cliquerzzzAvatar border
TS
cliquerzzz
Corona di Indonesia Beda dari 3 Tipe Utama Dunia, Ini Penjelasan Eijkman
Jakarta - Virus Corona COVID-19 di Indonesia disebut berbeda dari tiga tipe utama yang diketahui beredar di dunia. Hal ini diketahui setelah peneliti dari Lembaga Biologi Molekuler Eijkman melakukan whole genome sequencing (WGS) alias analisa genetik pada tiga sampel virus dari pasien positif.
Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro mengatakan perbedaan tipe ini terjadi karena virus Corona bermutasi.

"Sejauh ini, dari informasi GISAID, ada 3 tipe COVID-19 yang ada di dunia. Ada tipe S, tipe G, dan tipe V. Di luar 3 tipe itu ada yang disebut sebagai tipe lain, jadi yang belum teridentifikasi. Dan ternyata whole genome sequences yang dikirim Indonesia termasuk kategori yang lainnya," kata Bambang beberapa waktu lalu.

Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Profesor Amin Soebandrio, mengaku masih belum bisa memastikan dampak dari mutasi virus corona ini. Perlu analisa data rangkaian genetik yang lebih banyak untuk bisa mengetahui apakah mutasi membawa perubahan fungsi pada virus.

"Kita belum mempelajari sampai sana, mutasi-mutasinya itu bagian mana saja. Apakah mempengaruhi struktur, fungsi, perjalanan penyakit, dan sebagainya. Itu kita belum punya data ke arah sana," kata Prof Amin pada detikcom, Rabu (6/5/2020).

Informasi mengenai perbedaan genetik ini dijelaskan juga akan berpengaruh terhadap pengembangan vaksin virus Corona COVID-19 di Indonesia. Vaksin akan dibuat menyesuaikan dengan tipe yang ada.

"Ini akan berpengaruh. Kita akan melihat virus-virusnya itu sebagian besar sequencenya kaya apa, jadi kita menyesuaikan strategi pembuatan vaksin. Disesuaikan dengan virus yang bersirkulasi di Indonesia," lanjut Prof Amin.

https://m.detik.com/health/berita-de...edium=referral
crazzyid
prada567
smoothx
smoothx dan 8 lainnya memberi reputasi
9
887
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.