• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Menteri Sri Mulyani Tolak Cetak Uang 600 T, Yuks Belajar Dampak Dan Alasannya

selamat1994Avatar border
TS
selamat1994
Menteri Sri Mulyani Tolak Cetak Uang 600 T, Yuks Belajar Dampak Dan Alasannya

Apa kabar agan dan sista yang cetar ruarrr biasa, Apakah hari ini agan & sista sehat semua???
Tetap jaga kesehatan ya gan soal nya bantuan dari pemerintah belum turun ni wkwkkw.

Baru baru ini kita ada berita baru ni gan dari emak kita siapa lagi kalau bukan ibu Sri Mulyani yang terhormat. Dari wawancara tersebut ibu Sri Mulyani menolak untuk mencetak uang 600 T yang di usulkan oleh beberapa anggota DPR kita. Ini sedikit kutipan wawancara nya gan.


Quote:


Pasti agan agan mulai pusing kan wkwkwk, ok gan jangan khawatir kita akan mulai membahas alasan mengapa suatu negara tidak mencetak uang dalam jumlah yang banyak. Mohon di simak dan dibaca sampai habis ya gan, agar menambah ilmu kita dalam dunia ekonomi.


Menurut penelitian bank dunia tahun 2015 ada 100 juta masyarakat indonesia berpenghasilan 330 ribu rupiah perbulan nya. Pertanyaan nya mengapa negara kita tidak mencetak uang sebanyak banyaknya untuk memberantas kemiskinan???

Intinya kita tidak bisa mencetak uang sebanyak banyaknya karena hal itu akan mengakibatkan kenaikan harga barang dan menurunkan nilai uang itu sendiri. ini lah yang sering disebut dengan INFLASI. Bagaimana hal itu bisa terjadi???

Pendek nya dalam sebuah pasar, banyaknya uang yang beredar dan jumlah barang yang dibutuhkan harus lah seimbang. Jika pemerintah mencatak teralu banyak uang maka kita akan mempunyai banyak uang, tentunya kemampuan kita dalam membeli suatu barang akan semakin tinggi. Akibatnya jumlah barang yang ingin kita beli berkurang dan jumlah harga nya pun ikut menyesuaikan. Hal tersebut tidak mengubah apa-apa kecuali menurunkan harga uang itu sendiri. Sehingga semakin lama uang tersebut tidak ada lagi harganya karena jumlah nya yang terlalu banyak.


Fakta unik nya cukup banyak negara di dunia ini yang terkena inflasi parah akibat terlalu banyak mencetak uang. Salah satu nya adalah negara Jerman. Saat Jerman kalah dalam perang dunia pertama dan harus membayar kerugian perang. Saking tidak berharganya disana uang dipakai untuk mainan, menyalakan api kompor hingga jadi penghias dinding di rumah. Kemudian selain itu ada negara Zimbabwa, dimana harga telur disana bisa mencapai angka 1.000.000.000 dolar zimbabwa ( 1 M ) sangat fantistis bukan??? Dan tidak ketinggalan ada juga negara Hungaria yang setelah Perang Dunia ke II memiliki uang dengan jumlah nominal 1.000.000.000.000.000.000.000. baca nya gimna ya gan wkwk. 1 miliar triliun kale wkwkw. Menjadikan nya sebagai Inflasi terparah sepanjang sejarah.

Nah dari sejarah negara tersebut kita dapat belajar bahayanya mencetak uang terlalu banyak gan. Karna hal itu akan merugikan kita sendiri.

Ok gan cukup sampai disini dulu ya gan penjelasan ane. Sekian thread dari ane semoga bermanfaat.
Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan, pakai masker dan cuci tangan sesudah melakukan aktivitas.
Terimakasih


Sumber
https://www.kompas.tv/amp/article/81...rp-600-triliun
Diubah oleh selamat1994 16-05-2020 01:10
swiitdebby
nona212
tien212700
tien212700 dan 31 lainnya memberi reputasi
32
1.9K
50
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.