Sleipnir9Avatar border
TS
Sleipnir9
Corona Menular Lewat Mata, Ilmuwan Ragu Masker Saja Efektif Melindungi

Virus Corona bisa menular lewat mata. (Ilustrasi: thinkstock)

Jakarta - Virus Corona COVID-19 banyak diketahui bisa menular atau masuk ke tubuh melalui saluran pernapasan. Tetapi, para ilmuwan banyak menemukan bahwa virus ini juga bisa masuk melewati mata. Hal ini membuat mereka mengklaim dan ragu dengan standar keamanan yang hanya menggunakan masker sebagai alat perlindungan diri.

Virus ini telah ditemukan menempel pada reseptor ACE-2 sebagai gerbang masuk ke dalam sel-sel, yang biasanya ditemukan pada saluran pernapasan dan paru-paru. Tapi, tim peneliti yang dipimpin oleh Fakultas Kedokteran Universitas Johns Hopkins, menemukan mata juga memproduksi ACE-2 dan jadi sasaran virus mematikan.

Sebuah penelitian menunjukkan 30 persen pasien COVID-19 yang mengalami gangguan konjungtivitis atau peradangan mata. Ini bisa berarti bahwa air mata juga bisa menyebarkan infeksi, selain dari tetesan saat bersin dan batuk.

Pemimpin penelitian, Lingli Zhou dari Departemen Oftalmologi di Johns Hopkins, telah menganalisis mata 10 pasien yang meninggal karena COVID-19. Hasilnya, semua spesimen mata mengekspresikan ACE-2 yang melapisi bagian kelopak, kornea, limbus mata (perbatasan antara kornea dan putih mata).

"Hasil ini menunjukkan bahwa sel permukaan mata termasuk yang rentan terhadap infeksi SARS-CoV-2 dan bisa jadi pintu masuk virus," jelasnya.

Dikutip dari Daily Star, temuan ini menyoroti pentingnya praktik keselamatan, tidak hanya menggunakan masker untuk menutup hidung dan mulut saja. Namun, juga harus menggunakan pelindung untuk menghindari infeksi dari mata.

sumber
anasabila
onik
zafinsyurga
zafinsyurga dan 5 lainnya memberi reputasi
6
553
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79KThread10.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.