Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fizu22Avatar border
TS
fizu22
20 Anime yang mendidik, cocok menemani ketika Kelen #DirumahAja
‼️Perhatian❕Long Thread
dan spoiler bertebaran ‼️


Anime atau animasi buatan Jepang tidak hanya untuk hiburan semata, banyak dari anime-anime buatan negeri sakura itu memiliki nilai tambahan seperti nilai edukasi. Berikut ini fizu22 telah merangkum beberapa anime yang bisa kalian tonton untuk menambah wawasan pengetahuan kalian.

1. Hataraku Saibou



Anime yang merupakan antropomorfikasi sel-sel dalam tubuh manusia ini adalah adaptasi dari manga yang ditulis dan diilustrasikan oleh Akane Shimizu. Manganya telah diserialisasikan di majalah shōnen Kodansha yang bernama Monthly Shōnen Sirius sejak Maret 2015.

Anime yang pertama kali tayang pada Juli 2018 ini dibuat oleh David Production dengan season pertamanya yang berjumlah 13 ini memiliki genre Biology in fiction dan Komedi.

2. Dr Stone



Anime yang diproduksi oleh studio TMS Entertainment dan tayang perdana pada 5 Juli 2019 serta memiliki jumlah episode 24 (23 min/eps) ini adalah adaptasi dari manga yang dikarang Riichiro Inagaki dan Ilustrator Boichi.

Spoiler for Sinopsis Dr Stone:

3. Murenase Seton Gakuen



Anime yang dibuat di Gokumi Studio ini memiliki genre School dan Comedy, tayang perdana pada 7 Januari 2020 yang lalu. Episode animenya adalah 12.

Spoiler for Sinopsis Murenase Seton Gakuen:


4. Detective Conan



Animasi yang diangkat dari manga buatan Aoyama Gosho ini adalah anime yang bergenre utama misteri. Anime ini sendiri menceritakan detective hebat Shinichi Kudo yang mengecil tubuhnya karena APTX4869 yang dicekoki orang tak dikenal ketika kencan bersama kekasihnya.

Anime ini penonton dibawa untuk berpikir logis dan kritis dalam memecahkan kasus kasus yang sangat sulit dan tidak terduga. Selain itu Anime ini sendiri mengajarkan banyak pengetahuan bagi penontonnya seperti ilmu fisika, geologi, kimia, hingga sejarah.

Baca juga:

Olahraga Voli, Sepakbola dan senam dalam 1 waktu? Emang bisa? Bisa dong

Apa jadinya jika Hoki yang kita kenal digabungkan dengan permainan lain?

5. Shokugeki no Souma



Anime tentang masak memasak yang menurut fizu22 lebih baik ditonton setelah Buka puasa, bukan hanya karena menjelaskan tentang makanan saja, tapi juga karena suara suara yang menganggu (You know lah), (Genre: Ecchi, Shounen, School).

Anime Jepang yang diadaptasi dari manga berjudul sama karya Yūto Tsukuda dan Shun Saeki. Diproduksi oleh J.C.Staff, anime ini pertama kali diumumkan pada bulan Oktober 2014 oleh Shueisha

Spoiler for Spoiler SNS:

6. Emiya-san Chi no Kyou no Gohan



Cerita spin-off dari seri Fate/Stay Night yang tayang sejak 31 Desember 2017 hingga 1 Januari 2019 ini dikerjakan oleh studio ufotable dengan genre Slice of life dan Komedi.

Cerita ini fokus ke makanan aja, nggak aneh aneh kayak Shokugeki no Souma kok.

Spoiler for Emiya-san Chi no Kyou no Gohan:

7. Shigatsu wa Kimi no Uso



Anime shonen yang diadaptasi dari manga yang dikarang oleh Naoshi Arakawa, terbit di Monthly Shōnen Magazine sejak April 2011 hingga Februari 2015. Genrenya sendiri adalah Roman, Drama, Musik.

Arima Kousei seorang pianis berbakat yang memenangkan kompetisi dan seluruh anak mengenalnya. Namun setelah meninggal yang merupakan gurunya juga, mentalnya hancur saat dia sedang bermain di mana yang menyebabkan dia tak bisa mendengar suara pianonya lagi sambil dia mendengarnya dengan sempurna. Tiga tahun telah berlalu dan Kousei belum berhasil pianonya sama sekali, dia memandang dunia seperti monoton yang tanpa warna sama sekali. Dia memutuskan kehidupannya bersama ikut Tsubaki dan Watari, sampai suatu hari, seorang gadis mengubah segalanya. Miyazono Kaori seorang gadis cantik dan violinis ceria, yang berbanding terbalik sekali dengan sifatnya. Kaori membantu Kousei kembali ke dunia musik dan menunjukkan pada Kousei jika dunia itu lebih bebas dan indah dari yang dia lihat.

