News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Mau Saldo GoPay? Yuk ikutan Survei ini GanSis!
302
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ebb6905facb9513d27ffa1f/jokowi-naikkan-iuran-bpjs-kesehatan-lewat-perpres-64-2020-ini-rinciannya
Hal itu tertuang dalam Perpres Nomor 64 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua Atas Perpres Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan. Berikut kenaikan iuran BPJS Kesehatan yang tertuang dalam Pasal 34 sebagaimana dikutip detikcom, Rabu (13/5/2020):
Lapor Hansip
13-05-2020 10:27

Jokowi Naikkan Iuran BPJS Kesehatan Lewat Perpres 64/2020, Ini Rinciannya

Past Hot Thread
Jokowi Naikkan Iuran BPJS Kesehatan Lewat Perpres 64/2020, Ini RinciannyaJakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menaikkan iuran BPJS Kesehatan untuk Kelas I dan II. Adapun untuk kelas III baru akan naik tahun 2021.

Hal itu tertuang dalam Perpres Nomor 64 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua Atas Perpres Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan. Berikut kenaikan iuran BPJS Kesehatan yang tertuang dalam Pasal 34 sebagaimana dikutip detikcom, Rabu (13/5/2020):

Iuran Kelas I yaitu sebesar Rp 150 ribu per orang per bulan dibayar oleh Peserta PBPU dan Peserta BP atau pihak lain atas nama Peserta.

Iuran Kelas II yaitu sebesar Rp 100 ribu per orang per bulan dibayar oleh Peserta PBPU dan Peserta BP atau pihak lain atas nama Peserta.

Iuran Kelas III Tahun 2020 sebesar Rp 25.500, tahun 2021 dan tahun berikutnya menjadi Rp 35 ribu

Perpres menjelaskan, ketentuan besaran iuran di atas mulai berlaku 1 Juli 2020.

Untuk bulan Januari, bulan Februari, dan bulan Maret 2020, iuran bagi Peserta PBPU dan Peserta BP yaitu:

Kelas I sebesar Rp 160 ribu
Kelas II sebesar Rp 110 ribu
kelas III sebesar Rp 42 ribu

Untuk bulan April, Mei dan Juni 2020, sebesar:

Kelas I sebesar Rp 80 ribu
Kelas II sebesar Rp 51 ribu
Kelas III sebesar Rp 25,500

"Dalam hal Iuran yang telah dibayarkan oleh Peserta PBPU dan Peserta BP melebihi ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (7) dan ayat (8), BPJS Kesehatan memperhitungkan kelebihan pembayaran Iuran dengan pembayaran luran bulan berikutnya," demikian bunyi pasal 34 ayat 9.

Sebelumnya, pada tahun 2018 Jokowi menandatangani Perpres Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan. Besaran iuran yaitu:

a. Sebesar Rp 25.500 untuk kelas III
b. Sebesar Rp 51 ribu untuk kelas II
c. Sebesar Rp 80 ribu untuk kelas I

Tahun 2019, Jokowi menandatangani Perpres Nomor 75 Tahun 2019 tentang Jaminan Kesehatan. Besaran iuran berubah menjadi:

1. Rp 42.000 per orang per bulan dengan Manfaat pelayanan di ruang perawatan Kelas III
2. Rp 110.000 per orang per bulan dengan manfaat pelayanan di ruang perawatan Kelas II; atau
3. Rp 160.000 per orang per bulan dengan Manfaat pelayanan di ruang perawatan Kelas I.

