Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

anna1812Avatar border
TS
anna1812
Deretan Buah yang 'Menjamur' Saat Ramadhan
Deretan Buah yang 'Menjamur' Saat Ramadhan

Banyak jenis makanan yang menjamur saat bulan Ramadhan tiba. Mulai dari kuliner yang menggugah selera sampai berbagai jenis minuman yang membuat dahaga di tenggorokan luruh walau hanya melihat. Yang terakhir hoax ya, karena nyatanya dahaga hanya bisa dihilangkan dengan mengonsumsi air atau buah yang mengandung banyak air.

Tak dapat dipungkiri apabila bulan Ramadhan juga tidak jauh-jauh dari yang namanya buah. Agan dan Sista pasti juga tahu jika buah adalah salah satu sumber vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Apalagi di saat menjalankan ibadah puasa. Vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya, berperan penting dalam proses pertumbuhan dan metabolisne tubuh. Apabila kurang dalam mengonsumsi buah, tubuh akan merasa lemas karena daya tahan tubuh berkurang.

Spoiler for daya tahan tubuh melemah:

sumber gambar

Mengonsumsi vitamin dan mineral dapat menangkal radikal bebas di tubuh yang bisa menjadi sumber penyakit. Vitamin dan mineral juga membantu pelepasan neurotransmitter. Neurotransmitter diperlukan untuk mengirim perintah dari otak. Jika kekurangan vitamin dan mineral, maka perintah dari otak akan sulit dilakukan.

Ada banyak cara mengonsumsi buah. Selain dimakan secara langsung, buah juga bisa digunakan sebagai bahan utama atau campuran berbagai minuman menyegarkan.

Spoiler for buah-buahan segar:

sumber gambar

Banyak minuman yang bahan utamanya adalah buah segar, baik di saat Ramadhan atau di luar Ramadhan. Pada thread kali ini, ane akan membahas buah apa saja yang kerap muncul di kota ane saat Ramadhan tiba. Mungkin hampir sama dengan yang ada di kota Agan dan Sista, ya. Penasaran apa saja? Simak, yuk!

1. Blewah

Buah ini merupakan bahan utama sebuah minuman yang sudah lama ada di kota ane, yaitu es blewah. Akan tetapi, menjelang Ramadhan, keberadaannya menjadi lebih eksis sebab dicari banyak orang untuk membuat minuman segar pelepas dahaga. Kesegarannya sudah tidak diragukan lagi apabila sudah berpadu dengan cairan gula, santan, susu, dan es batu.

Spoiler for buah blewah:

sumber gambar


2. Timun suri

Ini juga salah satu buah yang sering dicari orang saat Ramadhan. Buah yang berwarna kuning terang ini, mengandung cukup banyak air seperti layaknya ketimun yang biasa buat lalapan atau yang biasa untuk membuat acar. Ane pernah memakai timun suri untuk membuat es buah. Hanya bermodal sirup dan gula pasir serta es batu, sudah mengubah buah ini menjadi segelas minuman yang segar.

Spoiler for timun suri:

sumber gambar


3. Kolang kaling

Buah bertekstur kenyal ini biasa digunakan sebagai campuran dalam es buah, kolak atau bahan utama dalam pembuatan manisan. Supaya lebih menarik, bisa dikasih pewarna makanan merah. Kalau ane, buah ini lebih sering sebagai campuran kolak pisang. Rasanya kurang lengkap jika membuat kolak tanpa buah kecil berwarna putih ini, GanSis.

Spoiler for kolang kaling:

sumber gambar


4. Labu kuning

Buah ini kalau orang Cilacap bilang namanya waluh. Dulu ane sering menemukan dalam nasi kenduri yang dibungkus bersama kacang tanah rebus, singkong, dan ketela rambat rebus. Pala pendem kalo orang tua bilang. Seiring berjalannya waktu, ane sering menemui buah berwarna kuning ini dibuat takjil bernama kolak labu kuning. Rasanya yang 'buket', membuat cita rasa kolak menjadi lebih legit. GanSis penasaran rasanya? Coba saja, deh, pasti ketagihan.

Spoiler for labu kuning:

sumber gambar


5. Kurma

Buah kecil manis ini adalah buah yang dianjurkan oleh Rosulullah untuk dikonsumsi saat berbuka. Ane masih ingat waktu kecil dulu, guru agama ane bilang jika buah ini sangat manis dan hanya ada di Mekah. Anggapan itu terpatahkan setelah kurma banyak tersebar di wilayah Indonesia. Jenisnya pun bermacam-macam dengan harga yang bervarian.

Spoiler for buah kurma:

sumber gambar

Sebenarnya banyak buah lain yang menjamur saat Ramadhan tiba di kota ane. Namun, yang sering dicari orang sebagai bahan utama pembuatan takjil atau minuman adalah buah yang sudah ane subutkan di atas. Ane sendiri juga sering berburu buah-buah di atas, kecuali kurma. Buah kurma yang manis itu, justru tidak disukai oleh keluarga ane. Mungkin karena rasanya yang terlalu manis dan lengket.

Pembahasan mengenai buah sepertinya tidak akan ada habisnya. Sebab memang salah satu anugrah dari Allah itu memliki banyak sekali manfaat, terutama bagi manusia. Melalui kecerdasan yang dimiliki, buah bisa disulap menjadi makanan yang bervariasi.

Terima kasih ane ucapkan buat Agan dan Sista yang sudah mampir. Semoga apa yang ane tulis, ada manfaat yang bisa diambil. Jika GanSis mau berbagi cerita mengenai buah yang kerap muncul saat Ramadhan tiba, silakan di kolom komentar, ya.

Penulis : @anna1812
Referensi : opini pribadi plus di sini

emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2


suekethos
nona212
embunsuci
embunsuci dan 36 lainnya memberi reputasi
37
977
53
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cilacap
CilacapKASKUS Official
464Thread179Anggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.