8. Hyouka



Anime bergenre misteri yang tayang perdana pada 2013 ini mengisahkan seorang Oreki Houtarou. Anak yang pandai tapi mempunyai sifat malas. Ia tergabung dalam klub sastra klasik. Di sana Oreki membantu temannya menemukan jawaban atas pertanyaan sekaligus memecahkan misteri yang ada di sekolah.

Walaupun tema utamanya adalah misteri, anime ini juga menjelaskan istilah sastra umum dan sastra Jepang pada umumnya. Tidak hanya itu saja, budaya, kebiasaan, dan juga sejarah negara Jepang bisa kalian temui di dalamnya. Dengan nonton anime ini, kalian akan berpikir kritis, memainkan logika, mendapatkan pengetahuan sastra, budaya, kebiasaan, dan sastra Jepang.

Baca juga:

Akun YouTube peserta liga 1 2020

Starting XI Persipura Jayapura yang menjuarai liga 2005 Dan Nasibnya Kini



9. Uchuu Kyoudai



Anime komedi ini yang pertama kali tayang pada 2012 ini mengisahkan tentang Mutta dan Hibito Nanba. Ketika masih kecil, dua bersaudara ini bercita-cita menjadi astronot, dan menjelajahi luar angkasa. Namun,  Mutta melupakan cita-citanya. Sementara Hibito, terus berjuang untuk menjadi seorang astronot. Unsur petualangan dan motivasi menjadi topik utama dari anime ini, tetapi para penonton diajak untuk mengetahui tentang antariksa dan juga karir di bidang astronot.

10. Moyashimon



Anime yang menjadikan mikroba sebagai tema utama ini tayang perdana pada 2007 dengan toko utamanya yakni Tadayasu. Tadayasu adalah seorang mahasiswa baru jurusan Agrikultur yang mampu berkomunikasi dengan mikroba. Di anime ini, kalian sebagai penonton diajak untuk mengetahui tentang mikroba, salah satu pengetahuan yang kalian bisa ambil yakni proses fermentasi.

11. Gin no saji



Anime yang menceritakan tokoh utama yang seorang pelajar sekolah tingkat tinggi jurusan Agrikultur di Hokkaido bernama Hachiken. Rutinitas Hachiken sendiri adalah bertani dan beternak, sebagai penonton kita diajak untuk mengetahui bagaimana berternak dan bertani.

12. Ookami to koushinryou



Anime yang tayang pada 2008 ini menceritakan Kraft Lawrence seorang pedagang keliling yang bercita cita memiliki toko. Ia selalu menempuh perjalanan dan akhirnya sampailah ia bertemu dengan Dewi kesuburan yang berwujud setengah serigala.

Kesepakatan diantara Dewi kesuburan dan Kraft membawa mereka bertualang bersama. Yang dalam petualangannya Kraft dinasehati oleh Dewi kesuburan yang membuat pendapatan Kraft semakin bertambah, sehingga cita-citanya mempunyai toko semakin nyata.

Anime fantasi ini memberikan penjelasan kepada kita sebagai penonton untuk mengetahui trik-trik bisnis sederhana.

13. Shirobako



Anime bergenre komedi yang tayang perdana pada 2014 ini berkisah tentang lima orang sahabat yang merantau ke Tokyo untuk bekerja di Industri anime. Di Tokyo, mereka harus berhadapan berbagai masalah yang ditangani dengan kelucuan. Dibalik kelucuannya, kita bisa mengetahui banyak pengetahuan mengenai industri anime di Jepang. Anime ini cocok banget buat penonton yang menginginkan bekerja di industri anime.

14. Bakuman



Anime yang telah memiliki 3 season dan 1 live actionnya ini adalah buatan mangaka Tsugumi Ohba yang juga membuat manga death note. Anime ini sendiri menceritakan tentang dua murid sekolah bernama Akito Takagi dan Moritaka Mashiro yang bercita-cita menjadi mangaka terkenal.

Bakuman akan memberikan pengetahuan lengkap seputar manga dan anime. Mulai dari jenis pensil yang harus digunakan, teknik menggambar, sampai cara membuat cerita manga yang baik. Anime ini juga memperlihatkan betapa kerasnya kehidupan dunia ini. Selain mengajarkan cara membuat manga, Bakuman juga menunjukan arti dari sebuah perjuangan cinta. 

15. Rike ga koi



Rike ga koi adalah anime yang diadaptasi dari manga dengan judul Rikei ga Koi ni Ochita no de Shoumei Shitemita. Anime yang dirilis 1 Februari 2019 ini menceritakan tentang dua peneliti merasionalkan cinta yang kadang-kadang tak ada logika.

16. Yuru Camp

GIF

Anime yang menceritakan tentang kemping ini adalah animasi adaptasi dari manga yang dikarang oleh Afro dan diterbitkan oleh Houbunsha. Musim pertama dari anime ini tayang pada Januari 2018 sampai Maret 2018 dengan total 12 episode dengan 3 Ova. Setelah suksesnya musim pertama, Musim kedua dari anime ini baru mulai tayang pada 6 Januari 2020 ini dan diperkirakan berisi 12 Episode.