Namun, Mahkamah Agung (MA) membatalkan Perpres Nomor 75/2019. MA mengembalikan iuran menjadi:

1. Sebesar Rp 25.500 untuk kelas III
2. Sebesar Rp 51 ribu untuk kelas II
3. Sebesar Rp 80 ribu untuk kelas I

https://m.detik.com/news/berita/d-50...i-rinciannya/3

Di rewind lagi pak...

emoticon-Leh Uga

Ampun ane liat kinerja pakde di jilid ke duanya iniemoticon-Leh Uga
Diubah oleh gabener.edan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kingoftki dan 160 lainnya memberi reputasi
159
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 6 dari 10
Jokowi Naikkan Iuran BPJS Kesehatan Lewat Perpres 64/2020, Ini Rinciannya
14-05-2020 08:30
ini raja prank kaga di ciduk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kumaniaks dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Jokowi Naikkan Iuran BPJS Kesehatan Lewat Perpres 64/2020, Ini Rinciannya
14-05-2020 08:31
turun susah banget dari januari baru efektif mei, giliran naik cepet banget efektifnya. Begini lah klo kardus digembok hasilnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kumaniaks dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Jokowi Naikkan Iuran BPJS Kesehatan Lewat Perpres 64/2020, Ini Rinciannya
14-05-2020 08:34
naikin iuran udah kaya ingus, bentar naik bentar turun, nanti dibatalin lagi kenaikannya sama MA, bikin perpres baru lagi, gt ajh trus sampe haji muhidin alih profesi dari tukang bubur jadi tukang mie ayam wkwkwkwkwk,bikin kartu prakerja g jelas yang pelatihannya bisa liat diyutub g pake bayar,ngabisin dana sampe 5,6 T,selamat menikmati buat para pendukungnya yh,ada lagi yang bilang bli rokok ajh bisa buat bayar BPJS g bisa,gw kasih tau ye,kalo bikin kebijakan diliat dulu kondisi rakyatnya kaya gimana cuy,udah banyak yang diphk gara2 covid-19,masih ajh naekin harganya,kalo kondisi ekonomi rakyatnya udah pulih semua baru deh naekin gpp,begini koq bilang ekonomi meroket,roket keabisan bahan bakar iye,langsung nyungsep jadinya wkwkwkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kumaniaks dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Jokowi Naikkan Iuran BPJS Kesehatan Lewat Perpres 64/2020, Ini Rinciannya
14-05-2020 08:35
Ga setuju naik kalo fasilitas ga ditingkatkan..

Kalo sistem rujukan faskes & pelayanan ga meningkat, rasanya maruk kalo harus naik biayanya. Coba itu pelayanan kesehatan lebih digitalisasi biar lebih singkat waktu service nya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kumaniaks dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Jokowi Naikkan Iuran BPJS Kesehatan Lewat Perpres 64/2020, Ini Rinciannya
14-05-2020 08:38
naik mulu ya. iuran tidak berbanding lurus dengan pelayanan rumah sakit. kemarin bokap gw sakit Kelas 1 malah ditaro di kelas 2, gw sakit kelas 2 ditaro di kelas 3, alasannya klasik selalu penuh. ckckck. emang bener sih skrg semua rumah sakit itu bisnis, jadi prioritas utamanya udah bukan menolong orang tapi DUIT. emoticon-Marah
Diubah oleh kogure100
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kumaniaks dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 3 balasan
Memuat data ..
Jokowi Naikkan Iuran BPJS Kesehatan Lewat Perpres 64/2020, Ini Rinciannya
14-05-2020 08:40
serasa soeharto reborn emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kumaniaks dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Jokowi Naikkan Iuran BPJS Kesehatan Lewat Perpres 64/2020, Ini Rinciannya
14-05-2020 08:42
emmmhhh masa?
emang seperti itu?
ga kaya gitu deh?
I dont care 😁
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kumaniaks dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Jokowi Naikkan Iuran BPJS Kesehatan Lewat Perpres 64/2020, Ini Rinciannya
14-05-2020 08:42
tes gelombang ye..

