localnewsAvatar border
TS
localnews
Wapres Ma’ruf: Fiqih Islam Dapat Jadi Solusi dalam Penanganan Covid-19


Wakil Presiden Maruf Amin menyatakan, penerapan Fiqih Islam dapat turut membantu dalam penanganan pandemi Virus Corona atau Covid-19. Bahkan, menurutnya, Fiqih Islam juga bisa menjadi solusi permasalahan yang timbul akibat adanya virus tersebut di kehidupan masyarakat.


Maruf mengungkapkan, pandemi Covid-19 yang mewabah, membuat banyak dampak di berbagai negara termasuk di Indonesia. Kondisi tersebut kerap membuat pemerintah disebut gamang dalam mengambil keputusan untuk menanggulanginya.

Karena itu, menurut Maruf, peran Islam sangat penting untuk hadir memberikan pencerahan dan petunjuk agar pemangku kekuasaan dapat mengambil kebijakan yang terbaik bagi keberlangsungan negaranya.

“Saya yakin dapat memberikan solusi dan sumbangan, pemikiran untuk mengatasi pandemi Covid-19 beserta seluruh dampaknya,” kata Maruf saat berpidato dalam Sidang Tahunan ke-40 Simposium Ekonomi yang diselenggarakan secara virtual oleh Forum Ekonomi Islam Al Baraka dari Arab Saudi, Sabtu (9/52020).

Maruf meyakini, keberadaan Fiqih Islam itu dimaksudkan untuk memberikan kemaslahatan bagi seluruh umat di dunia. Bukan untuk menyulitkan, namun justru menjadikan solusi bagi kehidupan manusia, termasuk solusi untuk menangani pandemi Covid-19.

Pendekatan berbasis Fiqih Islam dikatakan Maruf sangat membantu mengurangi dampak ekonomi akibat adanya pandemi Covid-19. Hal itu disampaikannya lantaran menurutnya fiqih Islam bisa menjadikan solusi untuk mengambil kebijakan yang terbaik.


“Karena Fiqih memiliki solutif terhadap masalah yang muncul dan meringankan dalam penetapan kebijakan aplikatifnya,” ungkapnya.



sumber: http://www.wartaregional.com/2020/05/09/wapres-maruf-fiqih-islam-dapat-jadi-solusi-dalam-penanganan-covid-19/
devilkillms
decodeca
fatqurr
fatqurr dan 17 lainnya memberi reputasi
18
1.5K
36
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.