afx98Avatar border
TS
afx98
Hewan Yang Mulai Jarang Terlihat Di sawah 
Hallu para penghuni jagat kaskus kembali lagi bersama ane
emoticon-Betty
Quote:

Sawah merupakan ekosistem buatan yang telah tercipta oleh tindakan manusia. Pada dasarnya sawah merupakan dataran yang permukaan tanahnya rata dan terdapat pematang, dengan tujuan dapat ditanami dengan tanaman pangan.

Selain tanaman pangan, rerumputan juga ikut tumbuh dalam ekosistem tersebut, akan tetapi menjadi gulma bagi tanaman. Hewan-hewan juga ambil bagian dalam meraikan ekosistem tersebut. Mulai dari serangga hingga beberapa jenis burung.

Semakin berkembangnya zaman, ekosistem sawah tidak menunjukkan adanya staknansi, dengan perlahan mulai menunjukkan perubahan. Dari mulai tanaman hingga hewan-hewan yang menghuninya. Tak jarang karena perubahan tersebut ada beberapa hewan yang dulu sangat mudah ditemukan, kini sekarang menjadi sulit untuk ditemukan.

Maka dari itu dengan sengaja ane merangkum beberapa hewan mulai jarang terlihat di sawahdemi mengisi kegabutan ane selama pandemi ini. Tak usah berlama-lama yuk cekidot
:

Garangan
Quote:

Garangan merupakan hewan sejenis musang, ciri fisik yang menonjol adalalah bulunya yang berwarna coklat kemerahan agak buluk. Menurut ane sekarang udah jarang keliatan, biasanya dulu sering ketemu tuh pas siang bolong sliweran dipinggir jalan. Tapi entah kenapa jadi jarang keliatan. Apa memang jumlahnya jadi sedikit apa musang asli nokturnal ya ?


Gemak
Quote:

Gemak merupakan sejenis burung kecil dengan tubuh gempal sedikit memanjang dan dapat terbang. Gemak biasanya berwarna coklat agak cerah. Kalau dulu biasanya siang pun gampang muncul, tapi entah sekarang kok jadi jarang keliatan. Keseringan sih ane ketemunya pas malem. Apa gemak juga nokturnal ya ?


Ular
Quote:

Ini juga udah jarang kelihatan disawah, dulu pas ane masih kecil sering ketemu liangnya. Tapi entah sekarang jarang banget keliatan, mungkin udah tergusur karena ulah manusia, mungkin.


Lele
Quote:

Ini nih dulu pas masih bocah yang ane cari’in kalau pas diajak kesawah. Dulu disawah padi masih bisa tuh nemu ikan lele, biasanya nemunya sembunyi dilubang-lubang tanah, tapi sekarang udah jarang. Terakhir nemu sekitaran dua bulan lalu pas kagak sengaja iseng-iseng ngorek-ngorek lubang di sawah bekas tanam padi.


Sekian trit gajetod kali ini
Moga bermanfaat, klo kagak ya... Yaudah

Ciayo






Sumber: Opini TS








yogidn90
luthfitrikusuma
nona212
nona212 dan 93 lainnya memberi reputasi
94
8.9K
318
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.