Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Cilacap
  • Dampak Virus Corona Bagi Pedagang Takjil di Kroya! Miris

TaraAnggaraAvatar border
TS
TaraAnggara
Dampak Virus Corona Bagi Pedagang Takjil di Kroya! Miris
Dampak Virus Corona Bagi Pedagang Takjil di Kroya! Mirissumber gambar : alun-alun Kroya



Ramadhan biasanya menjadi berkah tersendiri bagi para pedagang takjil. Di bulan ini pendapatan mereka akan mengalami kenaikan yang cukup signifikan, jika dibandingkan dengan bulan lainnya. Tidak terkecuali para pedagang takjil di Kroya.


Dampak Virus Corona Bagi Pedagang Takjil di Kroya! Mirissumber



Quote:




Tidak heran, Kroya menjadi salah satu kota yang ramai dilalui pemudik saat Ramadhan tiba sehingga banyak pedagang takjil yang meraup untung lebih jika dibandingkan bulan biasa. Namun kondisi tersebut berbanding terbalik sekarang.

Ramadhan tahun ini banyak pedagang takjil di Kroya--khusunya pedagang di jalan utama Kroya--yang mengeluhkan mengalami penurunan pemasukan.


Seorang pedagang kolang-kaling bernama Usman mengatakan jika di Ramadhan tahun-tahun sebelumnya ia bisa menjual kolang-kaling sampai 50 kilogram, kali ini ia hanya bisa menghabiskan dagangannya sekitar 10 kilogram saja. Sangat miris bukan? Bahkan penjualannya tidak sampai setengah peesennya dari Ramadhan tahun-tahun sebelumnya.

Dampak Virus Corona Bagi Pedagang Takjil di Kroya! Miris

Hal ini mungkin disebabkan oleh kurangnya daya beli masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Ditambah jalanan utama Kroya yang biasanya ramai dilalui pemudik kini tampak lengang. Hanya ada beberapa penjual takjil yang masih tetap berjualan, itupun sepi pembeli. Bahkan pasar baru yang merupakan induk pasar di Kroya juga sepi pengunjung, berbeda dengan hari-hari biasanya.

Dampak Virus Corona Bagi Pedagang Takjil di Kroya! Miris

Virus Corona memang benar-benar telah meruntuhkan perekonomian rakyat mulai dari kalangan atas hingga bawah. Namun berbeda dengan masyarakat dari kalangan atas yang tentunya memiliki banyak simpanan untuk segala keperluan selama pandemi berlangsung, masyarakat dari golongan kelas bawah tentunya hanya bisa menjerit di tengah situasi seperti ini.

Dampak Virus Corona Bagi Pedagang Takjil di Kroya! Miris

Mereka yang memiliki penghasilan hanya cukup untuk makan sehari-hari, seperti para pedagang takjil di Kroya tentunya harus memutar otak bagaimana caranya agar tetap bisa memenuhi kebutuhan hidup keluarga.

Dilema, tentu menghantui benak mereka. Berhenti berjualan, tidak dapat penghasilan. Terus berjualan pun pendapatan tak seberapa.


Jika sudah seperti ini, solusi seperti apa yang bisa mereka dapatkan?




Cilacap, 15 Mei 2020










Cilacap, 15 Mei 2020

sumber

sumber gambar 3, 4, dan 5










































zafinsyurga
fatqurr
nona212
nona212 dan 13 lainnya memberi reputasi
14
665
17
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cilacap
CilacapKASKUS Official
468Thread179Anggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.