Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Yogyakarta
  • Bosen Dengan Opor dan Ketupat! Hidangan Unik Ini Cocok di Hari Raya, Apa Pendapatmu?

dalledalmintoAvatar border
TS
dalledalminto
Bosen Dengan Opor dan Ketupat! Hidangan Unik Ini Cocok di Hari Raya, Apa Pendapatmu?

selerasa.com, republika.co.id

Assalamualaikum wr wb.

Pertama-tama ane ngucapin selamat menunaikan ibadah puasa bagi gansis yang ane cintai. Masih semangat puasa di tengah pandemi covid-19? Ane harap gansis selalu ceria menyambut Ramadan yang istimewa ini.

Kenapa istimewa? Ya, karena adanya wabah covid-19. Setiap warga dianjurkan untuk di rumah saja, yakni untuk memutuskan rantai penyebaran virus corona. Memang berat puasa cuma di rumah aja, seperti waktu nggak sore-sore. Iya, kan?!

Baiklah, untuk menemani gansis yang lagi gabut di rumah aja. Berikut ada beberapa menu makanan unik yang bisa gansis jadikan menu di bulan Ramadan, hari lebaran, pun keseharian kalian. Yuk, temukan keunikan dari nama makanan berikut:

1. Gado-gado

pinterest


Cocok banget nih untuk menu santap sahur. Banyak sayuran sehingga awet kenyang. Menurut ane, paket komplit, karbo dari lontong, protein dari telur.

2. Empek-empek.

pinterest


Gansis pasti tau makanan ini berasal. Empek-empek cocok di makan sepulang salat tarawih dari musala. Dengan kuah yang kecut, pedas, dan manis membuat lidah bergoyang. Seger.

3. Rica-rica

pinterest


Lauk ini tidak cocok untuk lauk santap sahur karena rasa pedasnya yang nendang di lidah. Kalau untuk menu buka, bolehlah. Tapi menurut ane, rica-rica cocok jadi hidangan saat Lebaran. Menu alternatif lain pengganti opor ayam. Apalagi kalau rica-rica bebek atau entok, dagingnya sedikit alot, dan pedasnya bikin gobyos.

4. Arem-arem.

cookpad.com

Mungkin berasal dari kata marem (basa jawa; puas). Dengan makan arem-arem perut berasa sudah 'marem', tidak berasa lapar. Arem-arem makanan berbahan nasi yang di dalamnya ada lauknya lalu bungkus daun pisang seperti lemper.

5. Agar-agar
cookpad.com

Makanan ini biasanya dijadikan hidangan penutup, bahasa kerennya adalah puding. Cara bikinnya pun mudah, tinggal beli sachetan bubuk agar-agar, dikasih air tiga gelas plus tiga sendok gula pasir lalu didihkan. Angkat kemudian dinginkan, jadi deh! Cocok buat hidangan lebaran.

6. Ongol-ongol

pinterest.com


Makanan ini rasanya manis, agak lembek kenyal-gitu karena terbuat dari tepung sagu atau hunkwe lalu ditaburi kelapa parut.

7. Otak-otak.

cookpad.com


Namanya unik, ya? Bisakah membuat pintar bila makan makanan ini? Bisa jadi. Karena makanan terbuat dari ikan tenggiri yang ditambah rempah. Cara masaknya bisa dikukus atau dibakar.

8. Bala-bala.

pinterest.com


Makanan ini dibuat dari tepung terigu dicampuri dengan kubis, wortel, loncang, sledri, dll. Kalau di daerahku namanya bakwan. Kenapa jadi bala-bala, ya? Mungkin karena bikinnya banyak kayak bala tentara, atau bala bantuan.

9. Untir-untir.
cookpad.com

Gansis pernah dengar nama makanan ini? Emang sesuai namanya sih, cara bikinnya diuntir-untir. Rasanya yang gurih, manis, dan renyah cocok dijadikan hidangan di hari lebaran.

10. Onde-onde

cookpad.com

Makanan ini berbentuk bulat sebesar bola pingpong yang bagian luarnya terdapat biji wijen. Camilan ini bagian luarnya terbuat dari beras ketan, dan bagian dalam atau isinya dari adonan kacang hijau yang rasanya manis, gurih.

Gimana Gansis, makanan apa saja yang pernah kalian dicicipi? Yang belum pernah dicoba, selamat berburu keunikan kuliner di atas. Btw, uniknya dimana sih, hayo ditebak, tulis di komen ya! Uniknya itu berada pada nama makanan terdiri dua kata pengulangan .
Sekian thread ane, semoga terhibur. Wassalamu 'alaikum wr. wb

Note: sumber tulisan opini pribadi
Diubah oleh dalledalminto 01-08-2020 13:58
sarkaje
delia.adel
nona212
nona212 dan 56 lainnya memberi reputasi
57
1.6K
65
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Yogyakarta
YogyakartaKASKUS Official
3.5KThread1.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.