emak ane.

Mengenang kembali masa lalu, baik di rumah maupun di sekolah, terutama sewaktu masih duduk di bangku Sekolah Dasar, ane rasa kebanyakan kegiatan ane cuma bermain wkwkwk.

Saat bel jam istirahat berbunyi misalnya, ane bersama teman-teman langsung berhamburan menuju kantin sekolah, setelah itu ane bermain berkelompok.

Dan senanngnya pada masa itu, apa pun bisa jadi mainan, yang cewe bermain lompat tali yang disusun dari karet gelang, kalau yang cowok kaya ane kalo nggak main bola bedut yang dibuat dari kertas buku tulis, pasti bermain pesawat kertas yang juga dibuat dari kertas buku tulis.

Maka dari itu ane ingin mengenang kembali pesawat kertas menyerupai burung yang dulu sering ane buat lewat thread ini.

Ada yang Pernah Membuat Pesawat Kertas Ini? Fix, Masa Kecil Kalian Bahagia Gan-Sist

Bahan dan alat yang dibutuhkan hanya kerta buku tulis yang dirobek pada bagian tengahnya dan sebuah penggaris, kemudian kertas itu dibagi menjadi dua bagian menggunakan penggaris, sehingga kita mendapatkan selembar kertas saja seperti gambar di bawah ini.
Quote:

Lipat kesamping salah satu ujung kertas seperti ini, lakukan juga ke arah sebaliknya, sehingga terbentuk sebuah pola, seperti pada gambar berikut.
Quote:

Setelah pola terbentuk, kita lipat lagi kertas mengikuti pola yang terbentuk sampai membentuk segitiga pada salah satu sisi kertas seperti gambar di bawah ini, bagian ini yang selanjutnya kita lipat lagi sehingga membentuk seperti kepala burung.
Quote:

Membuat Bentuk Kepala Burung

Lipat kertas seperti langkah-langkah pada gambar di bawah ini.
Quote:

Setelah terbentuk seperti gambar terakhir pada gambar di atas, sekarang kita lipat menjadi dua bagian agar tercipta garis pada bagian tengahnya seperti gambar di bawah ini.
Quote:

Dan langkah terakhir yang harus kita lakukan adalah membentuk bagian ekor dari pesawat burung dengan melipatnya seperti gambar di bawah ini dan merobeknya sehingga menyerupai ekor burung.
Quote:

Hasil akhirnya seperti gambar di bawah ini, dan siap untuk dimainkan. Cara memainkannya cukup dengan memegang bagian kepala dari pesawat mainan dan melemparnya ke udara.
Quote:

Video Cara Membuat Pesawat Kertas
Spoiler for Video Cara Membuat Pesawat Kertas:


Mungkin ada dari Gan-Sis yang sudah pernah membuatanya, bagi yang belum pernah membuatnya, selamat mencoba ya. Hanya dengan memainkan mainan yang dibuat sendiri dengan bahan yang mudah di dapat seperti ini saja, masa kecil ane dulu sudah sangat bebahagia. Kalian juga boleh berbagi cerita pada kolom komentar, maianan apa yang pernah kalian buat sendiri di masa kecil bahagia kalian. Sampai jumpa lagi di thread ane selanjutnya ya. Thank You.

Baca Juga: 6 Tanaman Bernilai Ekonomi yang Dapat Gan-Sis Budidayakan pada Lahan Sempit

Baca Juga : Warning!!! Jangan Biarkan 4 Sifat Buruk Ini Menguasaimu!

Penulis : DeYudi69


Sumber referensi tulisan : opini pribadi
Sumber Gambar : dokumen pribadi
Diubah oleh DeYudi69 14-06-2020 13:55
blackrosest
kadeksatia
artana99
artana99 dan 23 lainnya memberi reputasi
22
4.4K
63
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.