#naekin dikit liat reaksi masyarakat.
#batal
#naekin 2kali lipat.
#mau apalu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kumaniaks dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Jokowi Naikkan Iuran BPJS Kesehatan Lewat Perpres 64/2020, Ini Rinciannya
14-05-2020 08:47
udah periode terakhir yg gini dah, abis mw gimana lg banyak rugi ny jg ni BPJS
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kumaniaks dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Jokowi Naikkan Iuran BPJS Kesehatan Lewat Perpres 64/2020, Ini Rinciannya
14-05-2020 08:47
hadeh bapak hoax nasional
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kumaniaks dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Jokowi Naikkan Iuran BPJS Kesehatan Lewat Perpres 64/2020, Ini Rinciannya
14-05-2020 08:49
...dah biasa naik...nggak kaget...hidup jokowo...naikkan terus...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kumaniaks dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Jokowi Naikkan Iuran BPJS Kesehatan Lewat Perpres 64/2020, Ini Rinciannya
14-05-2020 08:50
terima kasih udah d naekin iuran BPJS kesehatan,,,
emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kumaniaks dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Jokowi Naikkan Iuran BPJS Kesehatan Lewat Perpres 64/2020, Ini Rinciannya
14-05-2020 08:54
yang penting kartu prank kerja nya tetep lajut. bodo amat nasib rakyat. makan nyari sendiri2 juga.
:tepuktangan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kumaniaks dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Jokowi Naikkan Iuran BPJS Kesehatan Lewat Perpres 64/2020, Ini Rinciannya
14-05-2020 08:56
Somplak masih pandemik pendapat lagi zonk malah di naikin lagi laknat bukan tolongin rakyat kecil hobahhh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kumaniaks dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Jokowi Naikkan Iuran BPJS Kesehatan Lewat Perpres 64/2020, Ini Rinciannya
14-05-2020 08:57
anda kurang beruntung, coba lagi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kumaniaks dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Jokowi Naikkan Iuran BPJS Kesehatan Lewat Perpres 64/2020, Ini Rinciannya
14-05-2020 09:00
Cuma komen dengan satu kata: "KECING"
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kumaniaks dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Jokowi Naikkan Iuran BPJS Kesehatan Lewat Perpres 64/2020, Ini Rinciannya
14-05-2020 09:03
kalo menurut ane sie "baik baik" saja, pak de ngajak kita bolak balik mainan ama iuran, biar seleksi alam, secara beliau mo bantu thanos buat bikin keseimbangan di Universe ini, berdo'a saja tidak terjadi di Multiverse yaa gan, biar saja di Universe Jakarta aja wkwkwkwkwk😂😂
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kumaniaks dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Jokowi Naikkan Iuran BPJS Kesehatan Lewat Perpres 64/2020, Ini Rinciannya
14-05-2020 09:04
https://www.kaskus.co.id/show_post/5...42bb390e2b770f

Emang sistem pelayanan kesehatan single payer itu berat. Iuran BPJS Kesehatan itu masih di bawah harga aktuaria loh. Jadi, please stop salahkan pemerintah karena pemerintah pun terpaksa karena amanat UU SJSN dan BPJS Kesehatan.

Jadi, aku lebih setuju kalau BPJS Kes dan Naker mending dibubarin aja. Banyak bobroknya daripada manfaatnya.


PS
Yang setuju sama BPJS tapi ngga mau biaya tinggi emang mau hidup serasa di surga dunia. Realismenya kurang dan cuma kepengen enaknya doang.

Yah semoga Presiden Trump bisa biayain kebutuhan kita.
Diubah oleh riansantoso4776
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kumaniaks dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Jokowi Naikkan Iuran BPJS Kesehatan Lewat Perpres 64/2020, Ini Rinciannya
14-05-2020 09:04
Tarif naik lagi tapi pelayanannya gimana nih?
Tetap?
Makin buruk?
Atau ga bertambah baik?
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kumaniaks dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Jokowi Naikkan Iuran BPJS Kesehatan Lewat Perpres 64/2020, Ini Rinciannya
14-05-2020 09:07
kali saya ga mudeng sama pola pikir ojo kui, sudah dibatalkan MA masih cari celah. berharap anggota hewan impeach juga impossible karena emak banteng pasti bela petugas par emoticon-Tai nya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kumaniaks dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Halaman 6 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia