Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Sleipnir9Avatar border
TS
Sleipnir9
Di DPRD, Anies Klaim DKI Capai Indeks Pembangunan Manusia Tertinggi di RI
Di DPRD, Anies Klaim DKI Capai Indeks Pembangunan Manusia Tertinggi di RI
Gubernur Jakarta Anies Baswedan sebelum PSBB masa Corona. (Lukman Arunanta/detikcom)

Jakarta - Gubernur Jakarta Anies Baswedan menyatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI berhasil mewujudkan indeks pembangunan manusia (IPM) tertinggi di Indonesia. Artinya, pelayanan Pemprov DKI untuk warga Jakarta semakin baik.

"Kinerja pembangunan manusia di Provinsi DKI Jakarta pada tahun 2019 tercatat sebesar 80,76 meningkat dari tahun sebelumnya sebesar 80,47 dan merupakan IPM tertinggi di Indonesia," kata Anies Baswedan dalam pidatonya, Selasa (12/5/2020).

Pidato ini disampaikan Anies dalam rapat paripurna DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, dalam rangka Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) DKI Tahun Anggaran 2019. Anies mengatakan kenaikan IPM Jakarta sebagai tanda kemajuan.

"Hal ini mengindikasikan adanya kesempatan masyarakat di DKI Jakarta untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, pendidikan, dan peningkatan pendapatan yang semakin membaik," kata Anies.

IPM menjelaskan bagaimana penduduk dapat mengakses hasil pembangunan dalam memperoleh pendapatan, kesehatan, pendidikan, dan sebagainya. IPM diperkenalkan oleh United Nations Development Programme (UNDP) pada 1990 dan dipublikasikan secara berkala dalam laporan tahunan Human Development Report (HDR). Ukuran IPM adalah Angka Harapan Lama Sekolah dan Produk Nasional Bruto (PNB) per kapita.

Dilansir Badan Pusat Statistik (BPS), IPM DKI pada 2019 memang mencapai 80,76 atau tertinggi se-Indonesia. IPM Indonesia mencapai 71,92.

sumber
onik
saeful07
sarkaje
sarkaje dan 16 lainnya memberi reputasi
17
1.2K
18
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.3KThread41.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.