Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

limbago.idAvatar border
TS
limbago.id
Waspada! 80 Persen Penderita Covid-19 Orang Tanpa Gejala (OTG)


Limbago.id – Pakar kesehatan ahli Paru dr. Andika Chandra Putra Ph.D mengatakan 80 persen penderita Covid 19 adalah orang tanpa gejala (OTG) dan mereka hampir tidak ada keluhan.

Hal tersebut disampaikan dr. Andika dalam webinar Ikatan Alumni Universitas Andalas chapter JABODETABEK ( Jabodetabek Sharing Club) yang di gelar sabtu sore ( 9/5/2020). Diskusi tersebut dimoderatori  dr. Mulyadi Muchtiar, MARS yang merupakan Direktur RS Yarsi Jakarta.

“Dibandingkan SARS, MERS virus ini masih dianggap level rendah dengan masa inkubasi yang sama selama 14 hari. Gejalanya hampir sama dengan flu dan sesak nafas,” ujar dokter khusus Covid 19 wisma atlet tersebut.

Andika menyampaikan kekhawatirannya terhadap rendahnya kesadaran dan pengetahuan masyarakat terhadap gejala Covid 19. Menurutnya kedisiplinan adalah kunci dari pemutusan mata rantai penyebaran covid 19 termasuk taat dalam menjalankan protokol kesehatan yang sudah di susun.

“Semua orang tidak cukup dengan kesadaran saja tetapi harus disiplin dan konsisten menjalankan aturan seperti dirumah saja, cuci tangan selalu, pakai masker, physical distancing dan tidak mudik untuk mengurangi resiko penularan kepada kelompok rentan” jelas ketua IKA Fakultas Kedokteran Unand tersebut.

Coronavirus merupakan salah satu penyebab kerusakan paru yg disebut pneumonia yang pada orang dengan daya tahan rendah bisa berakibat menjadi kondisi kritis.
“Untuk menghindari transmisi/penularan diperlukan karatina wilayah yang efektif sehingga mencegah penyebaran di wilayah tertentu. Tetap lakukan pola hidup sehat dan isolasi mandiri untuk yang terkonfirmasi positif dengan gejala ringan/tanpa gejala” ujar dokter RS Persahabatan Ini.

Dalam webinar antar alumni Unand tersebut tidak saja membahas tentang kesehetan, tapi juga persoalan ekonomi dan hukum. Karena akibat pandemi ini menghantam seluruh lini kehidupan masyarakat, terutama ekonomi menengah kebawah paling merasakan dampaknya


Sumber : https://www.limbago.id/80-persen-pen...-covid-19-otg/



emoticon-Toast

Selalu waspada & jaga kebersihan gan, Jangan lupa cuci tangan sebelum ngupil.. jangan lupa cendol nya gan biar seger..


anasabila
onik
zafinsyurga
zafinsyurga dan 19 lainnya memberi reputasi
20
1.1K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.5KThread41.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.