lapautekchy01Avatar border
TS
lapautekchy01
Berkain Itu Tradisi, Bukan Sirik! Penutupan Berlalu Jelang Ramadhan

Dok Pribadi


Dalam setiap tatanan masyarakat sebuah Nagari, tentunya mempunyai adat dan budaya sendiri. Kumanis salah satu Nagari yang masih mempertahankan tradisi Adat Salingka Nagari tersebut.

Salah satu tradisi yang masih ada dan terua dibudayakan adalah berkaul penutupan menjelang Ramadhan.

Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT, setelah panen, maka segenap masyarakat yang berada di hamparan sawah atau ladang di sekitar tempat berkaul empat sudut. Secara sukarela membawa makanan untuk sedekah, makan bersama sebagai pengikat silaturahmi.

Silaturahmi sendiri sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad Saw, sebagai pembuka pintu rezeki. Oleh karena itu segenap lapisan masyarakat Nagari Kumanis, Niniek Mamak, Bundo Kanduang, Cadiak Pandai, Alim Ulama dan Pemuda, menetapkan kegiatan Berkaul di empat suduik. Di awali di Bateh, di sana ada makam Nenek Moyang Nagari Kumanis yang sangat kuat dan hebat, baik dari segi ilmu maupun agama yang bernama Niek Tiwik. Selanjutnya akan laksanakan di tiga suduik Nagari berikutnya dan ditutup dengan Berkaul Nagari nantinya di kuburan Anak Rajo.




Dalam kegiatan ini, salah seorang pemuka masyarakat juga menyampaikan pesan singkat, bagaimana seorang muslim itu meyakini adanya kematian, karena manusia itu berasal dari tanah dan akan kembali ke tanah, maka marilah kita sama-sama mempersiapkan diri menuju kematian.

Dalam kegiatan ini biasanya ibu-ibu memasak lemang dan membawa makanan di talam untuk dimakan bersama saat acara bakaul dilaksanakan.

Kendatipun dilaksanakan di tempat-tempat yang jauh dari keramaian. Tapi antusiasme masyarakat sebagai makhluk sosial sangat tinggi. Bahkan dalam acara ini masyarakat tidak sungkan menyumbang untuk membeli kambing.

Kambing ini akan digulai di tempat perkaulan. Dan semua yang dapat akan diberi untuk teman makan nasi. Nah agan dan sista, tradisi antik di daerahmu apakah?

Bahkan ibu-ibu juga membawa berbagai masakan lainnya seperti lapek, godok, goreng pisang dan lain-lain. Asalkan makanan itu merupakan makanan khas daerah ini.

Kalau agan pen nyobain sensasi berkaul, jom main ke siniemoticon-Malumalu
Diubah oleh lapautekchy01 15-05-2020 10:45
nohopemiracle
dj
nona212
nona212 dan 28 lainnya memberi reputasi
29
459
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Minangkabau
MinangkabauKASKUS Official
363Thread393Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.