17. Osake wa Fuufu ni Natt to kara



Animasi komedi dari suami istri terdekat Jepang ini tayang pada Oktober sampai Desember 2017 dengan setiap episodenya berisi 3 menit dengan menceritakan tentang membuat alkohol di setiap episodenya.

Animasi ini sendiri menceritakan seorang asisten manajer cantik dan baik yang bernama Chisato Misuzawa, walaupun demikian, dia memiliki rahasia yang hanya diketahui oleh suaminya, rahasia itu adalah dia menyukai Alkohol, ketika dia mabuk Alkohol, dia bisa berubah menjadi sangat lucu. Oleh karena itu, dia hanya berani meminum alkohol didepan suaminya saja.

18. Sora no Manimani



Anime yang diadaptasi dari Manga yang ditulis dan diilustrasikan oleh Mami Kashiwabara. Manga ini diserialisasi antara edisi November 2005 dan September 2011 majalah manga Bulanan Sorean Kodansha, dan dikumpulkan menjadi 10 volume.

Cerita ini berawal dari seorang anak yang punya ketertarikan atau hobi terhadap astronomi bernama Mihoshi Akeno kemudian dia mengajak teman laki-lakinya bernama Saku Ooyagi yang lebih senang membaca buku di kamarnya yang diterangi cahaya buatan. Pada akhirnya Mihoshi mengajakSaku bermain ketika langit sangat cerah di suatu malam sehingga waktu yang baik untuk melakukan pengamatan. Mihoshi pun nekat memanjat pohon untuk mengambil bintang yang ada di langit, sampai pada akhirnya dahan tempat dia berpijak akhirnya patah. kecelakaan pun tidak bisa dihindari.

Sekian lama setelah kecelakaan tersebut, akhirnya Saku kembali ke kampung halamannya setelah tujuh tahun pindah ke kota lain kemudian akhirnya memutuskan untuk menetap di kota kelahirannya melanjutkan belajar dijenjang SMA kemudian memutuskan untuk bergabung dengan klub astronomi yang terancam dibubarkan.

19. Koisuru Asteroid



Animasi yang diadaptasi dari manga 4-panel dengan judul yang sama karangan Quro ini sudah terbit 3 volume di Jepang dan diterbitkan oleh Houbunsha dari majalah bulanan Manga Time Kirara Charat.

Animasi yang disutradarai oleh Daisuke Hiramaki di studio animasi Doga Kobo, anime ini memiliki opening berjudul "Aruite Ikou!" Oleh Nao Touyama.

Anime berjumlah 13 episode ini menceritakan tentang Mira yang sangat berminat dengan Astronomi dan ketika ia sudah SMA dia masuk grup ekskul Geosains yang berisi dua ekskul yakni Astronomi dan Geologi.

Kalian bisa lihat dalam salah satu episodenya saat ekskul Geosains jalan-jalan ke JAXA Tsukuba Space Center. Selain itu, turut dihadirkan pula Ishigakijima Astronomical Observatory, tempat observasi untuk meneliti objek langit.

Anime ini bekerja sama dengan JAXA atau badan antariksa milik Jepang loh...

20. Element Hunters



Bagaimana jika unsur-unsur pembangun bumi lenyap? Dematerilisasu oksigen, karbon, emas dan kobalt menyebabkan populasi manusia menurun drastis hingga 90%. Masalahnya, hanya sejumlah anak berusia 13 tahun yang mampu menyelamatkan hal berat seperti ini.

Oh iya, kalau Kelen susah menghapalkan tabel periodik dan sibuk membuat jembatan keledai, lebih baik tonton anime ini.

21. Hetalia



Bayangkan jika negara di dunia menjadi lelaki dengan berbagai sifat yang menarik. Dengan latar belakang perang dunia I dan II, Kelen akan dipertemukan Jerman yang terlihat kaku namun pemalu dan Jepang yang pendiam dan aneh serta Italia sang pencinta pasta yang kikuk. Btw negaranya, negara fasis semua ya?

Baca juga:

[Tebak-tebakan] menemani ketika #StayAtHome

Ngabuburit #DirumahAja ditemani Animasi sepakbola Indonesia

Apa jadinya jika sejarah yang awalnya rumit dibuat lucu sedemikian rupa itu?

Itulah 21 anime yang mendidik dan cocok untuk Kelen ketika #DirumahAja. Menurut kalian mana yang paling seru? Menurut fizu22 sih Detective Conan karena paling lengkap.

Kalau kalian ada tambahan coret coret aja dibawah.....
Diubah oleh fizu22 25-01-2021 04:10
mamaproduktif
red.wangyi
nona212
nona212 dan 34 lainnya memberi reputasi
35
14K
46
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Anime & Manga Haven
Anime & Manga HavenKASKUS Official
6.6KThread8.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.