Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gabener.edanAvatar border
TS
gabener.edan
Dubes Tantowi Bicara 5 Kunci Sukses Selandia Baru Atasi Corona
Dubes Tantowi Bicara 5 Kunci Sukses Selandia Baru Atasi Corona

Jakarta - Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk Selandia Baru, Samoa dan Kerajaan Tonga, Tantowi Yahya, berbicara mengenai kesuksesan Selandia Baru dalam menangani virus Corona (COVID-19). Tantowi mengatakan ada 5 faktor yang melatarbelakangi keberhasilan Selandia Baru.

Pertama, Selandia Baru merupakan negara yang paling terakhir terdampak virus Corona. Karena itu, kata Tantowi, mereka memiliki banyak waktu untuk mempelajari penanganan wabah COVID-19 dari negara lain.

"Tidak ada pemimpin dunia yang siap, tapi untuk kasus Selandia Baru saya bisa katakan dia siap, karena dia pelajari dari Singapura, belajar dari Wuhan, mereka pelajari betul karena sooner or later virus ini (pasti) akan masuk. Dan benar, 28 Februari case pertama. Dan mereka sigap," kata Tantowi Yahya dalam siaran langsung di Youtube BNPB, Senin (11/5/2020.


Kedua, Tantowi mengatakan, negara yang berada dalam ring of fire ini memiliki kebijakan yang sifatnya jelas dan konsisten. Kebijakan dan peraturan yang dikeluarkan selalu berdasarkan ilmiah, pendapat ahli, dan akademisi.

"Dengan pola seperti ini, sulit kita bayangkan ada policy yang meleset atau tidak tepat dengan apa yang harus diatur dengan peraturan tersebut. Kemudian peraturan tersebut dilaksanakan konsisten, bahkan firm," ujarnya.

"Kebenaran, di sini untuk membuat UU tidak seruwet negara lain, katakanlah Indonesia. Mereka cuma butuh waktu beberapa hari, bahkan minggu," imbuh Tantowi.

Ketiga, Selandia Baru merupakan negara dengan sistem pemerintahan parlementer. Namun, kata Tantowi, parlemen di Selandia Baru selalu mendukung kinerja pemerintah setempat.

"Bisa dibayangkan jika parlemen itu tidak mendukung upaya yang dilakukan pemerintah, tentu upaya pemerintah tidak akan seperti ini. Jadi dukungan di parlemen jadi faktor yang menentukan," kata Tantowi.

Keempat, Tantowi mengungkapkan 70% masyarakat Selandia Baru membaca berita melalui sumber terverifikasi. Hal itulah yang memudahkan pemerintah dalam menyebarkan informasi terkait COVID-19.

"Orang-orang di sini main socmed (social media), tapi socmed di sini tidak menjadi rujukan informasi sebagaimana di banyak negara. Distorsi informasi saya bisa katakan sangat rendah," katanya.

Terakhir, Tantowi berbicara mengenai kontribusi masyarakat terhadap percepatan penanganan COVID-19. Menurut dia, keberhasilan pemerintah Selandia Baru juga berkat dukungan masyarakat.

"Masyarakat yang sudah terbiasa dengan hal-hal krisis menjadi mudah untuk dinavigasi oleh pemerintah. Sehingga, keberhasilan pemerintah tergantung kontribusi masyarakat dalam bentuk disiplin sangat kuat," jelasnya.

Tantowi berharap Indonesia bisa belajar dari negara Selandia Baru. Meskipun, ia sadar bahwa penanganan COVID-19 di suatu negara tak bisa dibandingkan dengan negara lain.

"Berbicara mengenai Selandia Baru, kita bicara banyak faktor yang jika dibandingkan dengan Indonesia tidak apple to apple. Tapi mungkin, kita berbicara bagaimana Indonesia bisa belajar dari negara kecil seperti Selandia Baru," pungkas Tantowi.


https://m.detik.com/news/berita/d-50...atasi-corona/2

Di Indonesia mah sebagian masyarakatnya ada yang bodohnya kebangetan dan merasa benar pula setiap tindakannya.
bodoh,ngotot dan nyolot...emoticon-Ngakak

Pemerintahannya.....

Pusat mencla mencle....

Daerah ada yang bagus,ada yang jadi pahlawan kesiangan,ada yang bebal dan ada juga yg merasa pahlawan kesiangan,merasa paling terdepan,pintar dan suka menyalahkan kanan kiri.

Politikusnya.....

Ada yang beneran baik dan ikhlas.....tapi minoritas.
Mayoritasnya......memikirkan kepentingan golongan sendiri.

Korbannya.....

Masyarakat....Tim medis.....Aparat keamanan


Indahnya perbedaan yang ada di negerikuemoticon-Matabelo
Diubah oleh gabener.edan 11-05-2020 07:57
antonishop
jojodogluncat
saeful07
saeful07 dan 29 lainnya memberi reputasi
30
1.7K
28
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.