• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Kisah Urban Legend Edward Mordrake,Sosok Two Faces Dari Inggris Di Abad 19

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Kisah Urban Legend Edward Mordrake,Sosok Two Faces Dari Inggris Di Abad 19
Edward Mordrake adalah urband legend yang terkenal di abad ke-19,diceritakan ia adalah seorang pewaris gelar bangsawan keturunan Inggris.Namun malang,dia terlahir tidak sempurna gan sist.



Dalam judul tulisan,ane menulisnya Two Faces,bagi penggemar Bataman sudah tidak asing dengan istilah Two Faces ?.Ia merupakan sosok musuh Batman yang mempunyai dua wajah berbeda,sosok Edward juga serupa dengan Two Faces tersebut gan sist,juga memiliki dua wajah.Tapi wajah yang dimiliki Edward,tepat berada dibelakang kepalanya emoticon-Takut (S)





Sumber



Bisa dibilang Edward Mordake adalah Two Faces in real life,wajah asli Edward sebenarnya sama dengan wajah orang normal.Memiliki hidung,mata,dan mulut.Sementara wajah yang menempel tepat dibelakang kepalanya juga memiliki mata,hidung,dan mulut sama seperti wajah orang lain.Namun wajah dibelakang kepalanya ini tidak bisa bicara gan sist emoticon-Takut (S)



Ada hal menakutkan dari sosok wajah yang menempel dibelakang kepalanya,diceritakan bahwa wajah di belakang kepalanya tidak dapat melihat,makan,atau berbicara dengan keras.Tetapi wajah itu akan "mengejek saat Mordake bahagia" dan "tersenyum saat Mordake menangis".Wajah itu juga membisikkan hal aneh,seperti apa yang akan terjadi di neraka kelak.Hal ini mengganggu hidup Mordrake gan sist,sempat pergi ke dokter untuk melepaskan wajah yang menempel itu.Namun banyak dokter yang tidak bisa menyanggupinya.



Awal Beredarnya Kisah Edward Mordrake


Kisah Mordrake yang pertama diketahui,ditemukan dalam artikel Boston Post tahun 1895 ditulis oleh Charles Lotin Hildreth.Seorang penulis fiksi,artikel itu menggambarkan sejumlah kasus yang disebut Hildreth sebagai "manusia aneh".Diantaranya adalah wanita yang memiliki ekor ikan, seorang pria dengan tubuh laba-laba,pria setengah kepiting,dan Edward Mordrake dengan kembaran wajah iblisnya.













Karya Fiksi Hildreth gan sist emoticon-Big Grin

Sumber




Sosok Edward Mordrake sendiri masih menjadi perdebatan gan sist,banyak orang yang meragukan kisah urband legend ini.Hildreth mengklaim menemukan kasus ini dalam laporan lama "Royal Scientific Society".Tidak jelas apakah orang-orang yang disebutkan dalam tulisannya benar adanya,mengingat latar belakangnya yang seorang penulis fiksi.Bisa jadi kisah itu hanya karangan belaka.Banyak yang berpendapat bahwa artikel Hildreth tidak nyata,dan mungkin diterbitkan surat kabar hanya untuk meningkatkan antusias pembaca saja.




Analisis Wajah Iblis Mordrake


Ensiklopedia medis Anomalies and Curiosities of Medicine1896,ditulis Dr. George M. Gould dan Dr. David L. Pyle.Keduanya mengumpulkan jenis kasus medis aneh,termasuk kasus Mordrake.Hal itu disalin dari artikel Hildreth.Namun tulisan itu diarahkan ke "sumber awam",bukan artikel Hildreth.




Ensiklopedia itu menggambarkan kondisi Mordrake,tapi tidak memberikan diagnosis medis untuk sebuah kelainan bentuk yang langka.Kelainan yang dimaksud merupakan bentuk dari craniopagus parasiticus (kembar parasit kepala dengan tubuh tidak berkembang yang melekat pada kepala).Bentuk wajahnya kemungkian kelainan dari Penderita sindorm diprosopus,dimana orang itu memiliki fitur wajah tambahan.
Seperti memiliki dua hidung atau tiga telinga.Hal ini terjadi karena embrio yang berkembang saat masih janin tidak sempurna gan sist,biasanya penderita kelainan ini akan meninggal saat dilahirkan.Tapi Edward Mordrake mampu bertahan sampai dewasa.




Karya seni yang dibuat mirip mumi Edward Mordrake emoticon-Bingung (S)

Sumber



Dikutip dari Anomalies and Curiosities of Medicine,artikelnya pernah menceritakan bahwa salah satu kelainan manusia paling aneh adalah kisah Edward Mordrake.Sebagai pewaris salah satu bangsawan termulia di Inggris. Namun dia tidak pernah mengklaim gelar tersebut.Mordrake sendiri diceritakan hidup dalam pengasingan total,menolak kunjungan orang bahkan dari anggota keluarganya sendiri.



Tapi gan sist di belakang kepalanya ada wajah lain,diceritakan dalam artikel ini juga.Wajah ke dua Mordrake adalah seorang gadis,tapi terlihat mengerikan seperti iblis.Wajah wanita itu layaknya sebuah topeng,hanya menempel disebagian kecil dari tengkorak belakang kepalanya.



