Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 4 'Jangan' yang Harus Dihindari Saat Bermain Sosmed, Khususnya Saat Berpuasa. Apa Ya?

fitrijunitaAvatar border
TS
fitrijunita
4 'Jangan' yang Harus Dihindari Saat Bermain Sosmed, Khususnya Saat Berpuasa. Apa Ya?


Tak terasa sudah setengah bulan kita melakukan ibadah puasa (bagi yang menjalankannya) artinya, setengah jalan lagi kita akan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1441H

Assalamu’alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh
Hallo sahabat kaskus, apa kabar?
Lama banget nih TS nggak nulis
Btw, gimana puasanya di tengah pandemi?
Masih bertahan untuk nggak mudik kan?
Sabar dulu ya, nggak papa nahan rindu, untuk kebaikan bersama.

Menjalankan ibadah puasa yang diwarnai oleh COVID-19 sedikit banyaknya, kadang membuat kita lebih mati gaya ya.

Kalau di bulan puasa tahun sebelumnya, kita masih bisa hangout ama teman dan keluarga untuk ngabuburit atau bukber. Sekarang, jangankan untuk yang bersifat santai, yang bersifat profesional atau pendidikan pun tetap dilakukan di dalam rumah demi cepat berakhirnya pandemi.



Sebenarnya banyak hal yang bisa kita lakukan di bulan puasa meski hanya di dalam rumah aja, apalagi dengan bantuan teknologi yang makin canggih, yaitu berupa aplikasi komunikasi yang bisa menghubungkan kita dengan banyak orang dalam satu waktu dan aplikasi sosial media.

Untuk membunuh waktu dan supaya tidak mati gaya, dua aplikasi tersebut sangat membantu, apalagi mengingat udah banget aplikasi sosial media di zaman ini, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan yang lainnya.



Namun, meski sosial media bersifat dunia maya, terkadang ada juga beberapa dari kita yang kehidupan sehari-harinya bisa dipengaruhi oleh kehidupan di sosial media. Yang tadinya kita bangun dalam keadaan happy, pas main sosmed, baca komentar, status atau postingan yang bikin kesel, eh hilang deh tuh rasa happynya dan uniknya malah berganti jadi bad mood yang berakibat nggak bagus buat diri sendiri dan orang terdekat kita.

Ada yang bilang, untuk menghindari hal yang nggak enak tadi, apalagi di bulan puasa kayak sekarang. Sebaiknya off dulu main sosmednya, tapi karena pandemi, sosmed malah jadi salah satu solusi untuk kita menghilangkan rasa boring karena nggak bisa ke mana-mana.

Walaupun dunia maya, tapi kehidupannya nggak berbeda jauh dengan dunia nyata. Hanya cara komunikasinya aja yang berbeda. kalau di dunia maya lebih banyak memakai bahasa tulisan, di dunia nyata lebih banyak memakai bahasa lisan. Nah, TS pribadi ada sedikit tips sehat bermain sosmed, khususnya di bulan ramadhan saat pandemi agar kestabilan emosi kita tetap terjaga. Yaitu,

1. Jangan Baper



Karena menggunakan bahasa tulisan, terkadang maksud yang ingin disampaikan nggak bisa tersampaikan dengan baik dan benar. Baca tulisan ada tanda seru berderet rapi kayak antrian sembako tidak pada tempatnya, bikin emosi, padahal yang nulis nggak ada maksud untuk mancing emosi, cuma kebetulan aja penulis demen ama pentungan hansip makanya selalu ada di setiap tulisannya. Sayang juga kan puasa kita.

2. Jangan Ge-eR



Akhir-akhir ini, ada juga istilah kaum buciners. Konon ada yang bilang bucin adalah budak cinta. klikbudak cinta di sini bukan seperti orang yang bisa disuruh dalam arti negatif ya, tapi budak di sini adalah orang yang lebih mudah atau sering mengungkapkan rasa cinta dan sayangnya secara terang-terangan. Nah, kalau kalian ketemu orang yang kayak gini, apalagi baru kenal, jangan langsung berpikir “Duh, kayaknya doi suka nih ama gue,” karena bisa jadi, orang yang baru kamu kenal, memang tipikal seperti itu tanpa punya maksud buruk apa-apa.

3. Jangan Latah



Latah adalah meniru atau ikut-ikutan, baik perbuatan atau perkataan. Sebenarnya wajar ya, kalau kita atau ada orang yang mengikuti gaya atau cara kita. Tapi, lagi-lagi kudu pinter-pinter melihat, nggak semua perbuatan atau ucapan orang lain harus kita tiru apalagi sampai kita lestarikan. Kalau yang mau kita tiru ada perbuatan baik, fine-fine aja, tapi kalau perbuatan jelek, please, jangan ya. Cukuplah kita menjadi wasilah rantai kebaikan, apalagi di bulan ramadhan ini.

4. Jangan kepo



Sepertinya banyak yang belum tau ya, kalau kepo adalah kepanjangan dari kalimat Knowing Every Particular Object. klikAda yang bilang kalau kepo dan perhatian itu beda tipis, dan TS setuju dengan pernyataan itu. Tapi bukan untuk sesuatu yang berlebihan dan bersifat negatif ya, kalau hanya sekadar menanyakan kabar atau status udah nikah atau belum atau tinggal di kota apa, kayaknya masih taraf wajar kan ya? Yang nggak wajar adalah sampe detail menanyakan masalah pribadi tanpa ada permulaan dari yang bersangkutan.

Bersosialisasilah dengan cara yang baik dan bijak, termasuk dalam dunia maya. Tetap santuy, yes? 😘

Tetap semangat dan jaga kesehatan meski ramadhan tahun ini pandemi ikut mewarnai. Tingkat daya imun diri sendiri dan keluarga, selalu berpikir positif dan terus berkarya ya!

Quote:


Minangkabau, 10Mei2020
Sumber : OpPri
Diubah oleh fitrijunita 10-05-2020 09:09
fatqurr
tuliptulipje
nona212
nona212 dan 43 lainnya memberi reputasi
44
2.1K
66
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.