Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Cilacap
  • Tradisi Ramadhan di Cilacap, yang Kelestariannya Masih Terjaga Hingga Kini!

TaraAnggaraAvatar border
TS
TaraAnggara
Tradisi Ramadhan di Cilacap, yang Kelestariannya Masih Terjaga Hingga Kini!
Tradisi Ramadhan di Cilacap, yang Kelestariannya Masih Terjaga Hingga Kini!sumber gambar

Indonesia adalah negara luas dengan berbagai etnis, suku, budaya dan juga agama. Tidak heran negara kita ini memiliki banyak tradisi. Antara daerah satu dan daerah lainnya tentunya memiliki tradisi yang berbeda. Entah itu tradisi pernikahan, pemakaman, bahkan tradisi Ramadhan dan masih banyak lainnya.


Berbicara soal tradisi Ramadhan, masyarakat Cilacap mempunyai beberapa tradisi yang masih terjaga kelestariannya hingga saat ini. Tradisi tersebut diantaranya :


1. Nyekar atau ziarah

Tradisi Ramadhan di Cilacap, yang Kelestariannya Masih Terjaga Hingga Kini!sumber gambar

Nyekar adalah mengunjungi makam anggota keluarga untuk membersihkan kuburan mereka sekaligus mendoakan. Nyekar dilakukan sehari menjelang bulan suci Ramadhan tiba. Meski ritual ini dapat dilakukan kapan pun, tapi kesibukan seringkali kali menjadi alasan sehingga merasa enggan untuk melakukannya.

Namun entah mengapa saat bulan Ramadhan--sesibuk apapun--banyak masyarakat berusaha menyempatkan waktu untuk nyekar atau ziarah, tidak terkecuali masyarakat Cilacap. Tidak heran, momen ini sering dijadikan sebagai ajang silaturahmi dengan keluarga besar oleh masyarakat Cilacap.

2. Unggahan

Tradisi Ramadhan di Cilacap, yang Kelestariannya Masih Terjaga Hingga Kini!sumber gambar

Tradisi selanjutnya adalah Unggahan. Di beberapa daerah yang ada di Cilacap, unggahan memiliki tata cara berbeda.

Jika di tempat tinggal saya, unggahan adalah membawa nasi beserta lauknya ke masjid pada malam pertama Ramadhan untuk dimakan bersama para jama'ah tarawih.

Sementara bagi masyarakat Adipala, unggahan memiliki tata cara pelaksanaan yang lebih sakral. Tradisi ini dilaksanakan oleh masyarakat kejawen komunitas anak putu dan keturunan panembahan Bonokeling, Banyumas.

Unggahan di laksanakan minggu ke-3 bulan syaban. Tata cara pelaksanaannya, masyarakat harus berjalan kaki menuju makam Bonokeling dengan membawa ubo rampe yang nantinya akan dimakan bersama peziarah dari daerah lain.


3. Munjungi

Tradisi Ramadhan di Cilacap, yang Kelestariannya Masih Terjaga Hingga Kini!sumber gambar : dokpri

Munjungi adalah mengunjungi rumah orang tua atau keluarga yang lebih tua untuk memberi bingkisan lebaran. Bingkisan bisa berupa makanan seperti : sirup, gula, teh atau kopi, biskuit, dan masih banyak lainnya. Selain makanan bingkisan juga bisa berupa uang atau barang seperti pakaian dan sarung.

Munjungi adalah simbol rasa hormat dari para kawula muda kepada orang tua. Munjungi juga merupakan simbol atas rejeki yang dimiliki, dengan berbagai pada sanak keluarga.


4. Jiduran

Tradisi Ramadhan di Cilacap, yang Kelestariannya Masih Terjaga Hingga Kini!sumber gambar

Jiduran adalah menabuh bedug menjelang malam Ramadhan. Kegiatan ini biasanya dilakukan sore hari setelah solat ashar. Di daerah saya sendiri, jiduran juga dilakukan saat memasuki bulan Ramadhan hari ke 21, dan hari-hari ganjil seterusnya sampai bulan Ramadhan usai.



Itu dia 4 tradisi masyarakat Cilacap yang kelestariannya masih terjaga sampai sekarang. Bagaimana dengan daerah kalian, apakah juga memiliki tradisi Ramadhan seperti di daerah TS?

Sekian informasi seputar serba-serbi Ramadhan dari kota Cilacap. Silahkan kunjungi trit bertema Ramadhan lainnya milik TS, dan jangan lupa bagi cendolnya.

Wassalam








Cilacap, 15 Mei 2020
sumber
Diubah oleh TaraAnggara 15-05-2020 02:24
zafinsyurga
fatqurr
nona212
nona212 dan 12 lainnya memberi reputasi
13
668
12
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cilacap
CilacapKASKUS Official
468Thread179Anggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.