Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Jember
  • Musik Patrol Jember Kebiasaan Yang Hilang Di Ramadhan Karena Virus Covid-19

dewakereAvatar border
TS
dewakere 
Musik Patrol Jember Kebiasaan Yang Hilang Di Ramadhan Karena Virus Covid-19




Mungkin baru-baru ini saja musik patrol namanya terkenal hingga nudantara. Akan tetapi musik patrol telah dikembangkan di Jember sekitar 30 tahun lebih. Musik yang awalnya hanya untuk memanggil burung khususnya merpati agar pulang kesarangnya ketika sore. Menjadi salah satu kesenian khas jember yang mendunia dan dapat dinikmati segala kalangan.



Patrol yang awalnya hanya dipergunakan untuk pemanggil merpati hingga berkembang menjadi alat komunikasi, patrol kemudian dimanfaatkan sebagai musik penanda membangunkan warga saat sahur pada bulan suci Ramadan. Sejak itulah instrumen patrol ditambah lagi. Mulai kenong, remo, ting-tung, bas besar, kleter, selingan, tamborin, dan yang paling penting seruling.



Biasanya karena terinspirasi musik patrol anak-anak pada bulan Ramadhan juga berkeliling membangunkan orang-orang sahur. Walaupun nadanya cenderung tidak pas bahkan berisik. Tetapi musik patrol yang di lalukan oleh anak-anak serta remaja ini sangat membantu orang-orang agar tidak telat bangun sahur.



Tetapi jika agan tinggal di tengah kota Jember biasanya ada patrol keliling ketika Ramadhan. Dengan menggunakan mobil (yang kayaknya pickup) mereka berkeliling dipusat kota Jember membangunkan orang-orang agar bangun sahur. Beda dengan ysng dilakukan oleh anak-anak musik patrol ini sangat enak didengar dan menjadi salah satu musik favorit saya ketika Ramadhan tiba.



Tetapi sekarang Ramdhan ditengah pandemi virus covid-19 ini. Membuat banyak kebiasan kota Jember banyak yang hilang karena covid19. Bahkan musik patrol yang biasanya mengiringi kita ketika sahur pada tahun ini menghilang. Sekarang cenderung sepi bahkan hanya beberapa masjid saja dari jauh yang mengumandangkan agar warga muslim segera sahur.

Walaupun ada yang beda Ramadhan tahun ini tetapi kita harus tetap mematuhi anjuran pemerintah agsr pandemi ini segera berakhir dan tidak semakin meluas. Karena kita tahu diapa yang tertular dan siapa yang carrier oleh karenanya kita harus mencegah daripada diri sendiri dan orang terdekat kita yang terkena virus covid-19 ini. Dan agar kita bisa mendengarkan lagi musik patrol Jember ketika Ramadhan datang lagi.


Quote:
zafinsyurga
onik
nona212
nona212 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
1.4K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Jember
JemberKASKUS Official
796Thread360Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.