Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

partaioliangAvatar border
TS
partaioliang
Emang Iya Pake Avtur Bikin Motor jadi Lebih Ngebut?

Untuk ngedapetin desain atau peforma motor sesuai keinginan, banyak pemilik motor yang melakukan eksperimen. Entah itu dengan cara memodifikasi desainnya atau merombak mesin untuk bisa bikin motor jadi ngebut. Biasanya eksperimen ini dari dari berbagai macam referensi, entah dari internet atau omongan teman sejawat. Salah satu eksperimen yang mungkin Agan dan Sista pernah dengar adalah penggunaan bahan bakar avtur untuk sepeda motor. Tujuannya adalah supaya motor bisa dipacu dengan kecepatan tinggi.


Ada yang pernah nyoba eksperimen ini dengan tujuan yang sama?

Emang banyak yang bilang sih kalau menggunakan avtur bisa bikin tarikan mesin menjadi lebih enteng dan motor bisa dipacu dengan kenceng. Tapi itu gak bisa diterapin ke semua jenis motor atau mesin GanSis. Biasanya motor – motor yang pake avtur untuk bahan bakar, mesinnya udah dimodifikasi terlebih dahulu.

Pada kenyataannya, bahan bakar itu harus sesuai dengan kompresi mesin. Kalau dulu, para mekanik balapan dragrace suka papas blok mesin supaya kompresi mesinnya menjadi lebih tinggi. Ketika kompresinya udah tinggi, maka udah pas untuk menggunakan avtur sebagai bahan bakar. Jadi buat motor – motor yang kompresi mesinnya rendah, seperti motor yang biasa kita gunain (tanpa modifikasi mesin), avtur gak bisa digunakan.

Avtur merupakan bahan bakar yang memiliki kadar oktan yang tinggi, yakni sekitar 100 ke atas. Karena oktannya tinggi, maka butuh karakter mesin yang bisa menahan panas lebih tinggi supaya pembakarannya menjadi sempurna. Nah, motor yang biasa kita gunain, kompresi mesinnya dibikin rendah supaya bisa menggunakan bahan bakar seperti premium dan pertalite.

Jika tetap dipaksakan menggunakan avtur dengan tujuan yang Ane sebutin diatas tadi, maka akan merusak komponen mesin GanSis, bahkan bisa bikin everheat.



didityulianto13
nona212
tien212700
tien212700 dan 24 lainnya memberi reputasi
25
11.6K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread15.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.