Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Cilacap
  • 6 Kuliner Khas Ramadhan, Agan Sudah Cobain yang Mana?

anna1812Avatar border
TS
anna1812
6 Kuliner Khas Ramadhan, Agan Sudah Cobain yang Mana?
6 Kuliner Khas Ramadhan, Agan Sudah Cobain yang Mana?

Setiap daerah pasti memiliki potensi tertentu yang patut untuk dikembangkan. Cilacap adalah salah satu kota yang terkenal akan wisata kulinernya. Mulai dari olahan ikan laut, sayur-sayuran hijau, kudapan hingga minuman segar.

Semua itu memiliki rasa juara dibanding kuliner daerah lain. Bagi yang sudah pernah berkunjung ke Cilacap, pasti akan dapat merasakan perbedaan cita rasa masakan warga Cilacap asli. Perpaduan bumbu-bumbu yang pas, menjadikan kuliner Cilacap terkenal dan jadi menu favorit masyarakatnya.

Spoiler for kuliner :

sumber gambar


Tidak hanya di hari-hari biasa, pada saat Ramadhan pun, kuliner khas Cilacap banyak diburu orang sebagai menu berbuka atau makan sahur.

Di bulan Ramadhan, tidak jarang orang yang lebih memilih membeli daripada memasak sendiri. Terlebih jika semua anggota keluarga berpuasa. Akan lebih praktis apabila memesan secara online saja.

Lalu kuliner apa saja yang sering dicari orang saat Ramadhan?

1. Brekecek pathak jahan

Menu ini adalah salah satu kuliner khas Cilacap yang paling terkenal dan sudah tersebar di beberapa wilayah sekitar kabupaten Cilacap, seperti Purwekerto, Purbalingga, Kebumen dan sekitarnya. Sajian kepala ikan dipadu bumbu-bumbu pilihan ini, akan cocok disantap saat berbuka atau sahur.

Spoiler for brekecek pathak jahan:

dokpri


2. Sop ayam dan iga sapi

Menu berkuah yang satu ini, menjadi kuliner yang banyak dicari, setelah seharian berpuasa. Kuah segar dengan paduan potongan wortel dan irisan daun bawang, adalah sajian yang pas disantap bersama nasi hangat dan sambal goreng terasi.

Spoiler for sop ayam:

sumber gambar

Spoiler for sop iga sapi:

sumber gambar


3. Sate

Meskipun orang cenderung mencari menu berkuah saat Ramadhan, tapi kuliner ini juga tidak kalah menarik, loh, GanSis. Potongan daging bakar dipandu bumbu kacang dan kecap manis, menjadikan sate sayang untuk dilewatkan.

Spoiler for sate:

sumber gambar


4. Olahan cumi

Namanya hasil laut, meski dimasak menjadi menu apa pun, akan selalu menjadi incaran para penggila seafood. Selain kandungan gizi yang sudah tidak diragukan lagi, seafood jenis ini juga mudah dalam pengolahannya. Di Cilacap, ada tempat makan khusus yang mengolah hasil laut. GanSis bisa langsung memilih sendiri seafood yang masih segar untuk diolah menjadi menu favorit. Namun, untuk sekarang ini, pemesann kuliner ini bisa dipesan secara online. Atau jika mau, GanSis bisa memasaknya sendiri di rumah.

Spoiler for cumi saos tiram:

sumber gambar

Spoiler for cumi asam manis:

sumber gambar


Spoiler for cumi goreng tepung:

sumber gambar


5. Capcay

Tidak hanya hasil lautnya saja yang menjadi menu andalan, tapi sayuran hijau pun demikian. Capcay adalah salah satu sajian yang cocok untuk berbuka atau santap sahur.

Spoiler for capcay:

sumber gambar


6. Cah kangkung

Menu sederhana ini juga tak kalah enak, loh, GanSis. Di beberapa tempat makan, bahkan menjadi menu andalan. Ane juga baru tahu setelah tahun lalu buka bersama beberapa teman. Maklumlah, ane tipe orang yang lebih suka masak sendiri di rumah daripada makan di luar. Jadi, baru tahu jika kangkung menjadi salah satu sajian andalan di beberapa tempat makan.

Spoiler for cah kangkung:

sumber gambar

Itulah beberapa kuliner yang menjadi andalan saat Ramadhan tiba, meski sebenarnya banyak menu lain yang cocok juga disantap saat buka dan sahur. Seperti ayam kecap, ayam goreng, brongkos dan lain lain.

Kalau menurut ane, menu yang sudah ane sebutkan di atas sebenarnya bisa diolah sendiri di rumah. Selain lebih irit, kebersihannya pun terjamin. Menunggu waktu berbuka puasa pun terasa cepat, sebab waktu yang ada digunakan untuk 'uprek' sendiri di dapur. Namun, setiap orang kan mempunyai cara tersendiri untuk tetap bisa menikmati sajian untuk berbuka atau sahur. Beberapa lebih memilih membeli dan sebagian lagi memilih untuk memasak sendiri. Apa pun itu, yang penting kita harus selalu bersyukur sebab masih bisa makan di tengah pandemi Covid-19 ini. Apalah artinya rezeki berlimpah jika tidak ada rasa syukur di dalamnya. Benar tidak, GanSis?

Okelah, kiranya hanya itu yang bisa ane tulis pada thread kali ini. Agan Sista boleh, kok berbagi menu berbuka dan sahur yang ada hits di kota GanSis. Buat yang sudah mampir tinggalkan jejak rate dan cendol, ane ucapkan terima kasih. Sampai jumpa di thread ane berikutnya.

Penulis : @anna1812
Referensi : opini pribadi

emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2




syafetri
nona212
embunsuci
embunsuci dan 28 lainnya memberi reputasi
29
662
28
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cilacap
CilacapKASKUS Official
467Thread179Anggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.