Wajah itu terlihat tersenyum saat Mordake menangis.Sementara matanya akan mengikuti gerakan seseorang yang memandangnya, dan bibirnya akan mengoceh tanpa henti.Selain itu saat akan tidur,Edward merasa wajah ke duanya selalu mengajakya untuk berbicara.Membuat dia ketakutan dan tidak bisa tidur,Edward menjuluki wajah itu dengan nama Devil Twin (Kembaran Iblis).




Ilistrasi Two Faces atau disebut juga Twin Devil Milik Hildreth gan sist

Sumber




Sayangnya,Edward Mordrake memutuskan bunuh diri saat usianya ke-23 tahun gan sist.Mungkin ia frustasi akan kelainannya,sayang dimasa itu ilmu kedokteran belum berkembamg seperti sekarang emoticon-Berduka (S)
Dia juga menulis sebuah surat pada keluarganya,bahwa Edward meminta wajah dibelakang kepalanya dihilangkan,agar tidak membisikinya sewaktu dialam sana nanti emoticon-Takut (S)



Gould dan Pyle tidak menyebutkan dimana mereka mendapat kisah itu dan hanya mengatakan itu "berasal dari sumber awam",serta tidak ada referensi awal untuk kisah Mordrake yang telah ditemukan.Membuat sosok Two Faces ini diragukan keberadaannya gan sist emoticon-Bingung (S)




Asal-Usul Foto


FYI gan sist foto dalam ilustrasi tulisan ane ini,bukanlah foto asli dari Edward Mordake.Foto berwarna hitam putih yang diduga memperlihatkan Mordrake dan "saudara iblisnya" itu,telah muncul di internet sejak tahun 2007.




Replika lilin Edward Mordrake di Jerman

Sumber




Tampilannya terlihat seperti foto lama, gambar tersebut menunjukkan resolusi dan kejelasan yang lebih besar daripada apa yang biasanya terlihat dalam reproduksi fotografi era Victoria Pertengahan hingga Akhir.Foto hitam putih di atas,adalah foto replika lilin yang dibuat oleh seniman untuk menunjukkan seperti apa sosok Edward Mordrake di Museum Lilin Panoptikum, Hamburg,Jerman.



Edward Mordake Adalah Sosok Fiksi ?


Dalam kasus Mordrake,kembar siam adalah identik secara genetis, sehingga mereka selalu dari jenis kelamin yang sama.Berbeda dengan Mordrake yang memiliki kembaran perempuan.Sejarawan sains,Alex Boese telah menelusuri beberapa artikel tersebut,menelusuri kata demi kata,dal artikel surat kabar yang ditulis pada tahun 1895 oleh Charles Lotin Hildreth.



Boese menunjukkan bahwa,tidak pernah disebutkan kisah itu terdapat di sumber sebelumnya.
Meskipun ditulis sebagai nonfiksi (berdasarkan kenyataan),artikel itu sebenarnya adalah karya fiksi dalam kebohongan ilmiah lainnya pada waktu itu,seperti kebohongan (life-on-the-moon) 1835 dan kebohongan Raksasa Cardiff 1869.Artikel Hildreth dibaca seperti non-fiksi, dan tentu saja disajikan kepada pembaca seperti itu.





Sumber



Sayangnya gan sist dokter Gould dan Pyle ternyata mengira tulisan Hildreth itu adalah kisah nyata dari kasus medis lama emoticon-Hammer (S).Mereka tidak hanya mengangkat kisah Mordake dari situ,selain itu mereka juga mengambil cerita lelaki bermata empat Crickalde.Mengulangi kata demi kata pada cerita itu dan menuliskannya dalam buku mereka (sekali lagi,tanpa memberi kredit pada Hildreth)



Hildreth bukan hanya seorang penulis fiksi seperti cerpen dan novel,dia juga seorang penyair.
Dia pernah menulis novel tentang perjalanan seorang anak laki-laki ke pedalaman Australia,anak itu menemukan bahwa peradaban putih asal-usul Yunani kuno berkembang di kalangan orang-orang liar, The Mysterious City of Oo.





Sumber[/SIZE]


Cerpen yang sering ditulisnya bamyak dimuat di surat kabar, dan di antaranya digambarkan pada masanya sebagai fiksi ilmiah.
Berdasarkan hal itu Alex Boese juga menyimpulkan bahwa Edward Mordrake adalah sosok ciptaan Charles Lotin Hildreth yang tidak pernah benar-benar nyata dan ada emoticon-Cape d... (S) Foto beserta alat bukti lain mengenai Edward Mordrake sendiri sangat minim,sehingga banyak ahli yang berspekulasi.Bahwa sosoknya tidak pernah ada dikehidupan nyata emoticon-Bingung (S)



Namun urband legend ini begitu viral pada masanya gan sist,dan sampai sekarang masih banyak menarik perhatian banyak orang Termasuk TS sendiri,hal ini juga sempat dibahas dlam acaar Ameeican Horror Story beberapa tahun lalu.Membuat kisah urbam legend ini menjadi viral kembali,entah nyata atau fiksi.Sosok Two Faces dari Inggris masih menjadi misteri sejarah dunia yang tak terungkap,kalau menurut gan sist.Apakah Edward Mordrake ini nyata atau hanya karangan fiksi semata ? emoticon-Bingung (S)



Sumber: opini dan pemikiran pribadi
Referensi: Sini,dan sini,sini juga
Ilustrasi: google image
Diubah oleh si.matamalaikat 14-05-2020 13:58
aditmaukemana
eddiesangadjie
nona212
nona212 dan 160 lainnya memberi reputasi
161
9.8K
149
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.